Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Memangkas Pengeluaran atau Meningkatkan Pendapatan?

Di saat memangkas pengeluaran selalu digaungkan dalam setiap pembahasan finansial, muncul kontra opini yang mungkin tidak banyak dipikirkan: meningkatkan pendapatan. Jika kamu tidak bisa memangkas pengeluaran, maka kamu harus meningkatkan pendapatan. Namun sebenarnya mana yang lebih baik? Memangkas pengeluaran atau meningkatkan pendapatan?

Keduanya pasti memiliki pro dan kontranya masing-masing. Dalam artikel ini akan dibahas tentang aspek-aspek umum yang berkaitan dengan kedua hal tersebut. Apakah kamu lebih berpihak pada yang pertama atau kedua, tentu masing-masing orang punya pendapatnya. Melalui poin-poin penting di bawah ini kamu akan lebih mengerti tentang apa yang sebaiknya kamu lakukan.

Hidup di Bawah Standar

Ketika seseorang memiliki pendapatan tinggi, entah disadari atau tidak standar kehidupannya pun akan naik. Padahal semua miliarder dan orang-orang terkaya di dunia selalu hidup di bawah standar kekayaan yang mereka miliki.

Tengok saja Bill Gates yang memakai jam tangan Casio seharga USD 10 saja. Padahal dengan uang yang ia miliki, Gates bisa membeli Rolex seharga miliaran rupiah. Ada juga Mark Zuckerberg yang sering terlihat mengenakan kaos berwarna sama di berbagai kesempatan. Kon Zuck memang tidak suka menghabiskan waktu hanya untuk mematut diri di depan cermin.

Inilah yang harus kamu tiru dari mereka. Uang dan waktu yang mereka miliki digunakan untuk hal-hal lain yang lebih penting dan memastikan bahwa uang yang kamu miliki jatuh ke lubang yang tepat. Saat pendapatanmu naik, gunakan kelebihan uang yang kamu punya untuk investasi agar kekayaanmu semakin berlipat ganda.

Membuat Anggaran Bulanan dengan Teliti

Membuat anggaran bulanan dan mencatat pengeluaran adalah kebiasaaan penting yang harus terus kamu lakukan, baik saat kamu punya banyak uang atau tidak. Ketika uangmu menipis, kamu tinggal melihat kembali catatan yang sudah kamu buat dan kamu akan tahu kemana saja larinya uangmu.

Hidup hemat dan menghabiskan uang dengan teliti hanya untuk hal-hal yang kamu butuhkan adalah kunci untuk meraih kebebasan finansial yang sesungguhnya. Sayangnya banyak orang yang tidak mencatat pengeluaran mereka hanya karena mereka tidak pernah kehabisan uang.

Cari Sumber Pendapatan Lain

Memiliki lebih dari satu sumber pendapatan adalah hal yang sangat baik. Jadi saat kamu kehilangan satu sumber pendapatan, kamu bisa menjalankan hidup dari pekerjaan sampingan. Semakin banyak sumbernya, maka semakin banyak pula uang yang kamu dapatkan. Bahkan tidak jarang pekerjaan sampingan mendatangkan uang yang lebih banyak dibandingkan pekerjaan utama.

Beberapa alternatif pekerjaan sampingan yang populer antara lain menjadi ojek online, berjualan barang secara online, hingga memanfaatkan hobi dan keahlianmu seperti menjadi MC atau penyanyi di acara-acara resmi. Meningkatkan pendapatan akan mengantarkan kamu lebih cepat menuju tujuan finansial jika kamu bisa mengelolanya dengan baik.

Melunasi Hutang

Rasanya mustahil manusia bisa bertahan hidup tanpa hutang. Jika kamu punya cicilan rumah, mobil, atau kartu kredit, maka kamu disebut punya hutang. Hutang adalah kewajiban yang harus kamu penuhi.

Di saat kamu mulai memangkas pengeluaran dan hidup berhemat, kamu harus memprioritaskan pelunasan hutang-hutang. Hitung jumlah hutang yang kamu miliki lalu teliti hutang mana yang bunganya paling besar dan memberatkan kamu. Lunasi hutang yang kamu sanggup membayar terlebih dahulu. Sekecil apapun hutang yang kamu miliki, berkurangnya satu hutang akan sangat meringankan bagi hidup dan kondisi finansialmu.

Setelah kamu berhasil terbebas dari jeratan hutang, maka langkah yang bisa kamu ambil berikutnya adalah mulai melipatgandakan kekayaan dengan mulai berinvestasi.

Mulai Investasi

Setiap orang pasti punya tujuan dan keinginan untuk menjadi kaya. Menabung, menabung, dan menabung tanpa henti tidak akan membuatmu cepat kaya. Cobalah untuk menginvestasikan uangmu.

Jika kamu masih awam dalam dunia investasi, kamu bisa mempelajarinya pelan-pelan sembari melunasi hutang-hutangmu. Ada ratusan jenis investasi dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing yang bisa kamu pilih. Tidak ada jenis investasi yang paling benar, karena setiap orang memiliki pertimbangan masing-masing.

Misalnya temanmu sukses dalam berinvestasi saham dan kamu langsung mengikutinya tanpa mempelajari seluk beluk saham terlebih dahulu. Karena berangkat dari ketidaktahuan, akhirnya investasimu tidak berhasil.

Itulah mengapa kamu harus mempelajari berbagai macam jenis investasi. Investasi adalah wajib hukumnya, namun jalur apa yang kamu pilih dan kamu sukai tidak bisa ditentukan oleh orang lain. Pahami juga bahwa tidak ada investasi yang tidak beresiko. Semakin besar resiko sebuah investasi, maka semakin besar pula keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Investasi adalah perpaduan antara intuisi, ilmu, dan keberanianmu untuk mengambil resiko. Jadi jangan pernah gegabah mengambil resiko untuk menginvestasikan uang yang kamu miliki.

Mana yang Lebih Baik?

Meningkatnya pendapatan bukan berarti kamu bisa mencapai tujuan finansialmu. Banyak orang yang punya penghasilan besar namun tetap gagal meraih kebebasan finansial karena mereka tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.

Pada intinya, meningkatkan pendapatan memang perlu kamu lakukan. Namun bukan berarti kamu tidak perlu berhemat dan memangkas pengeluaran. Dalam skala waktu tertentu, tinjau kembali daftar pengeluaran kamu dan coret mana yang tidak kamu perlukan. Naiknya pendapatan bukan berarti standar kehidupan kamu juga ikut naik.

Pertimbangkan juga tujuan finansial seperti apa yang ingin kamu capai. Misalnya dana darurat yang ingin dikumpulkan, biaya liburan, investasi, hingga bekal untuk pensiun. Dengan mempertimbangkan semua hal ini, kamu akan tahu mana yang harus kamu lakukan.

Jika kamu ikut meningkatkan standar kehidupan hanya karena pendapatan naik, maka kamu akan terjebak dalam lubang yang sama dan akan terus merasa kekurangan uang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang memangkas pengeluaran dan meningkatkan pendapatan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Mengatur Keuangan Saat Dimensia Datang
Keuntungan Orang Hidup “Living Below Your Means”
Tip Finansial untuk Kelas Menengah
Inilah Cara-cara Membuang Duit Secara Percuma
Cara Mencari Uang Jajan Tambahan untuk Anak Sekolah
Apa Itu Personal Financial Planner? Apa Kerjanya?
Cara Melunasi Utang dengan Cepat
Kamu Tidak Akan Bisa Kaya Jika Melakukan 7 Hal Ini
10 Aturan Emas dalam Mengelola Keuangan
Tips Mandiri untuk Kamu yang Masih Nebeng Orang Tua


Bagikan Ke Teman Anda