Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Keuntungan Beli Rumah Lewat KPR

Memiliki sebuah rumah memang bukan perkara yang mudah, apalagi jika keuangan sedang tidak mendukung. Karenanya Kredit Pemilikan Rumah atau KPR yang seringkali menawarkan bermacam fasilitas bisa menjadi pilihan menarik untuk mendapatkan sebuah hunian idaman.

Meski begitu, terkadang ada pula beberapa tanggapan negatif karena banyaknya biaya – biaya dalam pengajuan KPR yang seringkali mengecoh dan akhirnya memberatkan nasabah ketika melaksanakan kewajiban pembayaran.

Selain itu, membeli rumah menggunakan fasilitas KPR dianggap justru bisa menambah beban hutang yang bisa saja membelit dengan suku bunga floating mengikuti suku bunga yang ditetapkan oleh BI.

Namun, benarkah demikian? Lantas apa sesungguhnya keuntungan yang bisa didapat dari kredit jenis ini terlepas dari sisi negatif yang menyertainya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Bisa Memiliki Rumah Meski Dana Mepet

Harga rumah yang terbilang cukup besar terlebih lagi jika berada di kota besar, tentu akan membuat seseorang dengan penghasilan pas-pasan akan sulit memiliki rumah. Ditambah lagi biaya kebutuhan hidup yang semakin hari semakin meningkat sudah barang tentu akan semakin jauh rasanya impian membeli rumah bisa terwujud.

Bandingkan bila anda membeli rumah menggunakan fasilitas KPR. Selain tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk bisa mendapatkan hunian nyaman yang siap ditempati. Anda hanya diharuskan untuk menyiapkan uang muka pembelian atau DP (down Payment) yang nilainya pun tak banyak yakni sekitar 30 % dari nilai pembelian rumah tersebut.

Bukankah ini cukup menguntungkan? Dengan dana awal sebesar 30 % anda bisa mendapatkan rumah idaman dalam genggaman.

2. Bisa Segera Menempati Rumah yang Dibeli

Bila membangun rumah, anda harus menunggu berbulan – bulan hingga rumah selesai dibangun dan siap huni setelah menggelontorkan dana yang tidak sedikit, maka akan lain ceritanya bila anda membeli rumah dengan fasilitas KPR.

Mengapa? Sebab, rumah yang sudah di Acc pengajuan kreditnya, bisa segera dihuni tanpa harus menunggu lama – lama lagi ataupun harus menanti pinjaman lunas. Menarik bukan?

3. Cicilan Bisa Disesuaikan

Banyak KPR yang menawarkan cicilan rumah yang bersaing dengan suku bunga yang kompetitif. Sehingga hal ini bisa membuat anda leluasa memilih program KPR mana yang memberikan penawaran menarik sesuai dengan kemampuan bayar anda.

Dengan begitu anda bisa memilih cicilan dari bank mana yang suku bunganya rendah dan nilainya cukup aman untuk pengeluaran bulanan anda.
Sehingga anda bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan dan penghasilan yang masuk setiap bulannya.

4. Jaminan Legalitas Kepemilikan

Membeli rumah dengan menggunakan fasilitas KPR selain bisa menyesuaikan cicilan sesuai kemampuan, anda pun juga tak perlu ragu maupun khawatir dengan keabsahan kepemilikannya karena sudah pasti terjamin.

Sebab hal tersebut telah diatur oleh pihak bank, di saat menandatangani akad kredit tentu juga akan dibarengi dengan penandatanganan AJB (akta jual beli) antara penjual dan pembeli yang disaksikan oleh notaris.

Sehingga legalitas kepemilikan rumah tak perlu diragukan, karena hal tersebut memang sebuah hal yang penting karena menyangkut hak milik atas rumah yang telah dibeli.

5. Jaminan Perlindungan

Tak cukup sampai terjaminnya keabsahan kepemilikan rumah, dengan menggunakan fasilitas KPR anda pun juga akan mendapatkan perlindungan ganda.

Sebab baik anda maupun agunan telah di cover oleh perlindungan asuransi, baik asuransi jiwa kredit juga asuransi kebakaran dan gempa bumi. Sehingga kekhawatiran mengenai hunian yang aman dan nyaman bisa lebih terpenuhi dengan KPR, lain halnya jika anda membelinya secara langsung tanpa perantara fasilitas KPR. Jika sewaktu–waktu terjadi bencana, rumah sama sekali tidak dalam kondisi aman.

Memang siapa sih, tidak ada yang bisa memastikan kapan terjadinya bencana.
Namun dengan perlindungan asuransi dari KPR, anda patut berlega hati. Setidaknya selama masa cicilan berlangsung rumah dan anda dalam keadaan terproteksi. oleh asuransi tersebut.

6. Pilihan Berinvestasi

Ada banyak macam cara untuk menginvestasikan pendapatan, salah satunya dengan jalan membeli rumah melalui KPR.

Loh kok bisa? Iya, sebab rumah termasuk properti yang nilainya selalu naik setiap tahunnya. Anda bisa mendapatkan properti dengan jalan mencicil setiap bulan, tetapi sejalan dengan itu harga jual kembali properti tersebut juga turut meningkat setiap tahunnya.

Sehingga bukan tidak mungkin meski bunga KPR terbilang besar namun dengan peningkatan harga properti tersebut, justru bisa mendatangkan keuntungan yang tidak terduga.

Karenanya, sebelum membeli rumah maupun properti lain pertimbangkanlah lebih dulu lokasi letak rumah tersebut berdiri, supaya keinginan berinvestasi semakin mulus.

7. Solusi Di Kala Butuh Dana Mendesak

Ada lagi kelebihan lainnya lagi yang bisa didapatkan dari membeli rumah dengan KPR, yakni solusi mendapatkan dana saat kebutuhan mendesak tak lagi dapat ditahan.

Caranya gimana? Anda bisa mengajukan Top up atau penambahan nilai plafon kredit supaya bisa mendapat dana lebih. Anda tak perlu menunggu sampai cicilan rumah lunas lebih dulu untuk mendapatkannya, asalkan riwayat pembayaran anda baik dan setidaknya masa cicilan sudah mencapai minimal satu tahun, maka biasanya bank akan mengabulkan permohonan Top Up KPR.

Selain Top Up anda juga bisa melakukan Take Over kredit ke bank lain untuk mendapatkan nilai plafon yang lebih tinggi dengan penawaran suku bunga yang bersaing.

Jika dikulik lebih dalam ternyata ada banyak keuntungan yang bisa didapat bila membeli rumah dengan fasilitas KPR. Yang terpenting ialah bagaimana anda bisa mengatur keuangan dengan bijak dan pandai memilih bank yang menawarkan KPR agar, keuntungan membeli rumah dengan KPR benar–benar bisa dinikmati dengan maksimal. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang keuntungan beli rumah lewat KPR, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Loan to Value (LTV) KPR?
Cara Over Kredit Rumah yang Aman dan Terbebas dari Masalah
Apa Beda KPR vs KPA?
Sebaiknya Beli Rumah KPR atau Tunai?
Pensiunan Mau Mengajukan KPR? Adakah KPR Untuk Pensiunan?
Proses Pengajuan KPR dari Awal sampai Disetujui
KPR BTN Mikro untuk Pekerja yang Penghasilannya Rendah
Balik Nama Sertifikat Rumah Masih KPR?
Apa Itu KPR Syariah?
Mengajukan KPR Rumah Indent


Bagikan Ke Teman Anda