Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Masih Ragu Menabung di Bank? Simak Manfaatnya Berikut Ini!

#bank #menabung

Anjuran untuk giat menabung sejak dini sudah disampaikan dari jaman nenek moyang kita, dimana mereka menganjurkan kita untuk berhemat dan menabung. Karena seperti kata peribahasa, hemat pangkal kaya. Sekarang ini sudah banyak cara dan tempat untuk menabung, salah satunya dengan menabung di bank. Berikut adalah manfaat yang didapat dengan menyimpan uang Anda di bank:

1. Mudah dan Praktis

Menabung di bank sangat praktis dan mudah untuk dilakukan oleh semua orang, mulai dari pembuatan rekening hingga penyimpanan uang. Untuk membuat sebuah rekening, sudah banyak bank yang bisa memprosesnya hanya dalam waktu kurang lebih satu jam. Anda cukup membawa syarat-syarat pembuatan rekening seperti kartu identitas dan uang sejumlah minimal untuk setoran awal. Setiap bank memiliki kebijakan masing-masing mengenai jumlah minimal setoran ini, namun rata-rata mulai dari Rp 100.000.

Untuk menyimpan uang, Anda bisa melakukannya dengan setor tunai langsung di bank terkait atau bahkan melalui mesin ATM. Sekarang ini memang sudah banyak mesin ATM yang bisa menerima setor tunai, jadi Anda tidak perlu datang ke bank. Mesin ATM sendiri banyak tersebar dan mudah ditemukan di berbagai tempat, mulai dari tempat perbelanjaan, perkantoran, hingga lembaga pendidikan. Jika Anda memiliki rekening khusus untuk tabungan, Anda bisa langsung mentransfer uang tabungan dari rekening utama Anda.

2. Aman dan Terjamin

Manfaat selanjutnya dari menabung di bank adalah terjaminnya keamanan uang yang Anda simpan, baik secara fisik maupun nonfisik. Secara fisik berarti dalam bentuk uang, dimana bank memiliki sistem pengamanan yang kuat dalam menjaga uang yang masuk. Sedangkan secara nonfisik berarti dari segi resiko kehilangan uang, dimana uang Anda tetap aman dan bisa diambil meskipun bank tersebut mengalami kebangkrutan. Hal ini karena bank harus terdaftar dalam Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), yang memungkinkan untuk menanggung uang tabungan nasabah hingga Rp 2 miliar.

Selain aman dari segi penyimpanan uang, menabung di bank juga merupakan bentuk investasi yang aman. Memang hasil investasinya dengan menyimpan uang di bank tidak begitu besar karena didapat dari perhitungan bunga atau bagi hasil. Namun hasil tersebut sebanding juga dengan resiko yang mungkin terjadi, dimana resikonya jauh lebih sedikit dan tentunya lebih terjamin dibanding investasi lain.

3. Mempermudah Bertransaksi

Menabung di bank akan sangat memudahkan Anda dalam bertransaksi dan melakukan kegiatan keuangan secara umum. Anda bisa mengambil uang dari tabungan dengan mudah di ATM yang bisa diakses 24 jam tanpa harus datang ke bank. Anda juga bisa membayar tagihan belanja dengan menggunakan kartu debit atau kredit dari bank, sehingga tidak perlu repot-repot membawa uang cash dalam jumlah besar.

Selain itu, terdapat juga fasilitas internet banking atau mobile banking yang menyesuaikan dengan teknologi terkini. Dengan menggunakan fasilitas tersebut, Anda bisa melakukan transaksi dari ponsel pribadi tanpa harus keluar rumah menuju ATM. Mulai dari berbelanja online, mengirimkan uang kepada anak, membayar tagihan listrik dan telepon, serta berbagai transaksi lainnya.

4. Mendapatkan Berbagai Keuntungan

Seperti yang telah diulas sebelumnya, menabung di bank bisa mendapatkan hasil dari bunga atau bagi hasil yang disepakati. Jumlahnya mungkin memang tidak seberapa jika dilihat dari berapa persentase bunga atau bagi hasil setiap bulannya. Namun jika tabungan Anda besar dan disimpan dalam jangka waktu lama tentu akan mendapatkan hasil yang cukup menguntungkan.

Selain bunga atau bagi hasil, menabung di bank juga memberikan berbagai keuntungan menarik lainnya. Misalnya keuntungan saat berbelanja di merchant yang bekerjasama dengan bank tempat Anda menabung. Anda bisa mendapatkan potongan harga atau poin yang bisa ditukar dengan hadiah jika berbelanja menggunakan kartu debit atau kredit dari bank tersebut. Keuntungan lain yang diberikan oleh bank adalah adanya program hadiah atau undian dalam periode tertentu, dengan grand prize berupa emas batangan, mobil, hingga rumah.

5. Keuangan Lebih Terencana

Dengan menabung di bank, Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih teratur dan terencana. Mulai dari jenis tabungan apa yang akan Anda ambil dengan menyesuaikan kebutuhan dan tujuan menabung. Jika tujuannya untuk keperluan sehari-hari, Anda bisa menggunakan tabungan reguler yang uangnya dapat diambil kapanpun. Sedangkan jika tujuannya adalah rencana keuangan jangka panjang seperti biaya pendidikan anak, Anda bisa menggunakan tabungan deposito yang baru dapat dicairkan setelah sekian tahun.

Selain itu, menabung di bank memungkinkan Anda mengetahui bagaimana keadaan keuangan dari buku tabungan yang diberikan atau laporan saldo yang dapat dilihat di fasilitas internet banking. Dengan begitu, Anda selalu dapat mengontrol dan mengatur kondisi keuangan berdasarkan data yang ada. Anda juga dapat memiliki dana simpanan yang dapat digunakan saat keadaan mendesak, seperti kecelakaan atau musibah yang tak terduga. Jadi, Anda bisa menggunakan tabungan yang dimiliki untuk menghadapi keadaan darurat tanpa harus kelimpungan mencari dana tambahan dan akhirnya berhutang.

Demikianlah beberapa manfaat dari menabung di bank yang dapat Anda rasakan. Menabung menggunakan media apapun memang bagus selama ada tujuan yang jelas dan komitmen yang kuat. Namun tentunya kita juga perlu mempertimbangkan beberapa hal diatas untuk gambaran besar masa depan yang menanti. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang manfaat menabung di bank, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kesalahan, kredit konsumsi, kredit tanpa agunan, menabung, menghitung, orang kaya, Redenominasi, rugi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.