Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Lupa PIN Kartu Kredit?

Pemberlakuan PIN untuk Kartu Kredit seperti PIN pada kartu ATM atau kartu debit mulai dilakukan sejak tahun 2015. Pada awal kemunculannya, kartu kredit tidak perlu menggunakan PIN untuk verifikasi transaksi. Hanya perlu menandatangani struk maka transaksi sudah terbayarkan.

Namun, cara tersebut dianggap sudah tidak aman karena banyak kejahatan kartu kredit bermunculan sehingga kebijakan PIN untuk kartu kredit ini diberlakukan karena sudah disetujui oleh pemerintah. Pemberlakuan PIN kartu kredit umumnya dipakai untuk melakukan verifikasi pembayaran di kasir-kasir yang memakai mesin EDC kartu kredit.

Kasir akan meminta pemilik kartu kredit untuk memasukkan PIN, tetapi di beberapa tempat masih melakukan verifikasi pembayaran dengan kartu kredit melalui tanda tangan.

Banyaknya aktivitas atau tidak dicatatanya PIN kartu kredit membuat para pemegang kartu kredit lupa. Pada saat akan bertransaksi mungkin menjadi terganggu sehingga harus bayar cash atau melalui kartu debit. Apa yang harus dilakukan untuk menyiasati PIN yang terlupakan? Hal yang harus dilakukan adalah reset/atur ulang PIN kartu kredit agar didapatkan PIN yang baru.

Reset PIN kartu kredit hampir sama dengan mengatur ulang password akun email atau akun sosial media. Benarkah? Untuk lebih tahu secara lebih jelas maka simak kiat sukses menyiasati PIN kartu kredit yang terlupa pada beberapa bank ternama dan banyak digunakan oleh masyarakat sebagai berikut.

  1. Bank Mandiri

Saat lupa PIN kartu kredit Mandiri maka mengatur ulang PIN harus dilakukan. Caranya adalah mengirim sms dengan format: OTPCC [spasi] 16 digit nomor kartu lalu kirim ke 3355. Tak lama kemudian, nasabah akan mendapat balasan dari sistem Bank Mandiri yang menjelaskan bahwa permintaan kode OTP sedang diproses.

Setelah itu, nasabah akan mendapat SMS kedua yang berisi kode OTP yang diminta. Kode OTP ini harus segera digunakan untuk melakukan reset PIN karena ada masa kedaluarsa. Reset PIN kartu kredit harus dilakukan di mesin ATM.

  1. Bank BCA

Saat lupa PIN kartu kredit BCA maka hal yang harus dilakukan juga sama, yaitu mengatur ulang PIN. Caranya adalah meminta ulang Kode Otentifikasi dan melakukan aktivasi PIN baru. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan, yaitu melalui m-Banking dan mesin ATM. Caranya dijelaskan sebagai berikut.

    • Melalui m-Banking BCA

Buka aplikasi dan pilih m-BCA. Lalu masukkan kode akses yang terdiri dari 6 digit sebagai pencampuran angka dan huruf. Lalu pilih m-Admin, kemudian pilih Reset Password pada kategori e-statement kartu kredit. Setelah itu masukkan jenis dan nomor kartu kredit.

Buatlah PIN kartu kredit yang baru dan ketik ulang PIN baru tersebut. Setelah semua data lengkap dan sesuai maka klik Send. Setujui klausa yang dikirimkan oleh m-Banking BCA tentang perubahan PIN. Selamat, PIN kartu kredit Anda sudah bisa digunakan kembali.

    • Melalui ATM BCA

Kirim SMS terlebih dahulu untuk mendapatkan kode otentifikasi dengan format: SMS <spasi> REQ <spasi> KODE <spasi> OTENTIFIKASI#16 digit kartu kredit dan kirim ke 69888. Tak lama kemudian, kode otentifikasi akan didapatkan. Segera aktivasi PIN baru di ATM.

Pilih menu aktivasi dan ketik 6 digit yang didapatkan dari SMS. Ketik PIN baru dan ulangi lagi untuk verifikasi. Tunggu beberapa saat hingga proses perubahan PIN berhasil yang dikirimkan melalui SMS. Proses perubahan PIN selesai sehingga PIN baru sudah bisa digunakan.

  1. Bank BRI

Saat lupa PIN kartu kredit BRI maka cara reset PIN kartu kredit agak berbeda. Nasabah harus menghubungi Call Center BRI dengan nomor 14017 atau nomor BRI pusat di 021-500017. Pihak BRI akan menanyakan nomor kartu kredit dan identitas apakah sesuai dengan data yang tertera di BRI atau tidak. Setelah verifikasi data selesai dan data dianggap sudah sesuai maka pihak call center BRI akan mengirimkan PIN baru melalui email yang sudah didaftarkan. Setelah itu, ubah PIN tersebut di ATM terdekat.

  1. Bank BNI

Cara untuk mendapatkan PIN kartu kredit BNI yang terlupa adalah mengirim SMS ke 3346 dengan format: RPIN <Spasi> 16 digit nomor kartu kredit utama <spasi> tanggal lahir pemegang kartu (ddmmyyyy).  Setelah itu balasan yang berisi PIN kartu kredit baru akan diterima. Ubahlah PIN tersebut menjadi PIN yang mudah diingat.

Penggantian PIN harus dilakukan di ATM BNI terdekat. Jika tidak bisa mengubah PIN melalui SMS maka telepon ke Call Center BNI di nomor 1500046 atau 68888. Verifikasi data akan dilakukan, setelah itu PIN baru akan dikirimkan melalui email atau SMS. Sama seperti melalui SMS, pengubahan PIN harus dilakukan di ATM BNI.

  1. Citibank

Saat lupa PIN kartu kredit Citibank maka nasabah harus minta OTP baru yang akan dipakai saat reset PIN. Kirim SMS ke 1418 dengan format: PIN <Spasi> 4 digit nomor kartu kredit <spasi> tanggal lahir (ddmmyyyy). Setelah itu akan mendapat SMS balasan yang berisi PIN baru.

Cara lain dengan menghubungi layanan CitiPhone Banking yang tersedia selama 24 jam di 69999 dari ponsel untuk mendapatkan kode OTP. Ubahlah PIN kartu kredit melalui ATM Citibank dengan memasukkan OTP yang sudah didapatkan.

  1. CIMB Niaga

Saat lupa PIN kartu kredit CIMB Niaga maka kirim SMS ke 1418 dengan format: PIN (spasi) 4 digit nomor kartu kredit (spasi) tanggal lahir (DDMMYYYY). Setelah itu nasabah akan menerima SMS balasan yang berisi PIN baru. Gantilah PIN tersebut dengan PIN yang mudah diingat di ATM CIMB Niaga terdekat maksimal 14 hari.

Cara untuk mendapatkan PIN kartu kredit yang baru cukup mudah untuk dilakukan, tetapi alangkah baiknya jika tidak sering lupa PIN kartu kredit agar transaksi tidak terhambat. Penggantian PIN butuh proses yang memakan waktu sehingga transaksi mungkin tidak bisa segera dilakukan. Selamat bertransaksi!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang dilakukan jika lupa PIN kartu kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kartu Kredit Bank Mega
Apa Alasan Baik Mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA)?
Kartu Kredit Gaya Hidup atau Kebutuhan Hidup?
Kartu Kredit Bank BNI
Bolehkah Memakai Kartu Kredit Orang Lain?
Kesalahan-kesalahan dalam Kredit Mobil
Apa Itu Carding dan Bagaimana Cara Mengantisipasinya?
Tip-tip dalam Kredit Mobil
Kartu Kredit BII Maybank
Tip Agar Bebas Bunga Setelah Belanja Pakai Kartu Kredit


Bagikan Ke Teman Anda