Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kredit Tanpa Agunan untuk Renovasi Rumah

Merenovasi rumah merupakan kebutuhan yang tidak bisa terhindarkan. Tidak peduli seberapa cermat usaha yang dilakukan untuk menjaga bangunan tersebut. Kondisi cuaca di Indonesia yang berubah-ubah juga sangat mempengaruhi ketahanan bangunan rumah. Tidak jarang, cuaca ekstrem, seperti angin topan atau hujan es, akhirnya memperparah kerusakan kecil yang terjadi karena aktivitas sehari-hari.

Walau demikian, merenovasi rumah juga merupakan langkah yang cermat untuk mempertahankan nilai jual rumah sebagai aset. Rumah yang tidak dirawat akan kehilangan kesempatan mendapat kenaikan nilai seiring pertumbuhan ekonomi dan padatnya penduduk. Sayang sekali jika uang yang sudah Anda investasikan untuk membeli rumah tersebut tidak bergerak karena kondisi bangunan sudah sangat mengenaskan.

Sayangnya, pada banyak kejadian, kerusakan kecil ini pada akhirnya menuntun pembenahan besar-besaran yang membutuhkan biaya lumayan besar. Terutama jika ingin mempercepat proses dan efisiensi renovasi. Maka biaya yang diperlukan bisa jadi selisih cukup banyak oleh karena penambahan tenaga atau jam kerja. Memang bukan hal yang mudah untuk menyisishkan dana khusus untuk mengantisipasi renovasi rumah. Oleh karena itu, banyak bank sudah mempermudah proses pendanaan renovasi rumah dengan produk-produk unggulan mereka, salah satunya adalah Kredit Tanpa Anggunan (KTA).

Kredit Tanpa Anggunan memungkinkan Anda meminjam uang dalam jumlah cukup besar tanpa jaminan sama sekali. Pilihan ini banyak diambil jika rumah yang ingin direnovasi masih dalam masa KPR sehingga tidak bisa dijaminkan. Memang bunga untuk KTA biasanya dipasang lebih tinggi daripada produk pinjaman lainnya karena besarnya resiko yang diambil oleh bank dengan meminjamkan sejumlah besar uang tanpa jaminan. Proses seleksinya mungkin cukup ketat, namun pencairan dana akan dilakukan dalam waktu yang cukup cepat, yaitu 1-2 minggu. Jika Anda berencana mengajukan pinjaman melalui KTA untuk merenovasi rumah, disarankan memiliki Kartu Kredit yang aktif dan tidak memiliki riwayat keterlambatan pembayaran selama setahun. Besarnya limit kartu kredit juga akan berpengaruh pada besarnya nominal pinjaman yang disetujui.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk mengambil KTA untuk merenovasi rumah, sebaiknya pertimbangkan hal berikut matang-matang:

  • Besarnya pinjaman

Sebagian besar bank membatasi limit peminjaman uang tunai melalui KTA hingga dua ratus juta saja. Jumlah ini mungkin akan sangat memadai untuk merenovasi rumah dengan kerusakan ringan atau ukuran yang tidak begitu besar. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat anggaran dana perbaikan sebelum mengajukan pinjaman. Jika biaya perbaikan membengkak, maka akan sangat menyulitkan melanjutkan pembiayaan sambil mencicil angsuran KTA pada bank. Banyak sekali kasus renovasi yang terbengkalai karena pemilik salah perhitungan. Hasilnya, hutang sudah terlanjur menumpuk padahal hasil belum tercapai. Jika sekiranya biaya yang diperlukan lebih besar daripada Rp. 200.000.000, maka disarankan untuk mempertimbangkan produk pinjaman tunai lainnya.

  • Besarnya penghasilan

Pihak bank akan melihat riwayat kredit Anda selama setahun dan juga mempertimbangkan rekening koran dan pemasukan rutin. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kondisi keuangan terlihat baik, namun pada dasarnya Anda yang paling tahu kondisi keuangan yang sebenarnya. Jika memang cicilan kredit dan bunga tidak sebanding dengan besarnya penghasilan, lebih baik menangguhkan dulu peminjaman KTA untuk merenovasi rumah.  Karena saat proses perbaikan, pasti dibutuhkan biaya-biaya tak terduga yang bisa membuat pengeluaran terus membengkak dan semakin membebani pembayaran cicilan rutin. Tunggakan cicilan KTA bisa mengakibatkan hutang yang menumpuk, tuntutan secara hukum, hingga penyitaan aset. Salah perhitungan bahkan bisa menyebabkan Anda kehilangan rumah tersebut walaupun tidak terdaftar langsung sebagai jaminan.

  • Memilih bank yang tepat

Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda untuk produk KTA mereka. Tidak ada salahnya untuk banyak bertanya dan mengumpulkan informasi sebelum memutuskan. Usahakan memilih bank dengan suku bunga paling rendah dan berbunga tetap. Beberapa bank akan mengevaluasi ulang besarnya suku bunga pada tahun kedua atau ketiga untuk menyelaraskan dengan perkembangan ekonomi dan nilai tukar. Semakin panjang jangka waktu pinjaman bisa membuat hutang membesar jika terjadi lonjakan suku bunga.

KTA memang merupakan jalan keluar yang paling tepat jika kerusakan terlalu besar dan tidak memiliki aset yang cukup memadai sebagai jaminan. Namun, masih ada beberapa produk bank lain yang bisa digunakan untuk merenovasi rumah, yaitu kredit khusus renovasi rumah. Biasanya nasabah menggunakan rumah yang ingin direnovasi sebagai jaminan untuk mendapat pinjaman. Kelebihan dari produk pinjaman tunai ini adalah platform kredit yang besar dengan bunga yang lebih kecil dan janka waktu pinjaman lebih panjang. Hanya saja, syarat dan waktu pencairan dana bisa lebih panjang dan berbelit-belit. Selain itu, biasanya jumlah yang pinjaman yang diberikan tidak akan lebih dari 80% total anggaran perbaikan rumah. Oleh karena itu, perincian sangat mendetail  sangat diperlukan.

Bank-bank syariah juga menawarkan produk kredit renovasi dengan keistimewaan suku bunga flat selama masa cicilan. Hanya saja pinjaman tidak akan cair secara langsung, melainkan dibagi beberapa tahap. Mengambil pinjaman dari bank syariah bisa menjadi solusi pendanaan renovasi rumah bagi nasabah yang tidak begitu cermat dalam perencanaan anggaran dan mencegah habisnya dana pinjaman sebelum renovasi tuntas.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk renovasi rumah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



KTA untuk Anggota Polri
Inilah Yang Akan Terjadi Jika Anda Menunggak KTA
Citibank Ready Kredit: Fasilitas Kredit Semudah Gesek Kartu Kredit di ATM
Kredit Tanpa Agunan X-tra Dana CIMB Niaga
Apa Beda KTA vs Kartu Kredit?
Menggunakan KTA untuk Biaya Mudik?
Modus Penipuan KTA dan Tips Menghadapinya
KTA (Kredit Tanpa Agunan) Untuk Modal Usaha?
Tip Agar Aplikasi KTA Disetujui
KTA dari Bank BRI


Bagikan Ke Teman Anda