Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mau Menjadi Salesman yang Bagus? Begini Tips Suksesnya!

Tidak sedikit orang yang memandang sebelah mata terhadap pekerjaan ini. Padahal menjadi salesman bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh seorang salesman.

Oleh karena itu, tidak semua orang mampu menjadi seorang salesman. Dibutuhkan suatu teknik dan keterampilan khusus untuk menjadi seorang salesman sehingga calon konsumen mau membeli apa yang Anda tawarkan. Berikut ini akan dipaparkan beberapa tips untuk menjadi salesman yang bagus.

1. Menjadi Pendengar yang Baik

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang salesman adalah menjadi pendengar yang baik. Sebagai seorang salesman, Anda harus mendengarkan dan mencatat apa yang menjadi kebutuhan konsumen atau apa yang sedang mereka cari. Tidak jarang penjualan dapat berakhir sukses setelah salesman mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumennya.

2. Membangun Koneksi dengan Pelanggan

Cobalah untuk membangun koneksi dengan pelanggan sebelum Anda mendemontrasikan produka kepada pelanggan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara dan salah satunya yaitu dengan mengajukan pertanyaan sederhana mengenai daerah asal mereka, aktivitas keseharian, dan lain sebagainya. Apabila hubungan antara Anda dan pelanggan telah berhasil terbentuk serta terjalin dengan baik, maka akan lebih mudah untuk mendemonstrasikan produk dan meyakinkan mereka untuk membelinya.

3. Perhatikan Nada Suara Saat Berbicara

Pilihan kata, nada suara dan kecepatan dalam berbicara dapat mempengaruhi bagaimana sebuah kalimat ditafsirkan oleh pelanggan. Oleh sebab itu, seorang penjual yang baik harus memperhatikan intonasi ketika berbicara dan jagan sampai pelanggan salah menafsirkan atau tidak memahami terhadap apa yang Anda bicarakan. Buatlah komunikasi yang efektif dengan pelanggan agar dapat membangun kesan terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda harus mampu dalam membuat mereka merasa nyaman dan tetaplah bersikap formal ketika melakukan pendekatan terhadap pelanggan.

4. Perhatikan Bahasa Tubuh

Keterampilan komunikasi dalam penjualan tidak hanya terdiri dari komunikasi verbal yang Anda buat tetapi juga terdapat komunikasi non verbal yang tergambar melalui bahasa tubuh. Apabila Anda mendekati pelanggan dengan senyuman dan penuh rasa percaya diri, maka ada peluang bahwa pelanggan akan tertarik untuk mendengarkan Anda. Namun jika Anda menampilkan sesuatu yang tampak membosankan, maka mereka mungkin akan menolak untuk berbicara dengan Anda.

5. Mencari Peluang

Seorang salesman yang handal tentu akan mengetahui bahwa sebuah peluang dapat ditemukan di luar sumber prospek biasa dan akan selalu mencarinya dimanapun mereka berada. Mereka sangat memahami bahwa mengandalkan metode biasa dalam mencari calon pelanggan akan menghasilkan sesuatu yang biasa pula. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mencari peluang dan tidak hanya terfokus pada satu metode.

6. Fokus Hanya Pada Hal Penting

Tenaga penjual terbaik hanya melakukan sesuatu yang akan membawa mereka menjadi lebih dekat dengan apa yang dituju. Mereka tidak akan membuang-buang waktu dengan prospek yang tidak memenuhi syarat dan tidak melakukan penundaan dalam melakukan sesuatu. Tetap fokus dan tidak menghabiskan waktu dengan sesuatu yang tidak bermanfaat merupakan salah satu kunci kesuksesan untuk menjadi seorang salesman.

7. Menetapkan Target dan Tujuan Harian

Setiap orang yang berkecimpung dalam dunia pemasaran tentu memiliki sasaan bulanan yang harus dicapai. Namun seorang tenaga penjual akan menjadikan target tersebut dalam bentuk harian atau bahkan per jam. Hal ini akan menyederhanakan tujuan dan membuat pencapaian yang lebih besar.

8. Terus Bergerak Maju

Suatu keberhasilan kecil tidak akan membuat salesman terbaik merasa puas dan hanya berhenti sampai disitu. Salesman yang kompeten akan selalu melangkah maju tanpa mempedulikan apapun yang terjadi. Mereka akan tetap fokus dan konsisten untuk mencapai target atau tujuan.

9. Belajar Dari Kesalahan

Sebagai seorang manusia tentu Anda tidak akan pernah luput dari kesalahan. Namun hal yang terpenting dari itu semua yaitu bangaimana cara menyikapi suatu kesalahan. Menjadikan sebuah kesalahan sebagai pelajaran dan pengalaman yang berharga merupakan ciri orang sukses. Seorang salesman terbaik tidak akan pernah membuat kesalahan yang sama hingga dua kali.

10. Fokus Pada Satu Pelanggan di Satu Waktu

Tetap fokus pada satu orang yang diajak bicara akan membuat pelanggan merasa mendapatkan perhatian mutlak yang tidak terbagi. Salesman yang baik tidak akan terburu-buru keluar untuk menerima telepon dari pelanggan yang lain atau beralih ke kesepakatn berikutnya hingga orang yang ada dihadapannya merasa tidak dipedulikan.

Itulah tadi pemaparan mengenai beberapa tips untuk menjadi salesman yang bagus. Ada beberapa tips yang dapat Anda praktikan dalam menjual suatu produk. Berusaha untuk meyakinkan pelanggan dan membuatnya merasa nyaman merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam melakukan penjualan. Apabila kedua hal tersebut telah terlaksana dan Anda berhasil menarik hati pelanggan, maka ada kemungkinan bahwa pelanggan akan berminat untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip sukses menjadi salesman yang bagus, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



7 Hal Penting untuk Diketahui oleh Penjual yang Profesional
Mau Jadi Penjual Profesional? Berikut Ini Caranya!
Tip untuk Seorang Sales? Simak Masukan Berikut
Untuk Sales, Ini Tips Mengatasi Penolakan
Ingin Laku, Ini Trik Penjual Mobil dalam Menjual
Menjadi Penjual yang Baik Itu Mudah, Ikuti Hal-hal Berikut Ini
Kebiasaan-kebiasaan Ini Tanpa Disadari Termasuk Pemborosan
Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Krisis Ekonomi
Ada Apa dengan Krisis Ekonomi di Turki?
Tips Penting Menjalankan Bisnis untuk Pebisnis Baru


Bagikan Ke Teman Anda