Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kredit Emas Batangan?

#kredit emas batangan #tip kredit

Ada berbagai macam cara untuk berurusan dengan pinjaman. Ada saat di mana uang menjadi “musnah”, dalam artian kita tidak lagi memiliki uang sebagai aset yang kita punyai untuk berurusan dengan pinjaman yang sedang maupun akan kita lakukan di masa yang akan datang. Di masa-masa inilah, kita membutuhkan non-uang yang nilainya dapat disetarakan dengan uang.

Salah satu “non-uang” tersebut adalah emas, di mana banyak orang menganggap emas “senilai” dengan uang. Sebagai salah satu alat pembayaran legendaris, emas menjadi populer di kalangan siapapun yang hendak berurusan dengan uang namun pada saat tersebut tidak memiliki uang kas yang memadai.

Salah satu cara untuk berhubungan dengan emas adalah dengan melakukan kredit emas batangan. Berikut ini adalah serba-serbi mengenai kredit emas batangan, termasuk tempat bertransaksi kredit emas batangan dan persyaratan untuk mendapat kredit emas batangan:

  • Tempat Bertransaksi Kredit Emas Batangan

Pada umumnya, kredit emas batangan dapat dilakukan pada tempat-tempat di mana prinsip syariah sangat dijunjung tinggi, seperti pada bank syariah. Kendati demikian, kredit emas batangan juga dapat dilakukan di tempat-tempat seperti pegadaian, lewat pemerintah, atau bahkan online marketplace sebagaimana juga tempat syariah.

Untuk bank syariah tempat bertransaksi kredit emas batangan, dua tempat yang paling baik menurut pengalaman saya adalah BNI dan Mandiri Syariah. Selain merupakan dua bank dengan syarat pembelian emas batangan yang ringan, kedua bank ini juga merupakan bank yang hubungannya erat dengan kepemerintahan negara Indonesia, sehingga jika ada apa-apa terkait transaksi emas batangan yang melibatkan sektor kepemerintahan manapun akan lebih cepat sampai.

Sementara itu, banyak tempat pegadaian yang menyediakan sarana jual-beli emas batangan dengan minimum pembelian dan penjualan yang berbeda-beda untuk tiap tempatnya. Bila bertransaksi emas lewat pemerintah, maka pembelian emas (atau logam mulia) dilakukan lewat Antam dengan minimal pembelian atau penjualan kembali yang ringan yakni sebesar 1 gram. Selain itu, beberapa online marketplace juga menyediakan fasilitas gadai emas yang dapat diakses lewat interface menu masing-masing marketplace.

  • Ketentuan Emas Sebagai Jaminan Kredit Emas Batangan

Namanya juga mencicil emas batangan, maka jaminan pembayarannya pasti berupa emas batangan. Permasalahannya terletak pada ketentuannya, yakni jenis dan jangka waktu transaksi emas yang dijadikan jaminan atas kredit emas batangan.

Tidak sembarang emas, jenis emas batangan yang diperbolehkan untuk semua tempat transaksi emas batangan hanyalah emas batangan dari pegadaian atau Antam. Ini dibuktikan dari cap yang terdapat pada logam emas batangan. Karena itu, jangan sekali-kali mencoba mengajukan cicilan emas batangan menggunakan emas imitasi, ya!

Jangka waktu penyimpanan dan pengambilannya pun tidak sembarangan. Di beberapa tempat transaksi kredit emas batangan seperti bank syariah, emas batangan hanya dapat benar-benar diambil ketika seluruh rangkaian transaksi sudah jatuh tempo. Untuk tempat-tempat non-perbankan semacam pegadaian, pengambilan hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan.

  • Persyaratan Kredit Emas Batangan

Syarat untuk dapat mengajukan kredit emas batangan berbeda-beda tergantung tempat di mana kita memutuskan untuk bertransaksi emas batangan. Selain itu apabila terdapat dokumen-dokumen atau syarat tambahan lain yang perlu dikumpulkan, maka itu juga berbeda tergantung tempatnya.

Apabila mengajukan cicilan emas batangan lewat bank syariah, mereka bukan hanya meminta emas atau logam mulia sebagai jaminan atau collateral, melainkan juga sejumlah tambahan dokumen dan persyaratan lain yang harus dipenuhi. Misalnya, dokumen yang menyatakan umur seperti KTP asli dan fotokopi. Yang menarik, pensiunan pun dapat mengajukan permohonan mencicil emas batangan pada bank syariah selama usianya tidak melebihi 70 tahun pada saat jatuh tempo cicilan.

Pegadaian merupakan tempat yang menarik untuk menggadaikan atau mencicil emas batangan secara individual, berkelompok, ataupun arisan. Kendati demikian, syaratnya pun tidak main-main, karena ada dasar pembiayaan yang harus diperhatikan saat hendak mengajukan cicilan emas batangan. Untuk kelompok, pembiayaan uang muka sampai dengan akad pembiayaan dibebankan atas dasar individual atau perorangan.

Sementara itu, tempat online marketplace yang tidak memiliki toko fisik mungkin tidak mensyaratkan dokumen atau persyaratan seperti pada bank syariah atau pegadaian. Namun, tetap ada kartu kredit yang harus dipakai untuk mencicil emas batangan, karena inilah satu-satunya jalan untuk dapat mengajukan kredit emas pada online marketplace.

  • Biaya-Biaya Yang Melekat Pada Kredit Emas Batangan

Meskipun emas adalah sarana pembiayaan yang paling aman, tetap saja biaya yang dikeluarkan untuk dapat mencicil emas batangan tidak sedikit. Biaya yang melekat pada kredit emas batangan tidak hanya berupa uang muka, namun juga ada margin bagi hasil dan biaya administrasi yang harus diperhitungkan.

Uang muka kredit emas batangan termasuk tinggi, yakni sekitar 10-20% tergantung dari tempat transaksi emas batangan. Untuk pegadaian, uang mukanya berkisar 10 hingga 15 persen tergantung dari pihak yang mengajukan pinjaman. Sementara itu, uang muka untuk mengajukan kredit emas batangan di bank syariah kira-kira 20% dari harga emas.

Yang menarik dari biaya yang melekat pada kredit emas batangan adalah tidak adanya biaya bunga, mengingat pada tempat-tempat yang syar’i, bunga dianggap sebagai riba yang tidak halal. Karena itu, sebagai gantinya kredit emas batangan mengenal margin bagi hasil, yang pada umumnya tidak melebihi 3% p.a. Adapun biaya administrasi untuk mencicil emas batangan juga tidak sedikit, yakni sekitar Rp50.000,00 menurut data yang terdapat pada pegadaian.

Kalau kita lihat keempat poin penjelas kredit emas di atas, kita akan melihat dua tempat yang paling dominan adalah bank syariah dan pegadaian. Ini disebabkan tempat pemerintah (yakni Antam) telah ter-“embed” dengan pegadaian, dan transaksi mencicil emas lewat online marketplace belum terlalu viral meskipun ada. Namun, tetap saja kredit emas batangan dapat dilakukan lewat tempat-tempat tersebut, tentunya dengan memperhatikan syarat, ketentuan emas, dan biaya-biaya yang berlaku.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang serba-serbi mengenai kredit emas batangan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Kredit Motor Bekas yang Aman
Meminjam Uang dengan Jaminan Sertifikat Rumah?
Cara Aman Melakukan Transaksi Kartu Kredit Online
Meminjam Nama untuk Kredit Motor
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Kredit Motor
Kredit Kendaraan & Multi Guna dari Adira Finance
5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil Bekas
Apakah Financial Technology (Fintech) itu dan Apa saja Produknya?
Cara Menghadapi Debt Collector
Bolehkah Debt Collector Mengambil Motor Kredit Anda?


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.