Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk PNS

#kredit tanpa agunan

Saat memiliki kebutuhan tertentu, mengambil pinjaman dari bank adalah salah satu opsi yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dilakukan. Terlebih lagi, kini bank semakin banyak mengeluarkan berbagai produk perbankan yang dapat membantu nasabahnya seperti kredit tanpa aagunan atau KTA. Dan bagi Anda yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS), Anda dapat mengambil KTA khusus untuk PNS dengan menunjukkan SK Pengangkatan. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai KTA yang dikeluarkan beberapa bank yang ditujukan untuk PNS.

  • KTA PNS Bank Mandiri

Produk KTA khusus untuk PNS yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri bernama KTA Mitrakarya PNS, yang dapat diambil oleh PNS yang bekerja pada instansi pemerintah yang menggunakan sistem payroll penerimaan gaji melalui Bank Mandiri. Selain itu, nasabah yang dapat mengajukan KTA ini harus memiliki masa kerja minimal 1 tahun dan berusia minimal 21 tahun serta maksimal 55 tahun saat pelunasan KTA. Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah jumlah penghasilan minimal untuk mengambil KTA Mitrakarya PNS sebesar Rp 2.500.000.

KTA Mitrakarya PNS ini memiliki beberapa keuntungan, seperti jumlah cicilan yang lebih ringan dan jangka waktu yang lebih fleksibel serta panjang; bisa mencapai 8 tahun. Untuk limit yang dapat diambil dari KTA ini berkisar dari Rp 5.000.000 hingga maksimal Rp 200.000.000. Selain itu, peminjam juga dapat mengajukan penambahan pinjaman atau top up setelah melakukan pembayaran 6 kali cicilan.

Untuk mengajukan pinjaman KTA Mitrakarya PNS ini, tentunya ada beberapa dokumen penting yang wajib untuk dilampirkan. Yang pertama perlu disiapkan adalah identitas diri berupa fotokopi KTP dan kartu identitas pegawai. Yang selanjutnya tentu saja SK Pengangkatan sebagai bukti bahwa calon peminjam memang berstatus sebagai PNS. Kemudian calon peminjam juga perlu melampirkan fotokopi NPWP dan surat keterangan penghasilan atau slip gaji.

  • KTA PNS BRI

Bank selanjutnya yang mengeluarkan KTA untuk PNS adalah BRI, dimana bank ini menawarkan pinjaman tanpa agunan untuk PNS yang masih aktif maupun yang sudah pensiun. Bagi PNS yang masih berstatus aktif, salah satu syarat utamanya adalah melampirkan SK Pengangkatan saat mengajukan produk KTA yang bernama BRIguna Karya. Sedangkan bagi PNS yang sudah pensiun bisa mengajukan produk KTA yang bernama BRIguna Purna dengan melampirkan SK Pensiun.

Pinjaman yang diberikan KTA khusus PNS dari BRI ini memiliki jumlah maksimal hingga Rp 1 milyar, dengan jangka waktu pelunasan hingga mencapai 15 tahun. Sedangkan untuk syarat pengajuan harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun saat pelunasan cicilan KTA. Selain itu, calon peminjam yang hendak mengambil KTA khusus PNS ini harus memiliki pendapatan minimum sebesar Rp 3.000.000.

Dokumen penting yang perlu disiapkan saat hendak mengajukan pengambilan KTA BRIguna Karya dan BRIguna Purna adalah fotokopi KTP, NPWP, dan kartu keluarga. Dokumen lain yang wajib dilampirkan tentunya adalah SK Pengangkatan atau SK Pensiun untuk bukti status kepegawaian sebagai PNS. Selain itu, calon peminjam juga perlu melampirkan beberapa dokumen terkait bukti penghasilan seperti slip gaji, fotocopy rekening selama 3 bulan terakhir, dan fotokopi laporan keuangan 2 tahun terakhir.

  • KTA PNS BJB

Bank Jawa Barat atau BJB mengeluarkan produk KTA untuk PNS yang bernama Kredit Guna Bhakti, yang juga bisa diambil oleh CPNS, kepala daerah dan wakilnya, serta anggota DPR dan DPD. Keunggulan lain dari KTA Kredit Guna Bhakti ini adalah jangka waktu yang cukup panjang yaitu hingga mencapai 15 tahun dan batasan usia maksimal yang lebih lama dibanding bank lain, yang mana saat pelunasan maksimal berusia 70 tahun. Sedangkan batas usia minimal untuk mengajukan KTA dari BJB ini adalah 21 tahun.

Jumlah maksimal pinjaman yang diberikan melalui KTA Kredit Guna Bhakti untuk PNS ini berbeda-beda, tergantung kepada gaji bersih yang diatur ketentuan angsurannya oleh pihak bank. Hal tersebut berlaku juga bagi CPNS dan kepala daerah atau wakilnya yang hendak mengambil pinjaman KTA dari BJB ini. Namun bagi calon peminjam yang berstatus sebagai anggota DPR/DPD, jumlah maksimal pinjaman yang dapat diambil hingga mencapai Rp 500.000.000.

Seperti pengajuan KTA dari bank-bank lainnya, pengajuan Kredit Guna Bhakti dari BJB ini perlu memenuhi persyaratan administrasi dan dokumen yang yang mencakup bukti identitas pribadi dan bukti pendapatan. Dokumen bukti identitas meliputi fotokopi KTP calon peminjam dan pasangan, kartu keluarga, akta nikah, NPWP, dan pas foto calon peminjam serta pasangan berukuran 3×4. Sedangkan dokumen bukti pendapatan yang perlu dilampirkan adalah slip gaji dan fotokopi rekening koran. Jangan lupa juga untuk melampirkan fotokopi kartu identitas pegawai dan SK yang menyatakan status kepegawaian, baik SK Pengangkatan Calon Pegawai, SK Pengangkatan Pegawai, atau SK Terakhir.

Apa yang Akan Anda Pilih?

Bank-bank yang telah disebutkan diatas memiliki produk KTA khusus untuk PNS yang memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Karena bank-bank tersebut termasuk bank besar di Indonesia yang tidak diragukan lagi kredibilitasnya, Anda dapat lebih tenang dalam mengambil KTA yang dibutuhkan. Sebaiknya Anda memilih KTA yang sesuai dengan kebutuhan dan mempertimbangkan aspek-aspek seperti jangka waktu cicilan serta jumlah pinjaman yang dapat diambil.

Demikianlah pembahasan mengenai KTA yang diberikan khusus untuk pegawai yang berstatus PNS. Dengan adanya berbagai bank yang menyediakan fasilitas KTA tersebut, Anda dapat lebih mudah mengambil pinjaman untuk memenuhi kebutuhan yang disesuaikan dengan keadaan. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat untuk menambah wawasan serta membantu sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jenis KTA yang akan Anda gunakan.

Artikel Terkait

Demikianlah beberapa KTA untuk PNS.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.