Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari BRI Syariah

#kredit tanpa agunan

Jika Anda sedang mencari opsi dana pinjaman bank, kredit tanpa agunan/jaminan atau KTA bisa menjadi pilihan. Sesuai dengan namanya, KTA adalah produk dari bank berupa pinjaman yang diberikan kepada nasabah tanpa mengharuskan adanya agunan atau jaminan aset/harta nasabah.

Selain itu, proses pengajuan hingga pencairan KTA tidak memakan waktu lama yaitu kurang lebih 3 hari. Hal ini tentunya akan sangat membantu jika Anda sedang membutuhkan dana cepat untuk keperluan mendadak dan darurat.

Sebagai salah satu bank besar di Indonesia yang memiliki konsep dasar perbankan syariah, BRI Syariah menawarkan KTA untuk para nasabahnya. KTA dari BRI Syariah yang disebut juga pinjaman lunak ini ditujukan untuk memudahkan nasabah dalam memenuhi kebutuhan mereka. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai KTA dari BRI Syariah.

Keunggulan KTA BRI Syariah

KTA BRI Syariah ditujukan khusus untuk para pegawai dan karyawan yang bekerja tetap di perusahaan atau lembaga yang bekerjasama dengan BRI Syariah. Dengan kata lain, KTA ini merupakan produk untuk para karyawan yang memiliki sistem pemberian gaji dengan payroll melalui BRI Syariah. Berikut adalah beberapa keunggulan dari KTA BRI Syariah yang perlu diperhatikan:

  • Tidak ada beban jaminan atau agunan

Sesuai dengan namanya, produk pinjaman dari BRI Syariah ini dapat diambil tanpa Anda harus memberikan jaminan atau agunan apapun. Selama perusahaan atau lembaga tempat bekerja sudah bekerjasama dengan BRI Syariah yang ditandai dengan adanya PKO (Perjanjian Kerjasama Operasional), nasabah sudah dapat melakukan pengambilan pinjaman tanpa agunan. PKO ini bisa dibilang juga sebagai ganti dari jaminan atau agunan yang biasanya diperlukan dalam mengambil pinjaman di bank.

  • Menggunakan akad murabahah (pinjam-meminjam)

Ketika hendak mengambil pinjaman di bank, bunga adalah salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan terutama bagi kaum muslim karena bunga dianggap sebagai bentuk praktek riba. Namun dengan sistem perbankan syariah yang dijunjung BRI Syariah, KTA bisa diambil dengan akad atau kesepakatan murabahah. Akad murabahah adalah kesepakatan berlandaskan sistem dan prinsip pinjam-meminjam antara bank dan nasabah. Selain itu, sebagai bank syariah tentunya aliran dana yang berada di dalam BRI Syariah pun lebih terpercaya dan aman dari hal-hal yang dianggap kurang pantas.

  • Tidak ada cakupan atas kebutuhan tertentu

Jika biasanya pinjaman dari bank mengharuskan cakupan atas kebutuhan tertentu seperti cicilan rumah atau investasi emas, namun tidak dengan KTA yang membebaskan atas kebutuhan apapun. KTA sendiri biasanya diambil oleh para nasabah untuk memenuhi kebutuhan yang cenderung bersifat konsumtif, seperti biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, biaya perbaikan rumah, dan lain sebagainya. Dengan begitu, nasabah dapat lebih mudah mengajukan pinjaman tanpa harus berada dalam kondisi tertentu.

Syarat Pengajuan KTA BRI Syariah

Setelah mengetahui apa saja keunggulan dari KTA BRI Syariah, selanjutnya kita akan membahas apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mengajukan pinjaman tersebut. Syarat-syarat ini penting untuk diketahui dan dilengkapi dengan baik supaya proses pengajuan KTA dapat berjalan lancar dan dana dapat cair untuk memenuhi kebutuhan kita. Berikut adalah beberapa syarat pengajuan pinjaman tanpa agunan dari BRI Syariah:

  • Status

Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa KTA ini ditujukan untuk karyawan dari perusahaan yang memiliki kerjasama dengan BRI Syariah, maka syarat yang perlu dipenuhi adalah status pekerjaan. Nasabah yang dapat menerima pinjaman tanpa agunan ini adalah karyawan tetap dari perusahaan atau lembaga yang memiliki kerjasama dalam bentuk PKO dengan BRI Syariah.

Selain itu, perlu diperhatikan juga sistem penerimaan gaji oleh karyawan yang bersangkutan. Karyawan tentunya harus memiliki rekening BRI Syariah dan menerima gaji bulanannya melalui rekening tersebut atau yang lebih dikenal dengan sistem payroll. Payroll atau pembayaran gaji ini dibayarkan oleh perusahaan secara otomatis melalui kerjasama dengan BRI Syariah yang kemudian langsung masuk ke rekening karyawan.

  • Usia

Untuk mengajukan KTA atau pinjaman tanpa jaminan ini, peminjam harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun. Namun ada sedikit pengecualian untuk calon peminjam yang sudah menikah, dimana dapat mengajukan pinjaman dengan usia minimal 18 tahun.

  • Dokumen

Dalam mengajukan pinjaman atau produk perbankan lainnya, dokumen-dokumen penting adalah syarat yang tidak bisa tidak untuk diserahkan. Begitu juga dalam proses pengajuan KTA BRI Syariah yang mewajibkan calon peminjam menyerahkan beberapa dokumen sebagai bagian dari kebutuhan administrasi. Dokumen dasar yang harus disiapkan adalah fotokopi identitas diri yang masih berlaku yaitu KTP Anda dan pasangan jika sudah menikah. Selain itu bagi calon peminjam yang sudah menikah, perlu untuk melampirkan fotokopi buku nikah dan kartu keluarga.

Demikian pembahasan mengenai kredit tanpa agunan dari BRI Syariah, mencakup keunggulan hingga syarat pengajuan untuk membuat KTA. Dengan adanya berbagai kemudahan dan akses untuk mengambil pinjaman tersebut baiknya tidak membuat kita jadi terlena, sehingga tetap perlu dikaji lebih mendalam apakah kebutuhan kita perlu untuk ditanggung dengan pinjaman. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda dan menambah wawasan lebih lanjut mengenai KTA yang dikeluarkan oleh BRI Syariah.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kredit tanpa agunan dari BRI Syariah.

Artikel Populer

bank, Financial Technology (Fintech), fraud, hutang kartu kredit, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit untuk anak, keuntungan kartu kredit, kpr ditolak, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, KTA ditolak, KTA untuk modal usaha, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tagihan kartu kredit, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 

 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.