Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Memulai Usaha Digital Printing

Menjadi seorang entrepreneur dan membuka usaha sendiri adalah pekerjaan yang banyak diminati oleh kaum millennials. Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu membaca tulisan yang tepat. Artikel ini akan membahas seluk beluk dunia digital printing, salah satu bidang usaha yang sangat menjanjikan saat ini.

Apa itu Digital Printing?

Sebelum membuka usaha digital printing, tentu harus paham dulu tentang definisi digital printing. Digital printing dapat diartikan sebagai teknik percetakan gambar atau teks berbasis digital. Berkas berupa gambar atau teks tersebut dapat dicetak dengan cepat dan muda menggunakan berbagai media.

Digital printing adalah inovasi baru di bidang percetakan yang sukses menggantikan metode percetakan secara konvensional. Dengan digital printing, proses percetakan menjadi lebih efisien karena dapat digunakan untuk mengerjakan cetak skala besar.

  • Kelebihan Digital Printing
  1. Waktu produksi lebih singkat dan efisien.
  2. Hasil cetak bisa langsung dilihat.
  3. Lebih banyak menggunakan mesin, sehingga membutuhkan sedikit pekerja.
  4. Operasional mesin sederhana, mudah dipelajari oleh pemula dalam bisnis ini.
  5. Dapat mencetak satuan, tidak harus mencetak dalam partai besar.

Ide Niche Digital Printing

Setelah memahami konsep umum dari digital printing, sekarang kenali beberapa ide niche yang bisa dipakai untuk bisnis digital printing yang akan dijalankan.

  • Sablon Kaos

Bisnis sablon kaos tidak akan pernah surut, karena pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Membuka usaha sablon kaos online tidak memerlukan modal yang besar. Kini banyak perusahaan yang menjual kaos sablon dengan desain premium, namun harganya terjangkau.

  • Percetakan Mug

Mug dengan motif kata-kata kini sedang digemari di masyarakat. Usaha percetakan mug bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, karena mug juga banyak dijadikan souvenir untuk pernikahan. Jika pesanan datang dalam jumlah besar, maka keuntungan yang diperoleh juga semakin besar.

  • Percetakan Kartu

Meski kini dunia sudah serba digital, keberadaan kartu nama secara fisik masih banyak digunakan. Setiap perusahaan memiliki desain kartu nama khas masing-masing untuk menonjolkan brand mereka. Permintaan kartu nama sangat tinggi, sehingga bisnis ini memiliki prospek yang positif.

  • Papan Nama dan Banner

Meski zaman sudah canggih dan hampir semua hal didigitalisasi, nyatanya tidak mampu menggeser papan nama dan banner sebagai saran promosi yang penting. Pemerintah, perusahaan, bahkan UKM membutuhkan keberadaan papan nama dan banner untuk meningkatkan awareness terhadap usaha mereka. Manfaatkan ini sebagai lading bisnis yang menjanjikan.

  • Label dan Stiker

Hampir semua produk membutuhkan label dan stiker. Usaha digital printing yang memberikan layanan percetakan kedua produk ini dijamin untung besar. Pemesanan label dan stiker tidak mungkin dalam jumlah kecil. Kalau digunakan untuk usaha, pasti mereka akan memesan dalam partai besar. Selalu cari tahu model dan desain stiker terbaru akan pelanggan merasa puas dengan hasil kerja usahamu.

  • Brosur dan Flyer

Banyak pihak memang telah mengganti brosur dan flyer dengan promosi via media sosial karena cara yang terakhir ini dianggap lebih efisien dan murah. Namun bukan berarti brosur dan flyer kehilangan perannya di dunia pemasaran ya. Banyak perusahaan yang masih memerlukan kedua hal ini untuk membantu promosi produk mereka, salah satunya adalah bank. Kamu pasti masih sering menjumpai berbagai macam brosur yang ada di bank untuk memberikan sosialisasi tentang produk mereka pada nasabah.

Target Pasar

Saat membuka sebuah usaha, mengetahui target pasar akan sangat membantu dalam menyusun strategi pemasaran dan produk yang akan dijual. Berikut pangsa pasar yang menjanjikan untuk bisnis digital printing.

  • Retailer

Retailer adalah pangsa yang sangat menjanjikan bagi pengusaha digital printing yang masih pemula. Yang dimaksud dengan retailer adalah sales yang menerima pesanan dari perusahaan dalam partai besar, namun mereka tidak punya alat untuk mencetak.

Melayani klien retailer sangat menguntungkan karena mereka akan melakukan pembayaran secara tunai dan langsung. Tentu akan sangat menguntungkan untuk membantu cash flow perusahaan pemula.

Retailer dapat menjadi titik awal untuk menjaring konsumen yang lebih besar lagi.

  • Perusahaan

Perusahaan bisa menjadi klien yang sangat menjanjikan untuk pelaku usaha digital printing. Pemesanan yang mereka lakukan pasti dalam partai besar, sehingga keuntungan yang didapat pun bisa semakin besar. Perusahaan yang membutuhkan jasa percetakan dalam jumlah besar adalah bank, fashion, kosmetik, properti, transportasi, rokok, makanan dan minuman, dan masih banyak lagi.

Namun pelaku usaha harus aktif menjemput bola, alias datang ke perusahaan tersebut dan menawarkan jasa. Tentu akan membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit jika menggunakan metode pemasaran semacam ini. Namun jika perusahaan berminat menggunakan jasa yang ditawarkan, bahkan mau menjadi langganan, semua usaha yang dilakukan pasti terbayarkan.

  • Pemerintah

Digital printing dapat menjadi sarana cetak media iklan atau promosi bagi banyak pihak, termasuk pemerintah. Baik pemerintah maupun pemerintah daerah sama-sama membutuhkan digital printing untuk berbagai keperluan mereka. Misalnya saat penyelenggaraan Pemilu.

Pemerintah harus mengadakan sosialisasi melalui banner, spanduk, baliho, hingga billboard. Lembaga pemerintahan bisa menjadi mangsa empuk bagi usaha digital printing. Namun sama seperti perusahaan, pelaku usaha harus aktif mendatangi lembaga terkait dan melobi mereka untuk mau menggunakan jasa digital printing tersebut.tersebut.

Tidak hanya saat Pemilu, pemerintah punya sederet kegiatan yang akan membutuhkan digital printing  seperti penyuluhan program baru ke masyarakat, ucapan selamat di hari-hari besar seperti Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru, serta masih banyak lagi.

Peralatan yang Dibutuhkan

Yang namanya usaha digital printing, tentu peralatan yang dibutuhkan tidak jauh-jauh dari alat percetakan. Alat-alat apa saja yang dibutuhkan saat memulai sebuah usaha digital printing?

  • Mesin Printer

Mesin printer tentu menjadi peralatan utama yang dibutuhkan seorang pengusaha percetakan. Jenis printer yang digunakan tentu berbeda, tergantung hasil yang diinginkan dan bidang usaha. Misalnya untuk mencetak papan vinyl dibutuhkan printer inkjet; menyablon kaos membutuhkan screen printer; mencetak kartu nama membutuhkan printer laser, sedangkan untuk mencetak dokumen dalam jumlah besar yang dibutuhkan adalah offset printing.

  • Komputer

Untuk menghasilkan desain yang bagus, tentu usaha digital printing harus punya komputer yang memadai. Komputer yang digunakan untuk keperluan desain biasanya membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi dengan prosesor yang dapat bekerja cepat. Pastikan komputer yang digunakan juga dapat menjalankan aplikasi desain apapun yang dibutuhkan untuk membuat desain.

  • Software Design

Jika mesin printer yang dibutuhkan tergantung niche usaha digital printing, maka software design yang dibutuhkan pun juga demikian. Ada ribuan software yang bisa digunakan untuk membuat design, di antaranya adalah CorelDraw dan Adobe Photoshop.

Entah itu program yang sederhana atau rumit, semua tergantung desain yang ingin dihasilkan. Misalnya untuk menciptakan desain 3D tentu dibutuhkan software yang terbaru dan lebih rumit penggunaannya.

  • Alat Pemotong

Bisnis digital printing membutuhkan alat pemotong yang bagus agar hasil yang dicapai bisa semakin maksimal. Ada alat pemotong hidrolik yang digunakan untuk memotong hasil cetakan kertas, cocok untuk digital printing yang bergerak di bidang percetakan kartu nama atau undangan.

Yang kedua adalah mesin pemotong vinyl yang dapat digunakan untuk memotong huruf atau gambar dari permukaan vinyl yang lengket.

  • Mesin Jilid

Jika bisnis digital printing melayani cetak dokumen seperti booklet atau majalah, mesin jilid sangat dibutuhkan. Pilih jenis mesin jilid yang paling tepat untuk bidang usaha yang berkaitan.

  • Cadangan Bahan

Apapun jenis digital printing yang dijalankan, memiliki cadangan bahan sangat wajib hukumnya. Pastikan ada inventaris yang cukup baik itu papan vinyl, kertas, dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Metode Pemasaran

Kesuksesan sebuah bisnis sangat ditentukan oleh metode pemasaran yang digunakan. Di zaman yang sudah canggih seperti ini, digital marketing tentu lebih banyak digunakan. Berikut adalah beberapa ide pemasaran yang bisa digunakan untuk usaha digital printing.

  • Katalog Online via Mail Postcard

Untuk menjalankan digital marketing, buatlah alamat web khusus untuk usahamu. Kemudian lakukan pemasaran dengan cara menawarkan katalog online pada pelanggan. Saat mereka memasukkan alamat e-mail mereka, berikan penawaran untuk newsletter terbaru. Dengan demikian kamu akan dapat menjangkau target pasar secara langsung dan lebih dekat.

  • Media Sosial

Tidak dapat dipungkiri, media sosial memiliki peranan yang besar dalam dunia pemasaran digital saat ini. Bisnis apapun yang dijalankan bisa dipasarkan melalui media sosial. Manfaatkan jalur ini sebaik mungkin dengan membuka akun media sosial sendiri.

Lakukan iklan berbayar, bekerja sama dengan public figure, klien, dan siapa saja yang pernah menggunakan jasamu untuk mendukung WOM (word of mouth) agar semakin banyak orang yang tahu. Aktif mengunggah gambar di media sosial, terus menerus melakukan promosi, dan iklan berbayar adalah perpaduan cara pemasaran yang pas untuk menunjang bisnis agar semakin maju.

Tip Mengembangkan Bisnis

Dunia bisnis bergerak dengan sangat cepat. Setiap hari akan muncul tren dan pesaing baru, sehingga pelaku usaha harus terus bergerak mengikuti perubahan tersebut. Bisnis harus terus dikembangkan agar terus maju dan dapat bersaing di pasar. Inilah beberapa prinsip dasar yang penting dalam mengembangkan sebuah bisnis.

  • Membangun Jaringan

Memiliki jaringan yang luas tentu memang bisa membantu mengembangkan dan membangun bisnis menjadi lebih maju. Persaingan di dunia percetakan sangatlah ketat, sehingga usahamu harus benar-benar lebih menonjol dibanding yang lainnya. Libatkan usahamu dalam sponsorship sebuah event agar lebih banyak orang tahu akan keberadaannya.

  • Hubungan Baik dengan Konsumen

Dalam sebuah bisnis, konsumen adalah bagian terpenting yang tidak bisa dianggap remeh. Tanpa keberadaan konsumen, bisnis sudah pasti tidak dapat berjalan. Tujuan utama sebuah bisnis haruslah untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan demikian konsumen akan selalu kembali dan mau menggunakan jasanya.

  • Pemasaran Lewat Media Sosial

Di era digital seperti sekarang, media sosial adalah alat yang canggih untuk melakukan promosi. Maksimalkan penggunaan Facebook dan Instagram untuk membangun reputasi bisnismu. Buatlah akun bisnis yang berisi konten-konten yang menonjolkan kelebihan bisnismu. Dengan cara ini, konsumen akan selalu tahu perkembangan terbaru tentang apa yang ditawarkan oleh bisnismu.

  • Mengadakan Promosi

Salah satu cara menarik banyak pelanggan adalah dengan mengadakan promosi. Jika dirasa merugikan, ganti model promosi setiap waktu. Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan konsumen. Tapi jangan terlalu sering mengadakan promosi karena konsumen akan beranggapan bahwa bisnismu sedang sepi pelanggan.

  • Nilai Lebih

Untuk bisa bersaing dan menonjol di antara perusahaan serupa, kamu harus bisa menentukan apa yang menjadi nilai lebih dari bisnismu. Apakah itu kelebihan yang kamu tawarkan kepada konsumen atau nilai internal yang tidak dimiliki oleh usaha lainnya. Meski setiap usaha memang memiliki kelemahan, ubahlah semua itu menjadi kekuatan.

Selalu kembangkan bisnis dengan melakukan riset pasar, membangun kepercayaan konsumen (termasuk berkata tidak jika kamu tidak bisa memenuhi tuntutan mereka), dan selalu mendengarkan setiap keluh kesah konsumen.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang memulai usaha digital printing, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



5 Cara Memulai Bisnis Cleaning Service
Cara Membuat Contingency Plan
Ide Bisnis Menjelang Natal
Peluang Bisnis: Martha Tilaar Spa Franchise
Apa itu Perdagangan Opsi Biner?
Empat Tahap Pertumbuhan Bisnis
Inilah 4 Kekuatan Bisnis Orang Yahudi yang Perlu Anda Tahu
5 Efek Booking Lewat AirBnB terhadap Bisnis Travel
Mau Memulai Usaha? Hindari Kesalahan Entrepreneur Ini!
5 Alasan Mengapa Bisnisman Tidak Naik Pesawat Kelas Ekonomi


Bagikan Ke Teman Anda