Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Sebelum Usia 30

Usia 30 adalah momen bersejarah bagi banyak orang. Jika di usia 20-an banyak yang masih berjuang untuk menata hidup, mendapatkan pekerjaan yang layak, dan mengelola keuangan dengan baik, maka di usia 30 seseorang seharusnya sudah lebih stabil dan mapan.

Sayangnya, ketika memasuki usia 30 banyak juga yang menyesali hal-hal yang terjadi ketika mereka ada di usia 20-an. Buat Anda yang belum menginjak usia 30 tahun, berikut beberapa kesalahan umum yang harus Anda hindari agar Anda bisa memasuki usia kepala 3 dengan rasa puas dan tanpa penyesalan.

1. Bertahan dalam Hubungan yang Salah dengan Orang Lain

Dalam hal ini, hubungan tidak sebatas percintaan saja tetapi hubungan secara umum dengan semua orang. Misalnya, Anda bertahan dengan pertemanan yang tidak satu visi dengan Anda. Di masa muda, apalagi ketika Anda masih kuliah dan baru memasuki dunia kerja, Anda ingin punya teman sebanyak mungkin.

Begitu Anda memasuki usia 30, Anda akan tersadar bahwa kualitas pertemanan jauh lebih penting daripada kuantitas. Jangan buang waktu, bertemanlah dengan orang-orang yang menghargai Anda, mau menerima diri Anda apa adanya, dan bersama mereka Anda tidak takut untuk dihakimi.

2. Mendengarkan Saran dari Orang yang Salah

Jika Anda ingin melakukan sesuatu dengan baik, maka Anda harus mencari saran dari orang yang tepat. Misalnya saat Anda ingin menikah dan berkeluarga, sedangkan Anda sendiri adalah korban perceraian orang tua, apakah Anda akan meminta saran dari mereka? Terlepas dari bagaimana Anda mencintai orang tua Anda, mereka bukan orang yang patut dijadikan contoh.

Inilah pentingnya mendengarkan orang yang tepat. Cari orang yang benar-benar mengerti keinginan dan jalan pikiran Anda, bisa mengarahkan Anda pada keputusan yang benar, dan tidak mematahkan semua impian Anda.

3. Tidak Mempedulikan Kesehatan

Saat pikiran Anda terfokus pada bisnis dan pekerjaan, satu hal yang paling Anda abaikan adalah kesehatan. Padahal menjaga kesehatan sangat penting, karena tubuh yang sehat membuat Anda lebih fokus dan bersemangat melakukan hal lainnya.

Cobalah meluangkan waktu untuk jogging, bersepeda, pergi ke gym, atau model olahraga apa saja yang Anda miliki. Perlahan tapi pasti, Anda akan merasakan dampak positif dalam tubuh Anda. Setidaknya luangkan waktu 30 menit selama 3 kali seminggu untuk olahraga.

4. Berhenti Mengejar Impian

Tidak bisa dipungkiri, ada bagian diri Anda yang enggan untuk maju, mempertahankan pendirian, dan mengejar mimpi Anda hanya karena takut dengan opini orang lain. Semua orang akan menganggap apa yang mereka pikirkan benar dan Anda tidak bisa mengendalikan pikiran mereka.

Ada orang yang tidak menghargai nilai-nilai Anda, tetapi akan ada pula orang yang mengerti jalan pikiran, impian, dan nilai yang Anda anut. Orang-orang inilah yang nanti akan membantu Anda untuk mewujudkan impian.

5. Tidak Mengelola Keuangan dengan Baik

Jika Anda tidak bisa mengendalikan uang Anda, maka merekalah yang akan mengendalikan Anda. Anda yang ingin memasuki usia 30 dengan kondisi finansial yang stabil dan nyaman, maka Anda harus bisa mengelola keuangan dengan baik.

Lakukan budgeting yang tepat, ikuti aturan yang Anda buat dengan teratur, dan mulailah berinvestasi. Atur pengeluaran dengan kartu kredit dan bila perlu, tanyakan pada financial advisor bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dengan uang yang Anda miliki.

6. Membiarkan Diri Terjebak dalam Pekerjaan yang Buruk

Menemukan pekerjaan yang menyenangkan sama sulitnya dengan mencari jarum di antara tumpukan jerami. Jika Anda saat ini masih terjebak dalam pekerjaan yang Anda benci, mulailah menyusun rencana untuk berhenti. Mengejar sesuatu yang sesuai dengan passion mungkin terasa berat awalnya. Namun setelah beberapa saat, Anda akan merasakan kebahagiaan yang tidak ditemukan sebelumnya.

  1. Tidak Menjalin Pertemanan yang Sesungguhnya

Berbeda dengan poin pertama, menjalin pertemanan sesungguhnya adalah berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata. Carilah koneksi sebanyak-banyaknya yang akan menguntungkan bagi kehidupan Anda di masa depan. Kalahkan rasa malas dan ingin tidur-tiduran saja di rumah. Keluar dan jalin relasi dengan orang lain.

8. Mencari Persetujuan dari Orang Lain

Salah satu alasan Anda takut melangkah adalah karena Anda takut tindakan Anda tidak akan “disetujui” orang lain. Padahal yang terpenting dalam setiap tindakan adalah persetujuan dari diri Anda sendiri, bukan orang lain.

Anda tidak punya kewajiban untuk menyenangkan orang lain. Melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan bagi mereka boleh-boleh saja lho, asalkan hal itu baik untuk kemajuan Anda dan Anda tidak merugikan siapapun.

9. Menjadi Seorang Perfeksionis

Seorang yang perfeksionis cenderung menunda hal-hal yang sebenarnya bisa mereka lakukan lebih awal. Menanti saat yang tepat, menanti Anda siap, dan menanti hal-hal lain yang sebenarnya hanyalah alasan bagi otak Anda untuk tidak melakukan sesuatu.

Berhentilah untuk menunggu saat yang tepat, dan mulailah melakukan apapun yang Anda inginkan. Tindakan yang tidak sempurna jauh lebih baik daripada tidak melakukan tindakan apapun.

10. Tidak Memandang Segi Positif dari Semua Hal

Setiap orang memiliki linimasa yang berbeda dengan orang lain. Hal ini juga berlaku untuk Anda. Adalah hal yang sangat wajar jika Anda memiliki jalan hidup yang berbeda dengan teman-teman Anda. Misalnya, ketika Anda belum menikah sementara teman-teman seusia Anda sudah memiliki anak.

Bukan berarti ada yang salah dengan Anda. Hanya saja linimasa kehidupan Anda belum sampai di sana. Carilah hal-hal positif dari setiap hal yang terjadi dalam hidup Anda, apapun itu. Jika Anda memaknai segala hal dengan baik, maka Anda akan lebih bersyukur dalam menjalani hidup di masa muda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kesalahan umum yang harus dihindari sebelum usia 30, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Hal yang Harus Dilakukan Saat Umur 20-an Agar Umur 30-an Lebih Baik
11 Kesalahan yang Dilakukan oleh Orang Kaya Baru (OKB)
7 Kesalahan Entrepreneur Generasi Milineal
Ini Kesalahan Perusahaan Besar yang Bisa Membuat Bangkrut!
Kesalahan-kesalahan dalam Kredit Mobil
Kesalahan Umum Startup dan Cara Menghindarinya
Kesalahan Mengatur Keuangan yang Umum Terjadi
Nasihat Positif untuk Orang Muda Berumur di Bawah 30 Tahun
Kesalahan Umum Pembeli Rumah Pertama
6 Kesalahan Umum yang Umumnya Dilakukan Investor Pasar Saham


Bagikan Ke Teman Anda