Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mau Jadi Penjual Profesional? Berikut Ini Caranya!

Profesi sebagai penjual bukanlah sesuatu yang dapat diremehkan dan dianggap mudah. Perlu adanya keahlian dan kreativitas agar mampu menjual produk yang dimilikinya. Seorang penjual yang baik harus mampu dan mengetahui cara menganalisa apa yang dibutuhkan oleh konsumennya pada saat ini, pemberian service yang paling diminati, dan hal yang paling disukai mereka. Tidak hanya itu, seorang penjual juga harus mengenali wilayahnya secara seksama serta dapat memanfaatkan waktu yang dimiliki secara cermat dan efisien. Berikut ini akan dipaparkan beberapa tips agar menjadi penjual profesional.

1. Menggunakan Sistem Customer Relationship Management (CRM)

Customer Relationship Management (CRM) atau Manajemen Hubungan Pelanggan merupakan strategi penasaran yang diterapkan oleh suatu perusahaan agar para konsumennya tetap membeli produk mereka dengan melakukan segala bentuk interaksi terhadap pelanggannya.

Bentuk interaksi tersebut dapat melalui e-mail, chatting, telepon, masukan di situs dan lain sebagainya. Sistem CRM ini memungkinkan sebuah perusahaan untuk dapat membangun dan mengelola hubungan dengan pelanggannya secara efektif. Tujuan akhir dari sistem ini yaitu tercapainya kepuasan pelanggan dan mampu memaksimalkan profit perusahaan.

2. Menjadi Pendengar yang Baik

Beberapa orang percaya bahwa seorang penjual harus pandai dalam berbicara. Padahal kenyataannya, orang-orang yang memiliki penjualan terbaik adalah seorang pendengar yang baik. Mereka senantiasa mendengarkan apa yang menjadi keluhan ataupun diinginkan oleh pelanggannya. Kemudian mencari solusi terhadap apa yang dikeluhkan oleh pelanggan sehingga tercipta sebuah perbaikan.

Seorang penjual yang baik senantiasa mengajukan berbagai pertanyaan yang tepat kepada calon pelanggan. Hal tersebut akan membuat calon pelanggan menjadi terbuka tentang apa yang mereka inginkan, solusi apa yang mereka yakini akan memperbaiki situasi dan masalah apa yang mereka miliki. Dengan begitu, calon pelanggan akan berpikir bahwa penjual benar-benar peduli terhadap mereka dan tidak hanya menginginkan barangnya terjual.

3. Menunjukkan Sikap Gigih Kepada Pelanggan

Kegigihan merupakan salah satu kunci untuk bisa mendapatkan seorang pelanggan. Ketika untuk pertama kalinya Anda berhubungan dengan calon pelanggan, maka jangan hanya berhenti sampai disitu dan cobalah terus mendorong mereka agar mau membeli produk yang Anda jual. Senantiasa menghubungi klien akan menunjukkan kegigihan yang Anda miliki. Selain itu, sikap penuh pemikiran dan konsisten dalam segala tindakan merupakan kunci agar transaksi yang Anda lakukan dapat berhasil.

4. Melakukan Adaptasi Dengan Baik

Penjual yang baik harus mampu beradaptasi dengan para calon pelanggannya. Anda harus bisa menyesuaikan percakapan dengan lawan bicara untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Oleh karena itu, Anda harus lebih dahulu mengenali lawan bicara yang akan dihadapi sebelum memulai percakapan dengan mereka. Pintar dalam membaca situasi dan karakter seseorang merupakan kunci agar dapat berdaptasi dengan baik.

5. Bersikap Jujur

Salah satu elemen penting dari penjualan suatu produk adalah kepercayaan. Kepercayaan dari calon pelanggan tidak akan tumbuh tanpa adanya kejujuran dari seorang penjual. Katakan yang sebenarnya mengenai nilai positif dan negatif yang ada pada produk Anda dan jangan pernah menutupi kedua hal tersebut. Buatlah calon pelanggan merasa nyaman dengan sikap jujur yang Anda miliki.

Masalah harga memang sangat penting bagi calon pelanggan. Namun ukuran mengenai seberapa baik produk atau layanan yang diberikan kepada calon pelanggan memiliki nilai tersendiri yang jauh lebih penting dibandingkan masalah harga.

6. Memberikan Kesan Positif Kapada Pelanggan

Ketika Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan maka harus bisa memberikan suatu kesan positif kepada mereka. Pada kesempatan tersebut Anda harus memberikan presentasi mengenai poduk dengan baik sehingga meninggalkan kesan tersendiri kepada mereka dan mudah untuk diingat. Lakukan interaksi dengan baik kepada calon pelanggan pada kesempatan tersebut dan atasi penolakan yang mereka lakukan dengan baik.

7. Bersikap Baik dan Ramah Kepada Pelanggan

Setiap manusia tentu akan senang mendapatkan perlakuan baik dan ramah dari siapapun. Salah satu kunci untuk menjadi penjual yang profesional yaitu bersikap baik dan ramah kepada calon pelanggan. Apabila Anda bersikap ramah kepada calon pelanggan, maka mereka akan menilai bahwa Anda memiliki kepribadian yang baik dan santun. Hal tersebut tentu akan menumbuhkan rasa kepercayaan dalam diri calon pelanggan dan mereka bisa lebih terbuka lagi kepada Anda.

8. Bersikap Tulus Ingin Membantu Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Salah satu karakteristik penjual yang profesional yaitu memiliki sifat empati. Seorang penjual yang baik akan menunjukkan sikap minat dan ketulusan untuk membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya. Anda harus bisa menempatkan diri sebagai seorang pelanggan agar mampu bersikap empati terhadap mereka.

Demikianlah pemaparan mengenai cara agar bisa menjadi penjual yang profesional. Ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang penjual untuk dapat menarik minat dari calon pelanggannya. Pada dasarnya, kunci utama untuk menjadi seorang penjual yang sukses terletak pada kepribadian penjual itu sendiri sehingga mampu menumbuhkan kesan dan kepercayaan dari calon pelanggan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara menjadi penjual profesional, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Trik Psikologi yang Digunakan Supermarket untuk Menarik Pelanggan
Tip Sukses Membuat ‘Garage Sale’ Sendiri
Menjadi Penjual yang Baik Itu Mudah, Ikuti Hal-hal Berikut Ini
Tip Menjual Mobil Agar Cepat Laku
7 Hal Penting untuk Diketahui oleh Penjual yang Profesional
Mau Menjadi Salesman yang Bagus? Begini Tips Suksesnya!
Ingin Laku, Ini Trik Penjual Mobil dalam Menjual
Untuk Sales, Ini Tips Mengatasi Penolakan
Trik Menjual Mobil untuk Sales Mobil
Tip untuk Seorang Sales? Simak Masukan Berikut


Bagikan Ke Teman Anda