Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

KTA untuk Anggota Polri

#KTA untuk anggota Polri #tip KTA

Umumnya produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) ditujukan untuk individu yang mapan secara finansial dan memiliki pekerjaan yang tetap, namun secara khusus tidak ada produk bank yang memberikan kredit tanpa agunan (KTA) pada satu jenis pekerjaan tertentu. Sebab dalam pengajuan aplikasi kredit tanpa agunan sendiri, salah satu syaratnya ialah mengharuskan pada calon debitur memiliki penghasilan yang stabil dan cenderung tetap baik dari kalangan wiraswasta atau yang berstatus sebagai pegawai tetap bisa mengajukan aplikasi pinjamannya pada bank termasuk anggota Polri.

Syarat–syarat Pengajuan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) sejatinya merupakan pinjaman  yang diberikan kepada calon debitur dengan tanpa membebankan adanya surat berharga lainnya yang digunakan sebagai agunan. Karena memang tak membutuhkan kepemilikan surat berharga sebagai jaminan pinjaman, membuat Kredit Tanpa Agunan terbilang cukup mudah dalam hal pengajuan aplikasi kredit serta prosesnya. Tentu banyak hal yang dilihat oleh bank pada calon debitur sehingga mempengaruhi disetujui atau tidaknya KTA yang tengah diajukan.

Dan apabila seorang anggota Polri ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, sebagaimana berikut diantaranya.

  • Warga negara Indonesia yang berusia minimal 21 tahun dan maksimal berusia 55 tahun saat jatuh tempo pinjaman.
  • Cakap hukum dan tidak dalam permasalahan hukum,
  • Memiliki pendapatan tetap minimal Rp 2.000.000,- (atau sesuai kebijakan bank),
  • Melengkapi dokumen yang disyaratkan, seperti data diri, slip gaji, rekomendasi dari atasan dan juga SK pengangkatan .

Sesungguhnya bank tidak secara eksplisit menyatakan kepada instansi mana fasilitas kreditnya akan ditujukan. Dan secara khusus, bank tidak pernah mencantumkan syarat pekerjaan yang dimiliki calon debitur secara spesifik untuk diprioritaskan dalam menerima pinjaman tanpa agunan. Biasanya bank akan lebih menerapkan standar 5 C untuk menseleksi calon debitur dan bukan hanya soal status kepegawaiannya, sebagaimana berikut ulasannya.

  • Character (Karakter), pada prinsipnya pihak bank melihat karakteristik dari calon debitur melalui wawancara singkat yang biasanya menggali informasi pribadi secara mendalam untuk menentukan bisa tidaknya seseorang tersebut diberi kepercayaan (kredit).
  • Chapacity (Kemampuan), melihat kemampuan dari seorang calon debitur dalam menjalankan kewajibabnnya termasuk apakah pernah mengalami gagal bayar atau kredit macet sebelumnya di bank lain.
  • Capital (Modal), dilihat dari sisi kekayaan atau aset yang dimiliki serta kondisi perputaran keuangan yang dimiliki.
  • Condition (Kondisi), mempertimbangkan kondisi perekonomian yang luas dan termasuk kondisi keuangan dari calon debitur.
  • Colaterral (Aset), mempertimbangkan kondisi aset yang mungkin bisa disita bilamana seorang debitur tak melakukan kewajibannya sesuai akad kredit.

Standar inilah yang mempengaruhi aplikasi pinjaman yang diajukan oleh seorang calon debitur disetujui ataukah tidak, begitu pun dengan seorang anggota Polri yang mengajukan pinjaman. Jika semua persyaratan baik secara umum dan juga  pendukung telah dipenuhi maka seorang anggota Polri layak menerima sebuah kredit.Standar inilah yang mempengaruhi aplikasi pinjaman yang diajukan oleh seorang calon debitur disetujui ataukah tidak, begitu pun dengan seorang anggota Polri yang mengajukan pinjaman. Jika semua persyaratan baik secara umum dan juga pendukung telah dipenuhi maka seorang anggota Polri layak menerima sebuah kredit.

Bank yang Memberikan KTA

Banyak bank maupun lembaga keuangan lainnya yang memberikan fasilitas kredit tanpa agunan, dan bisa dipilih oleh anggota Polri yang sedang memerlukan dana tunai baik untuk keperluan konsumtif maupun modal usaha. Fasilitas pinjaman KTA yang diberikan beberapa bank memunginkan calon debitur untuk memilih dan menggunakan fasilitas KTA payroll (gajinya disalurkan melalui bank) maupun non payroll. Bank yang memberikan penawaran KTA untuk para nasabah baik menggunakan payroll maupun tidak, sebagaimana berikut diantaranya.

  • Bank BRI

BRI merupakan salah satu bank pemerintah dengan jangkauan kantor cabang yang terbilang sangat luas bahkan hingga ke pelosok nusantara yang juga memiliki sebuah produk KTA yang bisa menjadi pilihan bagi para anggota Polri yang sedang membutuhkan dana yakni BRI Guna. Karena Bank BRI pun juga menjadi salah satu lembaga keuangan yang jadi tempat penyaluran gaji para anggota Polri, sehingga lebih mempermudah dalam pengajuannya.

Ada tiga jenis BRI Guna, yakni BRI GBaliuna Karya untuk pegawai aktif, BRI Guna Purna untuk pegawai yang sudah dalam masa pensiun, juga BRI Guna Umum. Jadi bagi anggota Polri baik yang masih aktif maupun sudah dalam masa purna jabatan, bisa megajukan pinjaman KTA di Bank BRI sesuai kebutuhan.

Bank BRI pun juga memberikan fasilitas kredit ini baik pada nasabah yang menerima pembayaran gajinya melalui BRI (payroll) maupun tidak (No payroll) asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi anggota Polri yang tidak menerima gajinya melalui Bank BRI, pun masih bisa mengajukan aplikasi pinjamannya sesuai dengan ketentuan dan syarat yang diberlakukan.

  • Bank Mandiri

Selain Bank BRI, bank lainnya yang juga memiliki reputasi terbaik dengan beberapa fitur produk KTA yang dimiliki ialah Bank Mandiri. Dan kredit tanpa agunan yang ditawarkan misalnya seperti KTA Mitrakarya Mandiri dan juga Mandiri Kredit Tanpa Agunan Reguler. Meski Bank Mandiri belum ditunjuk secara langsung sebagai bank penyalur gaji untuk para anggota Polri, masih ada produk pinjaman yang bisa jadi pilihan menarik yakni Mandiri Kredit Tanpa Agunan.

Dengan minimal gaji sebesar Rp 3.000.0000,- maka anggota Polri bisa mengajukan Mandiri Kredit Tanpa Agunan dengan nilai plafon pinjaman yang berkisar antara Rp 5.000.000,- hingga Rp 200.000.000,- dengan jangka waktu pelunasan hingga 5 tahun (sesuai ketentuan).

  • Bank BNI

Bank BNI juga memberikan fasilitas pinjaman KTA bagi para pegawai, baik swasta maupun instansi pemerintah termasuk anggota Polri yakni dengan BNI Fleksi. Fasilitas pinjamannnya ini hampir sama dengan produk serupa di bank–bank lainnya hanya keunggulannya terletak pada jangka waktu pelunasannya yang lebih fleksibel sesuai keinginan calon debitur.

Jika penyaluran gaji pada anggota Polri tersebut telah melalui Bank BNI (payroll) maka akan mendapat keuntungan pinjaman dengan nilai plafon yang lebih besar hingga Rp 100.000.000,- (sesuai ketentuan bank) jika dibandingkan dengan calon debitur non payroll yang hanya berkisar hingga Rp 50.000.000,- saja.

Selain beberapa bank yang telah disebutkan tadi masih ada beberapa bank lainnya yang juga memiliki fasilitas KTA yang bisa dipilih oleh anggota Polri. Sejatinya siapapun bisa mendapatkan pinjaman dalam bentuk KTA jika telah memenuhi segala persyaratan yang diberikan oleh bank, karena secara spesifik bank tidak menargetkan pinjaman KTA hanya pada satu jenis pekerjaan saja.

Dengan disiplin terhadap kewajiban di bank, maka jenis pinjaman apapun bisa didapatkan dengan mudah tak hanya melihat jenis pekerjaan, karena bank juga melihat dari segi riwayat hutang yang pernah dimiliki oleh pemohon. Karenanya reputasi yang  baik di bank harus dimulai dari dini agar segala jenis pinjman bisa didapat dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kredit tanpa agunan (KTA) untuk anggota Polrri, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.