Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mau Berhasil Menabung? Ini Dia Rahasia Cara Menabung yang Benar

#menabung #rahasia

Sebenarnya menabung merupakan hal yang dapat Anda lakukan bila pendapatan Anda lebih banyak dari kebutuhan sehari-hari. Masuk akal, bukan? Namun bukan berarti Anda yang memiliki pemasukan pas-pasan tidak dapat menyisihkan uang.

Berikut kami berikan beberapa rahasia tentang menabung yang perlu Anda ketahui, sekaligus untuk membantu Anda mengatur kondisi finansial:

Menabung di rekening terpisah

Menyisihkan 10-20% dari pemasukan dan menransfernya ke rekening lain merupakan cara yang efektif untuk menabung. Hal ini juga berlaku bila Anda ingin menabung untuk biaya pendidikan anak Anda. Buatlah agar akses pada rekening ini sulit, jangan bawa kartu debitnya agar Anda tidak tergoda untuk menggunakannya.

Alokasikan pemasukan

Selain untuk ditabung, alokasikan uang Anda untuk hal-hal lain seperti investasi, tabungan Pendidikan anak, tabungan pensiun, dan kebutuhan sehari-hari. Bila memungkinkan, lakukan hal ini secara otomatis setiap bulannya saat Anda menerima gaji.

Sama dengan poin pertama, memisahkan alokasi dana ini dalam rekening yang berbeda tentunya akan sangat membantu. Dengan begitu Anda akan menjadi lebih disiplin dalam mengatur keuangan dan hanya menggunakan uang secukupnya sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

Memasak sendiri

Bagi Anda yang kerap membeli makanan Anda dalam kondisi jadi, maka Anda melewatkan kesempatan untuk menabung secara signifikan. Belilah kebutuhan dapur dan memasak Anda dalam satu waktu sekaligus, berbelanja bahan masakan untuk kebutuhan seminggu atau beberapa hari sekali juga dapat menghemat waktu dan biaya.

Bandingkan pengeluaran Anda saat kerap makan di luar dan dengan memasak makanan Anda sendiri. Pasti hasilnya sungguh signifikan.

Tip yang satu ini tidak hanya bermanfaat pada ranah finansial, namun juga kesehatan Anda. Dengan memasak sendiri, Anda tahu betul apa yang Anda makan. Berbeda dengan membeli makanan di restoran atau makanan jadi yang telah melalui pemrosesan. Sulit mengetahui berapa banyak bahan kimia atau bahan pengawet yang ada pada makanan olahan.

Manfaatkan diskon

Berbelanja kebutuhan bulanan dengan memanfaatkan diskon atau voucher tentunya akan sangat membantu Anda untuk menghemat uang. Sering-sering mencari info tentang toko atau supermarket mana yang sedang menawarkan potongan harga.

Memanfaatkan promo belanja dari juga berguna karena seringkali supermarket bekerja sama dengan institusi bank tertentu dan menawarkan diskon dengan menggunakan kartu kredit maupun kredit mereka.

Membeli barang baru dengan uang baru

Anda ingin membeli gawai atau ponsel pintar baru karena tertarik dengan fiturnya meski ponsel yang Anda gunakan saat ini sebenarnya masih dapat berfungsi dengan baik, tidak mengapa. Namun ada baiknya kalau Anda tidak menggunakan uang yang Anda miliki saat ini untuk membeli barang tersebut.

Berfokuslah pada hal yang Anda inginkan sehingga Anda akan mencari atau menyimpan uang lebih banyak dan mengurangi pengeluaran. Jangan mengurangi tabungan untuk membeli barang-barang keinginan Anda secara impulsif.

Siapa tahu setelah uang Anda terkumpul, Anda justru tidak terlalu menginginkan barang itu lagi dan memutuskan untuk tetap menabung uang Anda atau menggunakannya untuk hal lain yang lebih berguna.

Hindari kredit atau cicilan

Ini adalah rahasia utama tentang menabung yang perlu Anda ketahui. Lebih mudah menabung bila Anda tidak mempunyai cicilan apapun. Anda akan terkejut dengan betapa cepatnya uang Anda terkumpul saat pemasukan Anda tidak keluar setiap bulannya untuk membayar cicilan.

Guna menghindarkan Anda dari jebakan kredit yang satu ini, ubah pola pikir Anda. Tanyakan kembali pada diri Anda apakah Anda memang perlu memiliki rumah sendiri? Apakah tidak cukup dengan mengontrak? Perlukah mencicil sebuah mobil? Apa yang salah dengan motor yang Anda miliki kini atau dengan menaiki kendaraan umum?

Menunda memiliki hal-hal tersebut dan menyisihkan uang Anda agar rumah/mobil dapat Anda miliki sebetulnya lebih menguntungkan. Anda tidak harus membayarkan bunga cicilan yang bila ditotal jumlahnya amat signifikan, bukan?

Tinggal di daerah yang murah

Hal ini mungkin terdengar sepele atau justru sulit untuk dilakukan. Namun Anda tidak dapat memungkiri bahwa tinggal di ibukota, misalnya, dengan tinggal di kota kecil yang tidak berpenduduk padat, akan memiliki biaya hidup yang berbeda.

Penyebabnya adalah kota atau daerah kecil biasanya memiliki lahan untuk pertanian atau pertenakan, sehingga biaya distribusi yang dibebankan pada produk pertanian dan peternakan tidak akan sebesar bila dibawa ke kota. Selain biaya logistik, biaya produksinya pun akan lebih murah sehingga harga jual dapat ditekan.

Anda bisa memertimbangkan hal ini bila mendekati masa pensiun nanti. Tinggal di kota kecil pun akan membebaskan Anda dari perilaku konsumtif karena gaya hidup Anda pasti tidak akan sama dengan saat tinggal di kota besar.

Tentunya hal ini akan sekaligus menekan biaya pengeluaran Anda setiap bulannya. Uang yang Anda hemat dapat dialokasikan untuk ditabung atau digunakan sebagai modal investasi untuk mengisi hari-hari pensiun agar tetap aktif.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang mau berhasil menabung? ini dia rahasia cara menabung yang benar, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, investasi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, modus penipuan, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.