Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Macam Usaha Kuliner yang Menguntungkan dan Modal Kecil

Usaha kuliner merupakan usaha yang tidak pernah kehabisan ide untuk membuat terobosan baru dalam menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Usaha ini juga menjadi usaha yang tergolong sangat mudah untuk dilakukan bagi sebagian orang yang memiliki modal kecil.

Ada banyak sekali pilihan untuk menentukan kemana modal kecil ini dapat dimanfaatkan dan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Namun, kunci utama dalam memulai bisnis usaha kuliner, adalah keterampilan dan ketekunan serta kesabaran untuk mengembangkan usaha tersebut.

Usaha Kuliner Menguntungkan Modal Kecil

Jika kamu tertarik untuk memulai usaha di bidang ini, kamu dapat menemukan beberapa ide yang akan dijelaskan dibawah ini. Jadi, baca baik-baik sampai akhir, ya!

1. Warung makan tradisional

Warung makan merupakan ide dasar dalam berbisnis. Jika kamu dapat melihat peluang bisnis, seperti menentukan target dan posisi warung makan yang akan kamu kelola, usaha ini dapat menjanjikan. Misalnya, jika kamu berada dalam lingkup area perkuliahan atau perkantoran, kamu dapat menargetkan customer dari pelajar atau pekerja.

Hal terpenting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah, kualitas makanan seperti rasa dan jenis lauk pauk yang cocok dengan lidah customer. Jika kamu tidak pandai dalam memasak, kamu dapat merekrut seorang juru masak untuk warung makanmu.

Meski membutuhkan waktu lama, jika kamu dapat mempertahankan kualitas makananmu, perlahan tapi pasti bisnis warung makan tradisional ini akan mendapat pelanggan tetap dan terius berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan.

2. Toko kue atau roti

Usaha kuliner kedua yang dapat memberikan keuntungan adalah membuka usaha toko kue atau roti. Kamu dapat memulai bisnis ini dalam dua cara, yaitu dalam skala besar atau skala kecil. Kamu dapat memulai dengan menjual kue atau roti tersebut secara eceran di toko sendiri, atau dengan cara mendistribusikan jualanmu ke beberapa gerai toko kue.

Kue yang dapat dijual pun sangat beragam, mulai dari aneka kue kering seperti biskuit, nastar, atau beberapa kue kering yang disajikan dalam toples. Atau juga kue basah seperti kue tart, brownies, roti atau pie basah.

Jika kamu ingin menjual secara eceran namun belum memiliki gerai toko fisik. Kamu dapat menjualnya terlebih dahulu secara online. Saat ini, ada banyak sekali usaha-usaha toko kue dan roti yang berjualan secara online menjadi laris-manis. Usaha toko kue juga sangat menjanjikan keuntungan jika kamu dapat melakukan perencanaan serta melihat peluang dengan baik.

3. Aneka jus buah

Gerobak-gerobak kecil penjual jus merupakan ide bisnis makanan yang sudah tidak asing lagi. Menjual aneka jus terbilang sangat mudah untuk dimulai. Hanya dengan bermodal buah-buahan segar serta beberapa alat pelengkap lainnya, kamu sudah bisa membuat jus sederhana yang enak dan terjangkau.

Untuk mempertahankan bisnis ini, kamu harus selalu memperhatikan kualitas buah-buahan yang akan menjadi jus merupakan buah-buahan segar. Kualitas buah-buahan tentu menjadi kunci utama untuk mempertahankan kesegaran jus yang kamu jual. Tak hanya itu, penentuan lokasi, juga menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk mengembangkan bisnis kecil ini.

4. Aneka minuman dingin

Minuman dingin seperti teh, milkshake, soda gembira atau minuman-minuman manis lainnya dapat menjadi pilihan untuk memulai usaha kuliner kecil-kecilan. Minuman-minuman seperti ini, menjadi favorit banyak orang. Banyak sekali franchise-franchise yang menjual minuman dingin seperti ini di siang hari.

Apalagi di saat terik matahari menyengat, minuman dingin selalu menjadi pilihan orang-orang untuk sekadar melepas dahaga. Selain menawarkan beraneka ragam minuman, letaknya yang mudah ditemukan di berbagai tempat seperti area sekolah, sepanjang jalan dan taman, menjadikan usaha laku keras.

Usaha ini menargetkan konsumen segala umur, baik anak sekolah maupun pekerja hingga orang tua. Dengan target yang luas ini, dapat memudahkan usahamu laris dan dapat terus bertahan.

5. Kedai kopi

Minuman kopi adalah minuman yang sangat disukai hampir sebagian besar orang Indonesia. Kopi di setiap daerah memiliki berbagai macam cita rasa menjadi ciri khas daerah tersebut.  Banyak angkringan kopi yang tersebar di berbagai daerah, termasuk daerah pelosok sekalipun.

Namun, belakangan ini tengah ramai kedai-kedai kopi kekinian yang sangat diminati oleh berbagai kalangan, apalagi di kalangan generasi muda. Angkringan kopi kekinian mulai banyak ditemukan. Jarang sekali ada kedai kopi yang sepi pelanggan.

Selain menawarkan tempat nongkrong yang nyaman, fasilitas penunjang lainnya tentu menjadi daya tarik tersendiri. Kamu dapat memulai usaha ini dengan membuka sebuah angkringan kecil yang tidak perlu modal besar. Dan tentunya, jangan lupa untuk menentukan lokasi yang strategis.

6. Gorengan

Siapa yang tak menyukai gorengan? Jajanan khas rakyat Indonesia yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari, dan pasti semua orang Indonesia menyukai jajanan yang satu ini. Usaha gorengan juga tak pernah sepi dari konsumen loh.

Target pasarnya pun sangat luas. Artinya, kamu dapat menjual makanan ini untuk semua orang baik anak-anak, kaum muda, bahkan orang tua sekalipun. Kamu juga bisa memulai usaha ini dengan modal yang sangat kecil. Tak jarang saat ini banyak penjual gorengan yang bermula dari reseller. Tentu cara akan sangat menghemat pengeluaran modal, bukan?

Jenis gorengan yang bisa kamu jual tentu sangat banyak, seperti pisang goreng, tempe goreng, tahu bakso, bakwan, cireng, risoles dan lain sebagainya. Jenis-jenis gorengan yang akan kamu jual tidak memerlukan modal yang banyak, namun justru memberikan keuntungan  yang besar.

7. Salad buah

Terbuat dari buah-buah segar dengan yogurt dan mayonaise serta tambahan taburan keju di atasnya, salad buah juga tengah ramai di kalangan masyarakat. Selain menyehatkan, salad buah juga sangat menyegarkan dan memiliki rasa yang enak dan dapat dinikmati semua orang.

Tidak perlu modal besar untuk memulai usaha ini. Kamu juga dapat mengkreasikan saus pelengkap salad, seperti menambah beberapa pilihan rasa atau dapat juga memberikan inovasi dalam tambahan topping. Salad juga menjadi alternatif lain bagi sebagian orang dalam mengkonsumsi buah-buahan. Untuk itu, usaha ini akan terus mengalami perkembangan yang signifikan.

8. Makanan organik

Saat ini, telah banyak orang yang sadar akan hidup sehat dimulai dari mengkonsumsi makanan sehat dan organik. Makanan organik juga menjadi pilihan bagi orang-orang yang sedang menjalankan program diet.

Tentu peluang dalam bisnis ini cukup besar, dan dapat dikerjakan di rumah. Dengan begitu, kamu dapat menekan anggaran modal untuk membuka toko. Kamu hanya perlu memasang iklan di berbagai e-commerce­ memanfaatkan media sosial sebagai sarana penghubung antara penjual dan konsumen.

Tak hanya makanan organik yang siap untuk dikonsumsi, kamu juga dapat menjual makanan organik kemasan yang tentunya ternuat dari bahan-bahan alami pilihan dan aman untuk kesehatan.

9. Aneka keripik

Masyarakat Indonesia, juga identik dengan jajanan keripik, apalagi keripik khas suatu daerah. Jenis usaha ini juga dapat menjanjikan, selain karena tidak membutuhkan modal yang besar, usaha ini juga memiliki banyak peminat.

Bagi kamu yang ingin memulai usaha ini, mungkin kamu dapat melakukan beberapa inovasi dalam usaha ini guna menarik konsumen dan mengubah mereka menjadi pelanggan tetap. Jika tidak ingin menjual secara eceran, kamu dapat menjualnya di berbagai toko atau mini market tanpa harus membuka toko sendiri.

10. Catering

Buat kamu yang memiliki hobi memasak aneka masakan, kamu dapat memanfaatkan hobi ini menjadi bisnis kecil-kecilan loh. Kamu dapat memulainya dengan menerima pesanan pada hari libur untuk sebuah acara-acara kecil.

Semakin banyak pesanan yang kamu terima, tentu semakin banyak tenaga yang dibutuhkan. Kamu dapat merekrut orang-orang yang ahli dalam bidang ini untuk membantu usaha kulinermu. Tak hanya untuk acara saja, kamu juga bisa menjual makanan catering secara perorangan melalui pemasaran online.

11. Makanan siap saji

Makanan siap saji merupakan salah satu usaha bermodal kecil yang sangat menguntungkan dalam industri ini. Selain karena menjual makanan dengan cepat, konsumen juga dapat memilih untuk membawa pulang atau memakan pesanannya di tempat yang sudah disediakan. Kamu dapat membuka usaha ini dalam skala besar atau kecil, tergantung dari seberapa banyak modal yang kamu miliki.

Dalam usaha makanan siap saji, penentuan daftar menu dan harga per item menjadi aspek yang sangat krusial untuk menentukan masa depan usahamu. Untuk itu, berhati-hatilah dalam menentukan menu dan harga pada setiap makanan, ya.

12. Toko makanan bayi

Toko makanan bayi merupakan salah satu pasar global yang menjual aneka kebutuhan asupan bayi. Mulai dari susu bayi, sereal, hingga beberapa makanan lainnya yang dikhususkan untuk seorang bayi. Banyak pelaku pada usaha ini masih bertahan hingga sekarang.

Faktanya, para ibu pasti akan memberikan makanan pada bayi mereka seperti sereal dan susu saat menginjak usia satu tahun. Para ibu juga akan selektif untuk menentukan jenis makanan apa yang baik untuk dikonsumsi bagi sang buah hati.

Jika kamu ingin membuka usaha dibidang ini, pastikan kamu telah memiliki lisensi atau sertifikat yang menjadi latar belakang untuk memproduksi makanan bayi sendiri. Selain itu, penggunaan bahan alami atau organik dapat menjadi nilai plus untuk menjual produkmu.

13. Cat cafe

Bagi sebagian orang pecinta hewan, termasuk kucing, akan menjadi kesenangan tersendiri jika dapat bersantai sambil bermain bersama kucing. Kafe hewan belakangan ini menjadi sangat populer di Asia, dan mulai tersebar di beberapa negara di benua lain.

Bisnis kafe kucing ini sangat membantu sebagian orang dalam mencari tempat bersantai bersama kawan. Karena selain menikmati makanan yang tersedia, pengunjung juga dapat menghabiskan waktu bermain bersama kucing.

Kalau kamu termasuk orang yang tertarik dengan hewan lucu ini, kamu dapat membuka sebuah bisnis kafe kucing kecil-kecilan. Selain, menyediakan rumah untuk kucing, kamu juga dapat berinteraksi dengan konsumen,

14. Food blogger

Bisnis makanan berikutnya yang sangat mudah dan cepat untuk kamu lakukan adalah dengan menjadi food blogger. Food blogger tidak memerlukan biaya yang besar untuk memulai. Kamu cukup membagikan resep-resep temuan atau resep baru yang kamu coba dalam bentuk tulisan atau video.

Kamu dapat membagikan resep-resep masakanmu lewat media sosial. Menjadi food blogger juga tidak membutuhkan berbagai aturan tertentu, karena kamu tidak menjual produk kepada konsumen. Bermodal sebagai food blogger juga dapat mengantarmu pada keuntungan lainnya, seperti mennerbitkan buku resep masakan.

15. Es krim homemade

Usaha es krim buatan sendiri atau homemade merupakan usaha makanan lainnya yang menguntungkan. Kamu tak perlu memiliki toko, melainkan hanya memproduksinya di rumah kemudian menjualnya secara eceran atau bisa juga melalui online e-commerce.

Kamu bisa menciptakan rasa es krim baru sekreatif mungkin, dengan menggunakan bahan-bahan yang berbeda dari yang biasanya. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu membangun relasi dengan banyak orang agar dapat membangun kepercayaan dalam distribusi secara lokal.

Bagaimana, tertarik mencoba salah satunya? Jika sudah memulai berbisnis maka jangan mudah menyerah sebelum sukses. Salam.

Artikel Terkait

Demikianlah macam usaha kuliner yang menguntungkan dan modal kecil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



7 Tip Ide Nama Usaha Kue
Apa Untungnya Jadi Nasabah Prioritas Bank?
Apa itu Price Discrimination (Diskriminasi Harga)
Inilah Kesalahan yang Bisa Mematikan Bisnis Anda
Cara Membuat Contingency Plan
Apa Untung Ruginya Membuat Program Magang bagi Perusahaan Startup?
Cara Menghitung Weighted Average
Apa Untung Rugi Memakai Kartu Kredit? Ini Dia Penjelasannya!
Perbedaan Payment Gateway dengan Payment Processor
Tip Mencari Ide Nama Brand


Bagikan Ke Teman Anda