Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mencari Uang Tambahan bagi Penulis Freelance

Menjadi penulis freelance adalah pekerjaan yang banyak dilakukan saat ini. Tidak perlu memiliki kemampuan menulis yang tinggi, asalkan Anda bisa merangkai beberapa kata dan menjadikannya menjadi kalimat yang nyaman untuk dibaca, maka Anda bisa bekerja sebagai penulis freelance. Namun Anda tentu saja tidak boleh menggantungkan penghasilan ada satu jenis pekerjaan ini saja.

Karena Anda bekerja sebagai freelance, itu artinya tidak ada jaminan pekerjaan bagi Anda. Klien Anda bisa memutus kerjasama kapan saja tanpa resiko. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mencari uang tambahan sebagai penulis freelance. Meski gaji yang Anda terima saat ini lebih dari cukup, tetap saja resiko yang harus ditanggung ketika klien Anda memutus kerjasama secara tiba-tiba masih sangat besar.

Di samping menulis, banyak pekerjaan sebagai freelancer yang bisa Anda lakukan, Bahkan beberapa di antaranya bisa menghasilkan uang sama dengan atau lebih besar daripada pekerjaan Anda sebagai penulis freelance.

  • Memiliki pekerjaan tetap

Bekerja sebagai penulis freelance, akan lebih baik jika Anda memiliki pekerjaan tetap yang menggaji Anda dengan pasti setiap bulan. Dengan demikian, kondisi perekonomian Anda setidaknya memiliki jaminan. Menulis freelance bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menyalurkan hobi Anda.

Pekerjaan tetap biasanya sangat membosankan dan seringkali tidak sesuai dengan minat dan ketertarikan Anda. Oleh karena itu, banyak orang mengambil pekerjaan sebagai penulis freelance sekedar untuk menyalukan minat dan hobi, namun tetap mendapatkan uang. Pekerjaan sampingan akan sangat berguna bagi Anda jika suatu saat nanti Anda harus kehilangan pekerjaan.

  • Menjadi tutor atau guru les

Gunakan keahlian yang Anda miliki dengan membuka jasa tutor atau guru les untuk anak-anak SD. Pelajaran mereka biasanya masih sekedar pengetahuan dasar yang bisa dipelajari dengan mudah. Semakin banyak murid yang Anda miliki, maka semakin besar pula uang yang Anda dapatkan.

Anda bisa menawarkan jasa les privat dengan mendatangi anak-anak tersebut ke rumah mereka dan menyesuaikan dengan jadwal belajar mereka. Atau Anda juga bisa membuka tempat les kecil-kecilan di tempat tinggal Anda. Jika Anda bisa membantu meningkatkan prestasi belajar anak-anak didik Anda, orang tua mereka tidak segan untuk membayar Anda dalam jumlah lebih besar.

Mulailah dengan menyebarkan brosur atau dengan melakukan promosi di media online. Mendapatkan murid les tidak sesulit yang Anda bayangkan. Banyak orang tua rela mengeluarkan uang demi kemajuan pendidikan anak mereka di sekolah.

  • Membuka bisnis online

Jika Anda adalah penulis freelance yang tidak punya pekerjaan tetap, Anda harus memiliki sumber pendapatan lain. Mustahil bagi Anda untuk mencukupi semua kebutuhan Anda – apalagi jika Anda sudah berkeluarga – hanya dengan menggantungkan uang dari pekerjaan lepas Anda saja.

Mulailah untuk membuka bisnis secara online. Anda bisa menjual apa saja yang Anda mau. Misalnya jika Anda suka berdandan, Anda bisa menjual make up secara online atau jika Anda hobi mengoleksi miniature mobil-mobilan (diecast), Anda bisa menjual barang tersebut. Semakin dalam pengetahuan Anda tentang barang yang Anda jual, semakin besar peluang Anda untuk menarik pembeli dan mendapatkan banyak uang.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari berjualan online. Hanya hanya perlu smartphone dan koneksi internet sebagai modalnya. Tanpa prelu repot-repot bertawar harga dengan pembeli, Anda bisa memberikan harga baku yang pasti dibayar oleh pembeli Anda.

  • Menyediakan jasa terjemahan

Apabila Anda adalah penulis freelance yang punya kemampuan berbahasa Inggris, jangan sekedar bekerja sebagai penulis bahasa Inggris saja. Bukalah jasa terjemahan kecil-kecilan untuk mendapatkan uang tambahan.

Banyak orang membutuhkan jasa terjemahan setiap harinya. Misalnya saja mahasiswa atau bahkan para pekerja yang harus memahami dokumen tertentu. Ambil jenis terjemahan yang ringan dan tidak beresiko. Pasang tarif yang sesuai untuk hasil terjemahan setiap lembarnya. Promosikan jasa terjemahan Anda di berbagai platform media sosial yang Anda miliki. Bekerja dari rumah dan menghasilkan uang cukup mudah bukan?

  • Bekerja sebagai asisten virtual

Banyak perusahaan yang memilih untuk mempekerjakan asisten virtual dengan alasna menghemat biaya, Ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus buat Anda yang bekerja sebagai penulis freelance. Pastikan Anda bisa mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang sama dan mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat.

Hal-hal yang harus Anda tangani biasanya adalah kebutuhan dasar kantor seperti membalas surel, menyusun agenda dan jadwal, memasukkan data, dan mengurus akun media sosial. Semua pekerjaan tersebut dilakukan secara online, di mana saja, dan kapan saja. Anda juga tidak perlu bertemu dengan bos Anda namun tetap menerima gaji setiap kali pekerjaan Anda selesai.

Temukan lowongan pekerjaan sebagai asisten virtual di berbagai website freelancer yang ada.

  • Membuat kerajinan tangan

Anda termasuk orang yang kreatif dan berbakat? Manfaatkan kreativitas Anda dengan membuat dna menjual kerajinan tangan Anda sendiri. Buatlah barang baru yang unik dan dapat menarik perhatian para pembeli.

Jual kerajinan tangan yang Anda buat secara online. Menjual produk-produk unik kerajinan tangan bisa menjadi sumber pendapatan sampingan yang menjanjikan jika produk yang Anda jual adalah jenis produk yang selalu dibutuhkan oleh semua orang.

  • Menjadi penjaga bayi atau hewan

Tawarkan jasa sebagai penjaga bayi atau hewan agar Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain menjadi penulis freelance. Tetangga dekat Anda yang harus bekerja dan memiliki anak bayi tentu membutuhkan seseorang untuk menjaga mereka. Jika Anda tidak punya pekerjaan lain, tawarkan diri Anda untuk menjaga bayi mereka selama bekerja.

Pekerjaan sebagai penjaga hewan juga bisa Anda lakukan saat tetangga atau kerabat pergi berlibur dan tidak ada yang memberi makan hewan mereka.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang mencari uang tambahan bagi penulis freelance, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Membuat Budget Anggaran Keluarga
Ngontrak Rumah dan Punya Banyak Uang atau Beli Rumah tapi Tak Punya Uang, Mana yang Lebih Baik?
Apa itu Pinjam.co.id?
Kalau Mau Jadi Milyader, Harus Mulai dari Mana?
Antara Cinta atau Uang: Penting Mana?
Cara Orang Kaya Tetap Kaya
Apa itu Tabungan Jenius? Review Tabungan Jenius
7 Alasan Mengapa Menunda Tidak Baik bagi Keuangan
Tip Mengelola Keuangan untuk Single Parent
Apakah Keuangan Anda Sudah Siap saat Keadaan Darurat?


Bagikan Ke Teman Anda