Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Memahami Istilah Slang & Idiom dalam Bitcoin dan Cryptocurrency

Sudah lebih dari 11 tahun sejak pertama kali Bitcoin diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto, yang identitasnya belum diketahui secara jelas oleh publik. Bitcoin adalah mata uang dalam perangkat lunak yang diatur dalam sistem yang terbuka. Harga Bitcoin memang naik turun, sama seperti nilai mata uang lainya. Tetapi jangan bandingkan dengan uang sebuah negara, sebab satu bidcoin pernah mencapai harga hingga 122 juta rupiah.

Tidak heran kalau Bitcoin sampai viral dan banyak orang berbondong-bondong berinvestasi di mata uang yang satu ini. Bagi anda yang baru melirik Bitcoin atau cryptocurrency lainya sebagai instrument investasi, mungkin anda harus memahami beberapa istilah berikut ini terlebih dahulu agar tidak kebingungan nantinya.

  1. FOMO

Takut ketinggalan atau Fear of Missing Out yang biasa disingkat menjadi FOMO merupakan istilah yang bagi orang-orang yang takut harga Bitcoin segera melambung tinggi sehingga memutuskan untuk segera membelinya. FOMO sering terjadi kepada para trader Bitcoin karena mereka lebih melibatkan emosi dibandingkan penilaian statistik.

  1. Mooning atau To The Moon

Bagi anda yang sudah terjun ke dunia Bitcoin, pasti istilah pertama yang anda dengar adalah mooning atau to the moon. Seperti artinya “menuju bulan”, istilah ini menandakan kalau bitcoin sedang dalam tren yang positif hingga harganya terus melonjak naik.

  1. HODL

Ada dua versi untuk istilah HODL, satu mengatakan kalau HODL merupakan typo dari HOLD sedangkan versi yang lain mengatakan kalau HODL adalah singkatan dari Hold On for Dear Life.

Dua versi tersebut memiliki inti yang sama, yaitu menahan Bitcoin untuk waktu yang lama. Biasanya investor yang akan melakukan investasi dalam jangka waktu panjang akan melakukan HODL.

  1. FUD

FUD merupakan singkatan dari tiga suku kata, yaitu Fear, Uncertainty, dan Doubt. Artinya adalah ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan. Ketiga hal tersebut adalah faktor psikologi dari trader dalam instrument apapun, tak terkecuali Bitcoin. FUD juga mewakilkan berita-berita negatif yang tersebar di internet tentang Bitcoin.

  1. ATH

Singkatan dari All Time High yang menandakan kalau mata uang ini telah mencapai nilai tertingginya. Istilah ini mulai digunakan saat Bitcoin setara dengan 20.000 dolar pada tahun 2017. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi dari Bitcoin sampai saat ini.

  1. Pump & Dump

Istilah Pump & Dump digunakan ketika siklus dari Bitcoin yang terus naik dan akhirnya turun secara signifikan. Naik dan turunnya Bitcoin yang cukup jauh disebabkan oleh permainan dari orang yang memiliki modal yang cukup besar, biasa juga disebut sebagai bandar.

Saat bandar membeli Bitcoin dengan nilai yang besar, harganya akan naik. Kemungkinan orang-orang akan FOMO sehingga membeli Bitcoin. Karena banyak yang membeli, harganya akan semakin naik lagi atau mulai Pump. Saat harganya sudah mencapai puncak tertinggi, bandar akan menjual Bitcoin mereka hingga akhirnya harga kembali turun atau mulai Dump.

  1. Whale

Whale atau Paus adalah istilah yang ditujukan kepada orang yang memiliki modal yang besar. Dalam instrument investasi yang lain, istilah ini dinamakan bandar. Mereka jugalah yang memiliki peluang untuk mengatur pergerakan harga Bitcoin.

  1. Bag Holder

Istilah Bag Holder sering digunakan untuk orang yang sudah melewatkan kesempatan terbaik untuk menjual Bitcoin di harga tertinggi. Mereka salah langkah dalam menjual saat harga sudah turun jauh dan akhirnya mengalami FOMO.

  1. Shill

Shill sering digunakan oleh para Whale karena shill berarti memberikan berita yang positif di media sosial hingga membuat para trader membeli Bitcoin. Hal ini dilakukan dengan harapan agar harga Bitcoin segera naik. Saat harganya sudah naik, mereka biasanya malah menjual Bitcoin tersebut.

  1. Lending Rate

Bitcoin memiliki satu fitur yang memungkinkan anda untuk meminjamkan Bitcoin kepada orang lain melalui rekening peminjaman. Fitur tersebut bernama Lending Rate. Peminjaman seperti ini juga dapat meningkatkan fluktuasi harga Bitcoin.

  1. Borrowing Rate

Seperti fitur yang sudah dijelaskan sebelumnya, borrowing rate adalah istilah ketika anda membuka pinjaman pada posisi tertentu. Ketika anda meminjam Bitcoin pada nilai 100, maka saat Bitcoin mencapai nilai segitu barulah anda mendapatkan pinjaman tersebut.

  1. Altcoin

Dalam dunia mata uang digital, Bitcoin bukanlah satu-satunya mata uang yang beredar. Masih banyak lagi mata uang lain, seperti Monero, Ethereum, Dash, dan Ripple. Semuanya disebut sebagai Altcoin.

Kesimpulannya, Altcoin adalah sebuah mata uang digital selain Bitcoin yang beredar dan dapat diperdagangkan. Namun, biasanya Bitcoin tetap jadi pemicu utama naik atau turunnya harga dari Altcoin

  1. Market Cap

Istilah ini pasti sering didengar oleh orang yang sudah berkecimpung dalam dunia saham. Market cap memang istilah yang diambil dari dunia pasar saham.

Dalam investasi saham, market cap berarti nilai saham perusahaan yang sedar beredar. Dengan arti yang sama, market cap menjelaskan pergerakan mata uang digital dalam istilah kriptocurrency.

  1. ICO

ICO adalah Initial Coin Offering yang sama dengan IPO dalam dunia pasar saham. IPO adalah penawaran perdana sebuah perusahaan dalam pasar saham, sedangkan ICO adalah penawaran mata uang digital.

  1. DDoS

DDoS adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan server yang sibuk melayani pergerakan saham atau sedang terkena serangan hacker. DDoS atau Distributed Denial of Service sering dianggap sebagai serangan karena trader tidak akan bisa menjual atau membeli.

  1. Fiat

Bitcoin dan Altcoin merupakan mata uang yang belum disahkan oleh pemerintah. Trader Bitcoin memiliki istilah sendiri untuk uang konvensional yang sudah diresmikan oleh pemerintahan, yaitu Fiat.

  1. BTFD

BTFD adalah istilah yang digunakan untuk membeli Bitcoin saat harganya sudah turun sangat jauh.

  1. Lambo

Lambo adalah singkatan dari Lamborghini, sebuah mobil dari Italia. Lambo juga berarti seseorang yang mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari penjualan Bitcoin.

  1. Nocoiner

Para trader Bitcoin memiliki sebuah komunitas dan mereka menjuluki orang yang bukan traser Bitcoin dengan sebutan nocoiner.

  1. Choyna

Choyna adalah sebuah kata pengganti untuk negara China. Negara tersebut memang sangat berpengaruh dalam pergerakan harga Bitcoin.

  1. Ashdraked

Istilah ini terdengar sangat sadis karena Ashdraked berarti kondisi ketika anda kehilangan semua uang anda.

Anda harus mulai terbiasa dengan istilah-istilah di atas. Anda dapat menemukan istilah di atas dan pelajaran penuh tentang Bitcoin di media sosial. Istilah di atas juga kebanyakan diciptakan dari orang-orang yang sering berbagi di media sosial.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang istilah slang & idiom dalam bitcoin dan cryptocurrency, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu ICO (Initial Coin Offering)?
Apa itu Mata Uang Cryptocurrency?
Apa Itu Mining Bitcoin? What?
Inilah 10 Cryptocurrency Terpopuler Saat Ini
Untung Rugi Investasi Bitcoin
Apa Itu Mata Uang Libra Facebook?
Bagaimana Masa Depan Cryptocurrency?
Masa Depan Bitcoin: Akankah Menjadi Mata Uang Digital Tunggal?
Ingin Investasi Bitcoin? Perhatikan Dahulu Hal-Hal Berikut Ini!
Apa itu Bitcoin? Ini Dia Sejarah Criptocurrency Bitcoin


Bagikan Ke Teman Anda