Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Membuat Rencana Keuangan Liburan Bersama dalam Group

Mengisi liburan bersama dengan keluarga dan teman-teman tentu akan terasa lebih menyenangkan dibandingkan berlibur sendirian. Selain lebih seru, liburan bersama juga memudahkan kita untuk lebih menghemat anggaran karena biaya ditanggung bersama-sama.

Meskipun lebih hemat, tapi tidak mudah untuk menyusun rencana keuangan liburan ramai-ramai seperti ini. Akan ada lebih banyak hal yang harus dipersiapkan dibandingkan berlibur sendirian.

Tip Mengatur Keuangan Liburan Bersama

Bagi kamu yang ingin membuat rencana keuangan liburan dalam sebuah grup atau bersama-sama, berikut beberapa cara yang dapat kamu coba:

  1. Perhatikan pendapatan setiap orang

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membuat rencana keuangan liburan bersama adalah pendapatan setiap orang. Ingatlah bahwa tidak semua pendapatan mereka yang bergabung dalam liburan itu sama besarnya. Pastikan bahwa liburan tersebut tidak membuat keuangan salah satu anggotanya menjadi amburadul setelah liburan.

Mintalah biaya maksimum yang dapat mereka keluarkan untuk berlibur, kemudian tentukan lokasi tujuan wisata yang akan dikunjungi sesuai dengan dana yang disanggupi dan mulailah menghitung biaya yang diperlukan.

  1. Pilih hari keberangkatan

Jika kamu ingin berlibur bersama dengan keluarga atau teman-teman, maka hal berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah hari keberangkatan. Hari keberangkatan sangat menentukan seberapa besar budget yang akan kamu perlukan selama liburan karena salah satu pos terbesar dalam liburan adalah biaya transportasi.

Jika kamu memilih berlibur di musim liburan, maka biasanya terdapat banyak promo menarik dari tempat wisata. Kamu dapat menghemat hingga separuh dari biaya yang seharusnya, apalagi jika kamu datang dengan jumlah orang yang banyak.

Namun di sisi lain, musim liburan justru merupakan musim dimana harga tiket transportasi, terutama pesawat terbang melonjak naik. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya gunakan promo yang biasanya tersedia bagi pemegang kartu kredit. Beberapa aplikasi penyedia jasa transportasi juga banyak menawarkan promo yang dapat kamu manfaatkan.

  1. Pilih tempat menginap

Jumlah orang yang akan mengikuti liburan sangat menentukan penginapan apa yang akan digunakan nantinya. Bagi kamu yang ingin mendapatkan penginapan murah, hostel adalah salah satu pilihan yang tepat. Kamu bisa memesan sebuah kamar untuk 4 hingga 7 orang. Jika kamu memiliki budget lebih, kamu juga bisa memesan beberapa kamar dalam satu lantai.

Namun jika jumlah rombongan liburan lebih dari 10 orang, ada baiknya jika kamu memesan villa atau homestay. Selain lebih nyaman, harga yang ditawarkan tentu juga akan lebih murah dibandingkan hotel atau hostel. Kamu dan rombongan juga dapat mengadakan acara barbeque di malam hari sambil menikmati pemandangan alam dan udara malam yang sejuk.

Selain itu, pilihlah tempat menginap yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan lokasi wisata yang akan dikunjungi. Hal ini akan berpengaruh pada biaya transportasi. Jika tempat menginap sangat dekat dengan lokasi wisata, maka kamu cukup berjalan kaki saja tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Tapi jika lokasi agak jauh, kamu dapat menggunakan transportasi umum untuk mencapai lokasi wisata. Semakin dekat lokasi wisata dari tempat menginap, maka akan semakin murah pula biaya transportasi umum.

  1. Pikirkan kebutuhan makan

Selain tempat menginap, kebutuhan makan juga harus dipersiapkan. Jika kamu tidak ingin repot dalam mengurus makanan, apalagi dengan jumlah rombongan yang cukup banyak, maka sebaiknya kamu memesan makanan untuk tiga kali makan di tempat kamu menginap. Biasanya tempat penginapan akan memberikan promo atau potongan harga bagi pemesanan dalam jumlah banyak.

Namun jika kamu ingin merasakan makan di luar yang lebih terasa sensasi liburannya, maka kamu harus menyiapkan daftar tempat makan terlebih dahulu. Buatlah rute perjalanan yang akan dilalui, kemudian barulah kamu dapat menentukan dimana rombongan akan berhenti dan makan bersama.

Jika memungkinkan, simpan nomor restoran atau tempat makan yang akan kamu singgahi sehingga kamu dapat melakukan pemesanan sekitar satu hari sebelumnya. Dengan begini, semua orang akan mendapatkan makan tanpa terkecuali dan juga tidak perlu menunggu terlalu lama ketika memesan makanan. Cara ini memang tampak lebih hemat dibandingkan memesan makanan di hotel, namun kamu juga harus siap untuk lebih repot.

  1. Buat rute perjalanan

Jangan melakukan perjalanan wisata, terutama dengan jumlah orang yang banyak tanpa memiliki daftar kunjungan wisata. Selain tujuan lebih mudah ditentukan, berlibur dengan menggunakan rute perjalanan akan membuat biaya menjadi lebih murah.

Usahakan untuk membuat rute perjalanan dalam satu garis lurus sehingga biaya transportasi untuk mencapai lokasi tersebut tidak terlalu besar. Jika lokasi tujuan tidak terarah, biaya transportasi akan membengkak. . Kamu dapat menggunakan bantuan internet untuk menemukan berbagai macam tempat wisata yang akan dikunjungi nantinya.

Jika kamu ingin melakukan perjalanan liburan yang super hemat, jangan lupa untuk memasukkan lokasi wisata yang murah bahkan gratis. Ada banyak tempat wisata gratis untuk dinikmati, misalnya museum atau pantai. Bukan hanya tanpa biaya masuk, kamu juga akan mendapatkan suguhan pengalaman wisata yang menyenangkan.

  1. Gunakan bus

Salah satu transportasi yang murah dan menjadi pilihan banyak turis adalah bus. Gunakan transportasi umum seperti bus ketika melakukan liburan. Jika jumlah rombongan cukup banyak, kamu dapat menyewa bus untuk memberikan layanan wisata. Bus di berbagai kota biasanya lebih mengerti kemana mereka akan membawa para pelancong, meskipun bukan travel agent.

Beberapa perusahaan transportasi umum juga memberikan potongan harga bagi pemegang kartu kredit.  Ada juga kartu khusus bagi para pelancong yang disediakan di bandara yang dapat digunakan untuk melakukan perjalanan murah dengan menggunakan kartu tersebut.

Jika kamu ingin berkeliling Eropa, kamu juga dapat memanfaatkan Flixbus yang merupakan bus murah yang menawarkan perjalanan berkeliling di 6 negara Eropa, yakni Paris, Milan, Vienna, Prague, Berlin, dan Amsterdam. Jika biaya  bus untuk berkeliling di 5 negara ini biasanya menghabiskan 200 Euro, maka dengan Flixbus, kamu hanya perlu membayar 99 Euro per orangnya.

  1. Siapkan dana darurat

Selain mempersiapkan keuangan untuk berangkat dan pulang dari liburan, jangan lupa pula untuk menyiapkan dana darurat. Dana darurat biasanya bernilai sekitar 20-30% dari total dana yang akan digunakan selama liburan.

Bagi sebagian besar orang tidak terlalu memperdulikan dana darurat dikarenakan perencanaan liburan yang seadanya saja, padahal sangat penting memiliki dana darurat.

Dana darurat dapat digunakan ketika tiba-tiba nilai tukar uang menjadi sangat tinggi sehingga berbagai macam biaya seperti penginapan, transportasi, makan, dan lainnya yang sudah direncanakan sebelumnya pun ikut meningkat. Dana darurat juga digunakan untuk mencegah terjadinya pengeluaran yang tiba-tiba akibat musibah kecelakaan atau lainnya.

  1. Saling berbagi

Tak hanya berbagi kebahagiaan selama liburan, namun juga biaya yang tidak terduga. Misalnya jika terjadi sebuah masalah di tengah perjalanan seperti kerusakan pada transportasi yang digunakan, maka hendaknya setiap anggota memberikan sumbangannya masing-masing untuk mengatasi masalah tersebut, meskipun pemilik alat transportasi itu merupakan salah satu anggota yang ikut berlibur.

Maka dari itu, sangat penting untuk menyepakati setiap keputusan yang diambil sebelum liburan tiba. Jangan sampai ada anggota yang justru mengalami kesulitan dimana yang lain sedang menikmati kebahagiaan.

  1. Satukan semua pendapat

Sama seperti menentukan untuk pergi berlibur bersama-sama, maka setiap keputusan yang ada harus dibicarakan bersama pula. Mintalah semua pendapat dari setiap orang yang akan ikut serta dalam liburan. Diskusikan bersama mengenai tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi.

Minta pula keinginan setiap orang mengenai menu makanan yang akan dinikmati kemudian putuskan pesanan sesuai dengan kesepakatan. Begitu pula dengan masalah transportasi dan lain-lain.

Jangan pernah mengambil keputusan sendiri karena dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dalam liburan. Diskusikanlah semuanya meskipun pada awalnya setiap orang memiliki pendapat yang berbeda. Jika sudah didapatkan kesepakatan, maka siapa pun yang terikat dengan kesepakatan tersebut tidak boleh menolaknya.

  1. Kumpulkan dana

Jika rencana keuangan telah cukup matang, maka mulailah pengumpulan dana liburan tersebut. Hindari melakukan pengutipan dana liburan ketika liburan telah dimulai. Pastikan dana terkumpul setidaknya 2 minggu sebelum liburan dimulai.

Dengan semakin cepatnya dana terkumpul, maka semakin mudah pula untuk melakukan berbagai macam reservasi yang dibutuhkan.  Selain itu, pengumpulan dana sejak jauh hari juga mencegah terjadinya kemacetan pembayaran salah satu anggota yang dapat mengakibatkan masalah lain selama liburan.

Pilih satu orang yang dapat dipercaya untuk mengumpulkan dana dan segera lakukan pembayaran atas reservasi yang diperlukan begitu dana terkumpul agar tidak ada lagi dana yang terendap.

  1. Rencanakan biaya souvenir

Tahukah kamu bahwa biaya souvenir atau oleh-oleh adalah salah satu pos yang paling besar nominalnya pada kebanyakan liburan? Hal ini dikarenakan banyak orang yang tidak memasukkan rencana pembelian souvenir ke dalam rencana keuangan liburannya. Padahal pos inilah yang sering kebocoran dana.

Meskipun setiap keinginan orang yang ada dalam group liburan berbeda-beda, namun tetapkanlah batas maksimal dari biaya souvenir untuk setiap orang. Tapi setiap orang juga dibebaskan untuk membeli oleh-oleh sebanyak yang ia inginkan selama tidak mengganggu biaya wisata lainnya.

Namun pastikan souvenir atau oleh-oleh yang akan dibeli nanti tidak melebihi kapasitas bagasi yang telah dipesan sebelumnya. Bagi anggota yang kelebihan bagasi, maka ia wajib membayarnya sendiri.

  1. Bawa barang secukupnya

Pastikan setiap anggota mengetahui seberapa banyak barang yang dapat mereka bawa selama berlibur. Barang bawaan yang berlebihan dapat mengakibatkan kelebihan bagasi yang tidak dapat ter-cover dari anggaran . Selain menyebabkan over budget, barang bawaan yang berlebihan juga akan merepotkan.

  1. Bawa bekal

Untuk menghemat biaya selama perjalanan liburan, bawalah bekal air minum dan cemilan. Dengan begini, kamu tidak akan tergoda untuk mengeluarkan uang lebih banyak jika perut berbunyi di saat sedang menikmati keindahan lokasi wisata. Jangan sepelekan hal kecil seperti ini karena jika kamu jeli, kamu dapat menghemat hingga 100 ribu rupiah setiap harinya jika melakukan hal ini. Bayangkan saja jika kamu melakukan perjalanan wisata 3 hingga 5 hari, tentu akan lebih banyak lagi yang dapat kamu hemat.

  1. Membantu yang lain

Berlibur bersama berarti menikmati kebahagiaan bersama. Jika terdapat salah satu anggota group yang mengalami kesulitan dalam biaya liburan, maka tidak ada salahnya kekurangan tersebut dibantu oleh anggota lainnya. Bukankah inti dari liburan bersama adalah berbagi kebahagiaan bersama?

  1. Taat anggaran

Jika anggaran keuangan liburan telah disepakati bersama, maka hal penting selanjutnya adalah setiap anggota yang ikut wajib mentaati rencana yang telah dibuat. Dengan menaati rencana keuangan tersebut, liburan akan lancar dan jauh dari masalah.

Itulah cara membuat rencana keuangan liburan beramai-ramai. Meskipun pembuatan rencana keuangan tampak sangat merepotkan, namun jika liburan sukses, semua kepenatan pun akan terbayar lunas bukan? Jadi cobalah.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang membuat rencana keuangan liburan bersama dalam group, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Trik Menghemat Uang Saat Traveling
Ini Dia Tips Cara Menghemat Ongkos Traveling
Dasar-dasar Pengelolaan Finansial Pribadi
Bagaimana Mendapat Pelayanan Lebih di Hotel
Nasehat Bijak tentang Keuangan dari Orang Tua
Cara Membuat Travel Budget
10 Kesalahan saat Liburan ke Luar Negeri
Bahasa Lokal yang Sebaiknya Dipelajari Ketika Travelling
Apa itu Traveloka PayLater (Pinjaman dari Traveloka)?
Bagaimana Menghasilkan Uang Tambahan saat Traveling/Liburan


Bagikan Ke Teman Anda