Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ketika Kartu Kredit Ditolak Merchant, Harus Bagaimana?

#ditolak mercant #tip kartu kredit

Ketika kartu kredit anda ditolak untuk melakukan pembayaran di sebuah merchant, anda pasti kaget dan malu. Sembari anda bertanya-tanya dalam hati hal apa kiranya yang menyebabkan kartu anda bisa ditolak begitu saja. Berbagai kemungkinan sempat terpikir oleh anda, namun anda bingung bagaimana solusinya?

Berikut adalah beberapa sebab mengapa kartu kredit anda dapat ditolak oleh merchant dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Kartu Belum Diaktifkan

Terlihat sepele namun sering terjadi. Anda begitu larut dalam euforia ketika menerima kartu kredit anda sehingga anda langsung menyelipkannya dalam dompet dan langsung menggunakannya untuk berbelanja. Anda lupa bahwa kartu anda harus diaktifkan terlebih dahulu untuk bisa digunakan!

Harus bagaimana?

Anda harus mengurungkan niat anda untuk berbelanja dengan kartu kredit sementara waktu. Telefon call center Bank Penerbit kartu kredit anda untuk meminta kartu diaktifkan. Anda harus menunggu beberapa saat hingga kartu kredit anda aktif dan benar-benar bisa digunakan.

2. Over Limit

Ingatlah bahwa dalam penggunaan kartu kredit anda memiliki dua jenis limit. Limit yang pertama adalah limit peminjaman dana tunai, sedangkan limit kedua adalah limit penggunaan transaksi merchant.

Misalkan jika anda memiliki limit sebesar Rp12.500.000 maka limit tersebut akan terbagi dua, yaitu sebesar Rp.5.000.000 untuk limit penarikan tunai dan Rp.7.500.000 adalah limit transaksi merchant.

Seringkali kita lupa bahwa limit penarikan tunai tidak bisa digunakan untuk limit transaksi merchant. Sehingga ketika kita berbelanja Rp.7.500.000 di merchant dan mengira masih memiliki Rp.5.000.000 limit sisanya, kartu anda pun ditolak.

Harus bagaimana?

Yang harus anda lakukan adalah mengingat dengan baik batas masing-masing limit agar transaksi anda tidak mengalami penolakan kembali kedepannya.

3. Terlambat Membayar Tagihan

Ketika anda sudah mendekati due date pembayaran kartu kredit namun anda masih belum membayar tagihan anda, biasanya Bank Penerbit Kartu Kredit akan menelefon dan mengingatkan bahwa tanggal jatuh tempo anda sudah dekat. Apabila anda masih mengabaikannya, pihak bank akan kembali menelefon mengingatkan dan bertanya mengapa anda masih belum membayar tagihan anda. Namun bila anda lagi-lagi mengabaikannya, maka pihak bank tidak akan segan untuk membokir kartu kredit anda sehingga anda tidak dapat lagi menggunakannya.

Harus bagaimana?

Segera lunasi tagihan kartu kredit anda agar kartu anda dapat digunakan kembali.

4. Biaya Tahunan

Kartu kredit memiliki biaya yang harus anda bayarkan secara tahunan. Besarannya tergantung dari jenis kartu yang anda pegang. Pada umumnya, semakin tinggi level kartu anda maka semakin besar biaya tahunan yang dikenakan kepada anda. Ketika anda berbelanja dan merasa limit anda masih memadai untuk melakukan pembayaran namun lalu ditolak, ada kemungkinan sisa limit anda digunakan untuk membayar biaya tahunan kartu.

Harus bagaimana?

Hubungi call center dan tanyakan benarkah transaksi anda ditolak karena biaya tahunan? Jika iya, maka tak ada pilihan lain bagi anda untuk menunggu hingga bulan berikutnya ketika limit kartu kredit baru anda muncul kembali.

5. Apakah Kartu Kredit anda Kartu Tambahan?

Kartu kredit tambahan adalah kartu kredit yang menginduk kepada kartu kredit utama. Sehingga sebagian besar keputusan mengenai penggunaan dan limit kartu kredit tambahan tersebut banyak bergantung kepada pemegang kartu utama. Jika anda menemukan bahwa anda tidak bisa menggunakan kartu anda, ditolak oleh merchant dan sebagainya, ada kemungkinan sang pemegang kartu utama memang membatasi transaksi anda.

Harus bagaimana?

Hubungi call center Bank Penerbit Kartu kredit anda untuk menanyakan mengapa kartu anda ditolak. Jika memang karena permintaan dari pemegang kartu utama, maka anda bisa membicarakan baik-baik untuk mencari solusinya.

6.Transaksi Lintas Negara

Ketika anda merasa sudah menggunakan kartu kredit sesuai limit, membayar tagihan tepat waktu dan menggunakannya kartu dengan baik dan benar lalu masih ditolak oleh merchant, ada kemungkinan kartu anda diblokir oleh pihak bank. Padahal sebelumnya, anda masih dapat menggunakan kartu secara aktif di beberapa negara. Hal ini dapat saja terjadi ketika anda sering menggunakan transaksi di berbagai negara tanpa pemberitahuan awal kepada Bank Penerbit Kartu Kredit anda. Bagaimanapun juga, hal ini merupakan tindakan preventif dari pihak Bank untuk menjaga keamanan transaksi nasabahnya.

Harus bagaimana?

Anda sebaiknya segera melaporkan kegiatan anda yang sering melakukan transaksi di negara yang berbeda kepada Bank Penerbit Kartu Kredit anda, sehingga tidak dianggap sebagai transaksi mencurigakan karena maraknya penipuan dan pencurian data kartu kredit saat ini

Sebagai nasabah yang memiliki kartu kredit, anda harus waspada akan berbagai kemungkinan yang dapat terjadi ketika kartu kredit anda ditolak oleh merchant. Langsung mengantisipasi dengan menghubungi call center Bank Penerbit Kartu anda merupakan cara yang bijak untuk anda lakukan agar transaksi yang terhambat menjadi jelas dan dapat ditemukan solusinya secara cepat dan tepat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kartu kredit ditolak merchant, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, fungsi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, tugas,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.