Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Keuntungan Orang Hidup “Living Below Your Means”

Salah satu prinsip hidup yang baik untuk anda terapkan dalam pengaturan keuangan adalah living below your means. Sudahkah anda pernah mendengar istilah ini sebelumnya? Istilah living below your means adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan prinsip mengeluarkan/ menghabiskan uang lebih sedikit dari besar pendapatan anda.

Suatu prinsip yang bagus bukan? Masyarakat Indonesia pun sudah banyak menyadari betapa pentingnya mengatur keuangan agar pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan, seperti yang dijelaskan dalam prinsip ini. Sayangnya, ada sangat banyak juga masyarakat yang tetap tidak bisa mengendalikan uangnya walau mengetahui prinsipnya. Akhirnya, ada banyak masyarakat yang terpaksa harus berhutang dan hidup kesulitan mengatur keuangannya.

Masalah keuangan seperti itu bisa anda hindari jika anda mulai menerapkan prinsip living below your means ini. Tidak hanya itu saja, ada banyak keuntungan living below your means yang akan anda rasakan setelah anda menerapkannya. Jadi bagi anda yang belum mencoba menerapkannya dan penasaran ingin mencoba, akan sangat bermanfaat jika anda mulai mempelajari macam-macam keuntungannya pada bagian di bawah ini.

Setelah mengetahui ternyata ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dari menerapkan living below your means, pastinya usaha anda untuk mulai menerapkannya akan terasa lebih mudah dan lebih termotivasi. Jadi silahkan simak terus penjelasan lengkapnya pada bagian di bawah ini.

10 Keuntungan Living Below Your Means Diterapkan dalam Hidup Anda

Seperti yang sudah sempat disebutkan pada bagian di atas, ternyata prinsip living below your means atau prinsip hidup mengatur pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan bisa mendatangkan sangat banyak manfaat. Macam-macam manfaat yang bisa anda rasakan dari penerapan prinsip hidup ini akan dibahas melalui daftar sederhana berikut.

Anda bisa semakin termotivasi setelah membaca langsung apa-apa saja yang akan anda dapatkan dari upaya mengubah prinsip hidup dari yang semula kurang tepat menjadi lebih tepat. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut daftar lengkap 10 keuntungan living below your means yang perlu anda ketahui.

1. Anda Bisa Berkata Tidak Saat Kondisi Tepat

Keuntungan pertama yang bisa anda dapatkan dari menerapkan living below your means adalah kemudahan dalam berkata tidak. Mayoritas masyarakat Indonesia khususnya banyak menemukan kesulitan dalam melakukan hal ini. Itulah sebabnya, banyak dari mereka yang menghabiskan banyak uangnya untuk pemborosan karena tidak bisa berkata tidak. Dengan kata lain menguatkan prinsip living below your means membuat anda memiliki kepribadian yang kuat dan tegas.

2. Anda Bisa Lebih Banyak Berbagi

Berikutnya, anda juga bisa lebih banyak berbagi karena penerapan dari prinsip ini. Alasannya adalah karena saat anda mengontrol pengeluaran anda, ada banyak pemasukan yang bisa anda simpan dan alihkan untuk keperluan lain, yaitu seperti untuk berbagi ke orang lain yang lebih membutuhkan.

3. Anda Bisa Menikmati Liburan dengan Uang Lebih Anda

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan setelah menjalani living below your means adalah hasil yang berupa alokasi dana menjadi lebih berarti. Daripada anda menghabiskan uang untuk pengeluaran yang tidak-tidak, beberapa bulan setelah menyimpan sisa penghasilan anda bisa anda gunakan untuk menikmati liburan.

4. Anda Terhindar dari Lebih Banyak Pemicu Stress

Salah satu pemicu stress yang paling umum dalam masyarakat adalah stress karena uang. Anda sebenarnya bisa menghindari ini, jika anda bisa mengendalikan uang dan bukan malah sebaliknya uang yang mengendalikan anda. Jadi manfaat saat anda bisa mengurangi pengeluaran menjadi tidak lebih dari pendapatan membuat anda jauh dari stress.

5. Biaya Pendidikan Anak Tak Lagi Mengkhawatirkan

Kekhawatiran yang banyak dialami oleh masyarakat beberapa waktu belakangan ini adalah kekhawatiran akan biaya pendidikan anak. Khususnya biaya pendidikan tinggi yang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Anda yang sejak awal sudah bisa mengurangi pengeluaran yang tidak dibutuhkan, bisa mengalokasikan dana itu untuk tabungan lain, misal tabungan pendidikan anak anda.

6. Masa Pensiun Lebih Mudah untuk Dilalui

Berikutnya anda juga bisa mendapatkan keuntungan living below your means di masa pensiun nantinya. Terlepas dari biaya pendidikan anak, anda bisa menabung uang dari menghindari pengeluaran yang tidak perlu untuk masa pensiun anda. Jadi ketidakberdayaan di masa tua dan tidak adanya pekerjaan tidak membuat anda khawatir dan sulit lagi.

7. Masalah Besar Berubah Menjadi Masalah Kecil

Setelah living below your means anda tetapkan selama beberapa waktu, anda akan mulai menyadari bahwa masalah keuangan yang dulu terlihat besar kini hanya masalah kecil. Alasannya karena anda sudah memiliki dana yang cukup di tabungan anda. Anda tidak lagi bingung mencari uang ke sana ke mari, karena anda sudah menghentikan pengeluaran yang tidak perlu dan memilih untuk menabungnya.

8. Tanpa Disadari Tabungan Anda Semakin Bertambah

Tentu hal inilah yang bisa anda langsung saksikan sebagai manfaat dari living below your means. Karena anda selalu mengendalikan pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan, sisa pendapatan anda akan berada di dalam tabungan terus. Tabungan anda semakin hari akan semakin bertambah dan menjadi cadangan anda di waktu yang diperlukan.

9. Ternyata Ada Banyak Hal Anda Sadari Tidak Anda Perlukan

Pasca terbiasa dengan prinsip living below your means, akhirnya anda menyadari bahwa ada banyak hal yang sebenarnya tidak anda perlukan. Hal ini membuat anda menertawakan kembali diri anda yang memaksakan diri untuk membeli barang yang hanya menguras tabungan anda untuk digunakan sekali dan tidak mendatangkan keuntungan.

10. Tidak Ada Lagi Hutang, Anda Bisa Membeli Tunai

Keuntungan yang terakhir adalah setelah anda memiliki tabungan yang lebih memadai dengan pengelolaan pengeluaran yang tepat, ada banyak hal yang bisa anda beli secara tunai. Tidak perlu lagi berhutang dan melakukan kredit. Tentunya sangat memudahkan dan memberikan rasa aman secara finansial bukan?

Itulah tadi penjelasan mengenai setidaknya ada 10 keuntungan living below your means jika berhasil anda terapkan dalam hidup anda. Ternyata sangat menggiurkan bukan hasil dari living below your means ini. Jadi dengan membiasakan diri anda tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak anda perlukan, selanjutnya anda menyadari sendiri bahwa ada banyak sekali uang yang bisa anda simpan. Hidup anda akan berangsur-angsur lebih mudah dilalui dan anda bisa lebih sehat hingga masa lanjut usia datang menghampiri. Jadi semoga informasi ini bisa membantu anda untuk hidup lebih nyaman dan tenang dengan menerapkan living below your means!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang keuntungan orang hidup “Living Below Your Means”, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ajarkanlah Tip Keuangan Ini pada Anak Anda!
Ini Dia Alasan-alasan Mengapa Anda Tidak Kunjung Menjadi Milyuner
Alasan Mengapa Kamu Tidak Bakal Jadi Kaya?
Mengapa Kamu Gagal Mengelola Uang?
Cara Mengatur Keuangan Saat Dimensia Datang
Tip Finansial untuk Kelas Menengah
Kalau Mau Jadi Milyader, Harus Mulai dari Mana?
Kegiatan Menarik Ketika Tidak Punya Uang Lagi
Mengapa Orang Miskin Susah Jadi Kaya?
Mengapa Banyak Orang yang Tidak Memiliki Tabungan?


Bagikan Ke Teman Anda