Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Langkah Jitu Agar KTA Disetujui oleh Bank

Di antara sejumlah produk perbankan yang populer di Indonesia, Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi salah satu primadonanya. Bagaimana tidak, KTA memiliki sejumlah keunggulan yang begitu menarik dan memudahkan para calon kreditur, sehingga tidak mengherankan jika produk ini semakin lama semakin banyak diminati.

Namun meskipun demikian, bukan berarti pihak bank akan dengan mudah memberikan layanan yang satu ini kepada semua orang, mengingat resiko yang harus ditanggung oleh bank memang cukup besar atas pinjaman yang tidak disertai agunan ini. Sesuai dengan namanya, KTA hanya membutuhkan sejumlah syarat mudah dan tanpa agunan, sehingga sangat wajar jika pihak bank begitu selektif dan berhati-hati saat mencairkannya. Agar KTA Anda disetujui oleh pihak bank, simak beberapa langkah jitu berikut ini:

  • Cek kondisi keuangan Anda

Apapun jenis kredit yang akan Anda ajukan kepada pihak bank, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap keuangan Anda. Cermati kembali kondisi keuangan Anda secara keseluruhan, lihat rasio utang dan kemampuan Anda untuk menanggung sejumlah utang yang baru. Setidaknya, jumlah utang Anda maksimal adalah 30-40% dari total penghasilan Anda, termasuk sejumlah cicilan KTA tersebut nantinya (jika disetujui oleh bank). Hal ini sangat penting untuk Anda hitung sejak awal, agar kelak Anda tidak mengalami masalah di dalam keuangan akibat adanya tambahan utang. Bukan hanya itu saja, pihak bank juga akan melihat rasio utang Anda, dan hanya akan menyetujui KTA Anda jika memang Anda mampu untuk meanangggung sejumlah utang yang baru.

  • Perbaiki riwayat kredit Anda

Riwayat kredit Anda akan sangat mempengaruhi disetujui atau tidaknya pengajuan KTA Anda. Artinya, jika ternyata selama ini Anda memiliki masalah dengan sejumlah pinjaman lainnya, maka bisa dipastikan bank akan menolak permohonan KTA Anda. Hal yang sama juga akan dilakukan oleh pihak bank, jika ternyata kondisi keuangan Anda tidak mampu untuk menangggung sejumlah utang yang baru. Lakukan langkah yang tepat untuk mangatasi hal tersebut, yakni dengan mengelola utang anda dan memperbaiki riwayat kredit Anda.

Jika ternyata selama ini Anda memiliki cicilan (kredit lain, misalnya: cicilan kendaraan, kartu kredit) yang tertunggak, maka segera lakukan pelunasan. Atau bahkan jika ternyata rasio utang Anda lebih dari 40%, maka segera lakukan penutupan (pelunasan) beberapa hutang terlebih dahulu, sehingga rasio utang ini menjadi lebih kecil dan layak.

  • Pilih bank yang tepat

Jika kedua poin di atas telah Anda penuhi dengan baik, maka Anda bisa mengajukan KTA Anda dengan lebih nyaman dan percaya diri. Ada banyak bank yang memberikan layanan ini, namun pastikan Anda memilih salah satu atau beberapa bank yang paling tepat saja. Pilih bank yang sesuai dan paling tepat, di mana Anda memang bisa menemukan layanan KTA yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika payroll Anda dibayarkan melalui bank ā€œZā€, maka ada baiknya Anda mengajukan KTA di bank ā€œZā€ tersebut, mengingat pihak bank akan leluasa dan mudah dalam melihat informasi perbankan Anda, termasuk kemampuan keuangan yang Anda miliki. Namun meskipun demikian, selalu upayakan untuk memilih bank yang paling tepat, yakni dengan mempertimbangkan biaya serta syarat yang mereka terapkan di dalam KTA tersebut.

  • Lengkapi semua persyaratan dan dokumen dengan baik

Sangat penting bagi Anda untuk melengkapi semua syarat pengajuan yang diminta oleh pihak bank. Hal ini akan mempermudah dan juga mempersingkat waktu dalam pengajuan KTA tersebut. Selain persyaratan umum yang ditetapkan pihak bank, Anda juga akan diminta untuk melengkapi beberapa dokumen di bawah ini:

  1. NPWP
  2. Akta nikah / cerai / kematian / perjanjian pranikah (bagi yang sudah menikah)
  3. Slip gaji / Surat Keterangan Penghasilan (bagi karyawan)
  4. SIUP, TDP (bagi wiraswasta)
  5. Surat Izin Prakter (bagi profesional)
  6. Rekening tabungan / rekening koran (3 bulan terakhir)
  7. Fotokopi kartu kredit (jika ada)
  8. Aplikasi pengajuan yang telah diisi lengkap
  • Ikuti semua proses pengajuan

Sama halnya dengan jenis kredit lainnya, pihak bank juga akan melakukan langkah-langkah yang dianggap penting dalam proses pengajuan KTA Anda tersebut, seperti survey dan juga perifikasi. Pastikan Anda mengikuti semua proses ini dengan baik, sehingga pengajuan KTA Anda dapat berjalan lancar tanpa halangan (pending) sama sekali. Aktifkan telepon dan juga ponsel Anda selama masa perifikasi ini berlangsung, sehingga pihak bank dapat menghubungi Anda dengan mudah.

Jika semua langkah di atas bisa dilakukan dengan baik, maka besar kemungkinan proses pengajuan KTA Anda akan sukses. Selalu manfaatkan dana KTA dengan sebaik mungkin, bayar cicilannya tepat waktu, sehingga KTA Anda tidak menimbulkan masalah di dalam keuangan Anda, dan bisa memberi manfaat yang maksimal.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa langkah jitu agar KTA disetujui oleh Bank, semoga bermanfaat.

 



Apa yang Menyebabkan KTA Ditolak?
Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk Investasi Tanah?
6 Akibat Menunggak Pembayaran KTA
Tips Mengambil KTA Agar Tidak Macet Membayar Cicilan
Inilah Yang Akan Terjadi Jika Anda Menunggak KTA
Tips Reschedule Kredit Macet KTA
Tip Agar Aplikasi KTA Disetujui
Mengapa Aplikasi KTA Ditolak? Apa Sebabnya?
Perbedaan Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan, Mana yang Menguntungkan?
Apa Beda KTA vs Kartu Kredit?


Bagikan Ke Teman Anda