Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Keuntungan dan Cara Berinvestasi Pada Surat Utang Negara (SUN)

#investasi #keuntungan #SUN #Surat Utang Negara

Saat ini makin banyak masyarakat mulai paham bahwa menabung tidak melalu harus terpaku dengan produk perbankan. Banyak masyarakat awam mulai jeli melihat peluang. Mereka lebih memilih berinvestasi dengan Logam Mulia, Properti hingga produk Pasar Modal. Sejauh ini, produk pasar modal yang cukup populer di masyarakat adalah Obligasi Syariah (Sukuk), Obligasi Ritel Indonesia (ORI) serta Reksadana.

Untuk Reksadana sendiri, biasanya diterbitkan oleh berbagai Manajemen Investasi yang terdiri dari kumpulan saham atau obligasi dari perusahaan-perusahaan yang melantai di Bursa Efek. Sedangkan Sukuk ada yang diterbitkan oleh pihak swasta namun juga ada yang dikeluarkan oleh pemerintah. Baik ORI maupun Sukuk yang diterbitkan oleh pemerintah termasuk dalam investasi SUN (Surat Utang Negara).

Obligasi Ritel Indonesia (ORI)

Sejak tahun 2006, Pemerintah sudah mengeluarkan Surat Utang Negara secara ritel yang kemudian dikenal dengan nama Obligasi Ritel Indonesia. Pemerintah menerbitkan ORI dengan tujuan untuk dapat terjangkau oleh investor-investor kecil dan tidak hanya perusahaan dan konglomerat saja.

Bayangkan saja dengan uang sebesar Rp.5 juta, masyarakat sudah dapat berinvestasi dengan ORI. Hal tersebut kemudian direspon secara positif oleh masyarakat. Tercatat hingga tahun 2015, pemerintah sudah dapat menghimpun dana ORI dengan besaran Rp.144,125 triliun

Obligasi Syariah Negara (SUKUK Negara)

Merespon menggeliatnya kebutuhan masyarakat akan kebutuhan fasilitas keuangan berbasis syariah, pada tahun 2006 pula pemerintah kemudian mengeluarkan Surat Utang Negara dalam bentuk Obligasi yang menggunakan akad syariah. Sukuk di Indonesia menerapkan dua akad sebagai dasar pelaksanaan Sukuk yaitu Ijarah dan Mudharabah.

Ijarah adalah sukuk yang menggunakan akad sewa (Ijarah) sehingga besaran bagi hasil dapat ditetapkan di awal.

Sedangkan Mudharabah adalah sukuk yang menggunakan akad bagi hasil (Mudharabah) sehingga besaran bagi hasil per bulan kepada investor dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi perusahaan yang menerbitkan Sukuk.
Sukuk Perusahaan di Indonesia pada umumnya ada yang menggunakan kedua akad Ijarah dan Mudharabah, namun untuk Sukuk Negara, hanya menggunakan akad Ijarah.

Cara Berinvestasi di Sukuk dan ORI

Caran berinvestasi di Sukuk dan ORIpun tidak sulit. Ketika anda mendapatkan informasi bahwa pemerintah menerbitkan Sukuk atau ORI, anda bisa datang ke Perbankan setempat atau ke sekuritas yang bekerja sama untuk memasarkan SUN.

Untuk perbankan, anda dapat datang ke Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Central Asia, Bank Mega dan lainnya. Sedangkan untuk sekuritas anda dapat datang ke Danareksa Sekuritas, Indo Premier Securities, Mega Capital Indonesia, MNC Securities, Sucorinvest Central Gani dan Trimegah Sekuritas Indonesia.

Bila anda ingin membelinya di Perbankan, anda dapat langsung ke Bank dan bertanya kepada Petugas Customer Service bahwa anda ingin membeli Sukuk dan Ori yang sedang dipasarkan. Dari sini, petugas CS biasanya akan mempersilahkan anda untuk menemui officer yang memang bertugas untuk memasarkan produk pasar modal di perbankan.

Lalu apa Untungnya Berinvestasi dengan Surat Utang Negara?

Ada beberapa hal yang menjadikan Surat Utang Negara patut dilirik sebagai alternatif investasi yang dapat diandalkan, yaitu :

1. Aman

Jika pemerintah bangkrut, atau negara hancur, baru mereka tidak dapat membayar kupon Sukuk atau ORI. Namun selama pemerintah dan negara terlihat baik-baik saja, maka uang anda yang ditanamkan dalam bentuk Sukuk dan Ori, pasti akan dibayarkan bagi hasil dan bunganya setiap bulan. Siapa yang menjaminnya? Tentu saja pemerintah.

2. Bagi Hasil dan Bunga yang Kompetitif

Mengapa disebut kompetitif? Karena besaran kupon bunga dan bagi hasilnya selalu berada di atas imbal hasil deposito. Meski besaran kupon ORI berbeda-beda tiap serinya, namun ia selalu disesuaikan dengan suku bunga acuan Bank Indonesia yang berlaku saat itu.

Tercatat kupon tertinggi yang pernah dimiliki ORI adalah sebesar 12,05% pada tahun 2006 dan kupon terendah adalah sebesar 6,25% pada ORI009 bandingkan dengan bunga Deposito yang saat ini maksimal berada di angka 6%.
Kupon ORI dan bagi hasil Sukuk ini juga dibayarkan setiap bulan, sehingga anda dapat melihat uang anda bertambah setiap bulannya.

3. Pajak Imbal Hasil yang Lebih Kecil dari Deposito

Jika anda berinvestasi dengan Deposito, total bunga anda akan dikenakan pajak sebesar 20%, sedangkan pada Sukuk dan ORI dikenakan pajak sebesar 15% saja. Sehingga dengan nilai kupon yang lebih besar dari pada Deposito, hasil yang anda dapatkan juga lebih besar karena potongan pajak atas bunga yang tidak sebesar pajak atas bunga yang dikenakan oleh deposito.

4. Berpartisipasi dalam Pembangunan

Dengan menginvestasikan uang ke Sukuk dan ORI secara tidak langsung kita turut berpartisipasi dalam pembangunan yang manfaatnya juga akan dirasakan oleh masyarakat itu sendiri. Pemerintah sendiri memang menggunakan dana dari Sukuk dan ORI untuk membiayai berbagai pembangunan seperti infrastruktur dan fasilitas lainnya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang keuntungan dan cara berinvestasi pada Surat Utang Negara (SUN), semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.