Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

KTA Menjadi Sumber Masalah Keuangan Keluarga?

#tip KTA

Salah satu produk dari Bank yang paling banyak peminatnya adalah KTA (Kredit Tanpa Agunan). Hal tersebut dikarenakan dana KTA dapat dicairkan tanpa melalui proses yang sulit, dan tidak perlu menyerahkan jaminan apapun. Bagi masyarakat yang membutuhkan uang dalam waktu singkat, KTA bisa dijadikan solusi yang tepat. Namun diperlukan kemampuan untuk menahan diri dan mengatur dana yang ada. Salah mengambil tindakan, KTA justru dapat menjadi sumber masalah baru terhadap keuangan keluarga.

Mengapa KTA Dapat Menjadi Sumber Masalah Keuangan?

Meski mendapatkan pinjaman uang menggunakan KTA terbilang mudah, bukan berarti mudah juga untuk mengembalikannya. KTA tidak mensyaratkan adanya jaminan, sehingga wajar saja jika bunga yang dikenakan terhadap cicilannya menjadi lebih tinggi. Bagi yang pendapatannya pas-pasan, membayar angsuran dengan tambahan bunga yang besar akan sangat merepotkan. Selain alasan tersebut, beberapa alasan berikut ini juga dapat menjadikan KTA sebagai sumber masalah keuangan dalam keluarga.

  • Menumbuhkan Sikap Konsumtif

Dana KTA dapat dipakai untuk keperluan apapun. Bahkan uang yang didapat dari KTA dapat digunakan untuk berlibur atau membeli barang-barang pribadi. Dengan kebebasan penggunaan tersebut, orang yang tidak dapat mengendalikan dirinya akan tergiurĀ  untuk terus membeli apa yang mereka inginkan. Memang hal yang sering terjadi jika uang yang tersedia cukup banyak, maka sikap konsumtif akan semakin tinggi. Namun hal tersebut akan berujung masalah besar karena uang yang dipinjam hanya dipakai untuk hal yang tidak terlalu penting. Sementara untuk membayar cicilannya, orang tersebut harus memutar otak agar tidak terlambat membayarnya.

  • Menggunakan KTA Untuk Membayar Utang Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi keuangan Anda. Seringkali tanpa disadari, kebiasaan berbelanja menggunakan kartu kredit dapat melebihi batas limit. Dampaknya kita harus menutup utang terhadap penggunaan kartu kredit tersebut. Jika kondisi finansial dalam keadaan sehat, mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun bagaimana bila keuangan sedang memburuk? Dengan alasan ingin melunasi utang kartu kredit, dana KTA pun diajukan. Hal ini akan semakin menambah beban keuangan karena harus membayar cicilannya setiap bulan di samping cicilan kartu kredit. Bukankah ini menjadi sumber masalah keuangan keluarga yang begitu menyulitkan?

  • Cicilan KTA Melebihi Pendapatan Bulanan

Memang benar dana KTA bisa digunakan saat kita membutuhkan uang dalam jumlah besar dan mendesak. Namun sebelum memutuskan untuk meminjam uang, pikirkan apakah cicilan setiap bulannya dapat ditutupi dengan kondisi keuangan saat ini? Jika memang terpaksa untuk menggunakan dana KTA, jangan pinjam dalam jumlah besar, dan pilih tenor yang tidak terlalu singkat. Dengan begitu Anda masih bisa bernapas lega dalam melunasi angsuran KTA sekaligus memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  • Menggunakan Dana KTA Untuk Kepentingan Pribadi

Uang pinjaman KTA dapat digunakan untuk keperluan apapun, termasuk untuk memenuhi kebutuhan pribadi seperti membeli mobil, rumah atau pergi liburan. Memang hal tersebut sah-sah saja dilakukan, namun memenuhi keinginan yang tidak mendesak dengan meminjam uang tentu bukanlah keputusan yang bijak. Dengan bunga tetap yang harus dibayar bersama cicilan per bulan, maka kita harus menyisihkan penghasilan selain untuk memenuhi kebutuhan wajib sehari-hari. Tentu saja jika pendapatan tidak mencukupi kita akan kewalahan untuk membayar cicilannya, dan ini akan menjadi masalah yang cukup serius untuk keuangan keluarga.

Dana KTA Seharusnya Untuk Apa?

Uang pinjaman dengan menggunakan KTA memang dapat bermanfaat jika digunakan dengan benar. Jika tidak ingin terlilit hutang sebaiknya hindari menggunakan dana KTA untuk hal-hal yang kurang penting. Setidaknya beberapa hal berikut ini bisa ditutupi dengan menggunakan uang pinjaman KTA.

  • Membayar biaya pendidikan

Untuk memasuki sekolah atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi terkadang dibutuhkan uang masuk yang cukup besar. Dana KTA bisa dimanfaatkan untuk membiayai kebutuhan tersebut. Sekali lagi yang perlu diingat, pinjamlah uang sesuai dengan kemampuan finansial untuk membayar angsurannya.

  • Membeli rumah secara cash atau langsung lunas

Rumah memang kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi. Namun jika harus menggunakan uang pinjaman KTA dalam memenuhinya, usahakan untuk membeli rumah dengan membayarnya langsung lunas. Hindari membeli rumah dengan sistem KPR karena hal ini akan semakin memberatkan keuangan Anda.

  • Dijadikan sebagai modal usaha yang memiliki peluang sukses

Membuka usaha memang membutuhkan modal, dan dana pinjaman KTA bisa dimanfaatkan. Hanya saja perlu dipikirkan usaha apa yang ingin dijalankan dan perhitungkan kesuksesannya agar cicilan dapat terbayar.

  • Melunasi beberapa tempat meminjam uang sehingga kita hanya fokus untuk melunasi satu tempat meminjam saja

Terkadang kita bisa meminjam uang lebih dari satu tempat. Hal tersebut akan sangat memberatkan dalam pelunasannya karena fokus keuangan terbagi-bagi. Karena itu menggunakan KTA untuk menutupi semua pinjaman bisa dijadikan solusi. Kita hanya tinggal memikirkan angsuran untuk KTA setiap bulannya.

Memang benar KTA dapat menjadi sumber masalah keuangan dalam kelaurga, jika kita tidak pintar mengolahnya. Namun bukan berarti KTA selalu memberikan efek negatif. Justru jika digunakan dengan benar KTA sangat membantu dalam mengatasi masalah keuangan yang mendesak.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang KTA menjadi sumber masalah keuangan keluarga, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

 

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.