Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

KTA untuk Biaya Pernikahan?

#KTA untuk biaya pernikahan #tip KTA

Mempersiapkan pesta pernikahan adalah hal yang cukup merepotkan, kita harus memperhatikan dari A sampai Z. Tak jarang bagi sebagian orang yang mempunyai harta berlebih menyewa wedding planner atau perencana pesta pernikahan. Pihak ketiga inilah yang akan membantu kita untuk mengatur dan memberikan pilhan kepada kita seputar vendor atau pihak mana yang terbaik untuk kita gunakan jasanya . Dari dekorasi sampai dari menu masakan. Bagi kebanyakan orang lainnya, untuk mempersiapkan sebuah pesta pernikahan mereka membentuk panitia kecil yang beranggotakan sanak keluarga. Disini para anggota panitia dibagi tugas untuk membantu mencarikan bagian-bagian yang diperlukan dan membantu memberi rekomendasi pihak ketiga yang baik yang dapat membantu memberikan jasa layanan semisal catering dan dokumentasi.

Dapat terbayangkan dibenak kita, berapa jumlah biaya yang diperlukan untuk menyelenggarakansebuah pesta pernikahan. Butuh biaya yang tidak sedikit tentunya untuk mewujudkan sebuah pesta peristiwa yang tidak akan terlupakan ini. Biaya untuk pesta pernikahan dari waktu kewaktu tidak akan mengalami penurunan harga, seiring dengan naiknya tingkat inflasi biaya pernikahan juga akan semakin meningkat.

Muncul pertanyaan besar apabila kita dihadpakan dengan pertanyaan seputar biaya. Darimanakah biaya pernikahan yang sebesar itu bisa kita dapat. Tentunya jawaban akan sangat beragam, dana bisa diamblkan dari biaya tabungan, biaya menjual asset yang ada atau melalui pinjaman ke Bank. Dari kesemua alternative jawaban tadi salah satu yang sering dijadikan alternative utama adalah meminjam bank untuk biaya pesta pernikahan. Dewasa ini banyak bank yang menyediakan kredit multi guna dengan berbagai macam kemudahan. Salah satunya adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dengan produk kredit tanpa agunan masyarakat akan dipermudah untuk mendapatkan kucuran dana yang dapat dipergunakan utnuk berbagai macam kebutuhan termasuk dalam hal ini adalah pesta pernikahan.

Beberapa ulasan dibawah ini adalah daftar dari bank yang bisa dijadikan alternative untuk pengajuan pinjaman tanpa agunan.

  • Bank DBS – Dana Bantuan Sahabat

Bank DBS mengeluarkan produk yang sangat bersahabat, sesuai dengan namanya produk pinjaman tanpa jaminan ini. Selain Bungan yang rendah hingg 0,99% pinjaman ini juga mempunyai waktu pinajaman sampai dengan 36 bulan atau tiga tahu. Sehingga produk ini bisa kita perhitungkan sebagai pilihan untuk biaya pernikahan kita.

  • Bank QNB – Q Personal Loan

Bank yang juga dikenal dengan nama Bank Kesawan ini mempunyai program pinjaman tanpa agunan dengan beberapa fasilitas yang ditawarkan. Selain suku bunga yang diberikan dapat kita pilih yaitu flat atau floating. Limit yang diberikan dari Bank QnB ini juga cukup besar yaitu sampai dengan 250 juta. Dan yang lebih menariknya lagi Bank ini memberikan jangka waktu cicilan yang lebih panjang dari Bank lainnya yaitu bisa mencapai hingga 72 bulan. Memang dengan cicilan yang lama akan membuat pinjaman semakin tinggi karena bunga yang akan kita bayarkan. Akan tetapi jangka waktu yang panjang juga akan membantu kita dalam menentukan jumlah angsuran yang sesuai.

  • Standard Chartered Bank – KTA Reguler

Pilahan ketiga untuk pinjaman tanpa agunan adalah dari Bank Standard Chartered bank ini mempunyai limit yang hampir sama dengan bank -bank yang lainnya yaitu hingg 200 juta. Dengan bunga flat yang ditawarkan juga membantu kita untuk mempunyai anggaran tetap dalam biaya bulanan. Selain bunga flat tenor yang diberikan juga bisa mencapai 5 tahun atau 60 bulan. Penawaran yang membuat KTA regular dai Bank Standard Chartered adalah proses penyampaian aplikasi yang sangat cepat. Kita hanya membutuhkan waktu hingga 3 hari untuk mengetahui apakah aplikasi kita disetujui atau tidak. Dengan proses yang cepat ini tentu saja akan sangat membantu kita dalam proses perencanaan. Sehingga kita tidak perlu menunggu sampai dengan batas waktu yang cukup lama agar mengetahui aplikasi kita di setujui atau tidak.

  • ANZ – Personal Loan Reguler

Bank yang satu ini memiliki keunggulan dalam proses pengajuannya. Tidak butuh waktu yang lama untuk tahu apakah dapat disetujui atau tidak. Hanya dalam jangka waktu satu hari kita bisa mengetahui pinjaman kita disetujui atau tidak. Selain itu jumlah waktu yang disediakan juga sangat fleksibel yaitu sampai dengan 60 bulan atau lima tahun. Bunga yang diberikan untuk pinjaman ini menggunakan system tetap atau flat. Sehingga memudahkan kita untuk mengatur biaya angsuran dalam tiap bulannya.

Beberapa produk dari bank-bank diatas dapat menjadi referensi kita untuk mendapatkan pinjaman dana dalam mewujudkan pesta pernikahan. Selanjutnya akan timbul sebuah pertanyaan apakah bijak apabila kita menggunakan biaya pinjaman untuk sebuah pesta pernikahan?

KTA untuk Pernikahan Bijak kah?

Menggunakan pinjaman tanpa agunan untuk biaya pernikahan tentunya sah-sah saja dan tidak ada yang salah. Namun ada baiknya kita kembali kepada tujuan utama sebuah pernikahan. Tujuan utama sebuah pernikahan adalah mengesahkan hubungan antara kedua manusia berlawanan jenis untuk menjadi satu dalam janji dan mebina sebuah rumah tangga. Untuk itu, sebuah janji atau pengesahan antara keduanya perlu disaksikan oleh beberapa orang sehingga menghindari fitnah atau hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Sehingga semakin banyak kita mengundang banyak saksi dalam sebuah ritual untuk pengucapan janji tadi maka semakin baik pula kualitas dari pernikahan.

Membuat berbagai macam konsep sebuah pernikahn dari yang sederhana sampai mewah adalah hal yang tidak bisa dikatakan keliru dan juga tidak bisa dibenarkan, dalam artian kesemua bergantung pada kemampuan dan kesiapan dari masing-masing mempelai. Yang menjadi tidak bijak atau menjadi permasalahan adalah dengan memaksakan kondisi dan kemampuan, sehingga menyelenggarakan sebuah pernikahan yang mewah dan diluar kemampuan memepelai.

Yang perlu diingat adalah setiap mempelai akan menempuh hidup baru yang tentunya akan lebih rumit daripada sebelumnya. Membina rumah tangga bukan tidak memerlukan perencanaan keuangan untuk selanjutnya. Maka dari itu alangkah lebih baik jika menyelenggarakan pesta pernikahan sesuai dengan kemampuan, dan mempelai lebih mempersiapkan diri baik dari sisi mental maupun finansial untuk menghadapi kehidupan barunya setelah menikah.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang KTA untuk biaya pernikahan, semoga bermanfaat.



Kredit Tanpa Agunan HSBC, Apakah Benar Menguntungkan?
Tips Mengajukan KTA bagi Karyawan Kontrak
KTA untuk Anggota Polri
Kredit Tanpa Agunan BNI Fleksi dan BNI Cerdas
Tips Mengambil KTA Agar Tidak Macet Membayar Cicilan
Baguskah KTA untuk Modal Awal Usaha?
Karyawan Lebih Berpeluang Dapat KTA Dibanding Pengusaha, Benarkah?
Kredit Tanpa Agunan X-tra Dana CIMB Niaga
Apa Untung Ruginya Ikut KTA?
Kerugian Mengambil Pinjaman KTA


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.