Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mencari Uang Tambahan di Desa

Hidup di desa mungkin bagi sebagian orang terasa berat. Penghasilan yang kecil, sedang harga bahan pokok terus naik, membuat sebagian orang desa banyak mengeluh.

Lapangan pekerjaan yang terbatas, membuat orang desa banyak pindah ke kota yang lebih menjanjikan.

Kalau kita jeli, sebenarnya banyak sumber-sumber uang tambahan yang bisa dicari dalam waktu senggang. Orang desa, misal petani yang sedang menunggu musim panen, atau anak sekolah, dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan di bawah ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Trembesi / Munggur

1. Mencari Biji Munggur (Trembesi / Punggur / Ki Hujan / Kayu Ambon)

Pohon munggur banyak tumbuh secara liar di desa. Bila sudah tua pohonnya bisa sebesar satu dekapan tangan orang dewasa.

Di kota, pohon munggur dijadikan pohon perindang kota. Pohon ini cepat besar sehingga, banyak ditanam di pinggir-pinggir jalan kota sebagai penyejuk.

Selain sebagai pohon perindang, biji munggur juga digunakan sebagai makanan alternatif seperti tempe munggur dan kwaci munggur.

Saat musim berbuah, pohon munggur yang besar bisa menghasilkan ribuan biji. Di desa, buah munggur ini jarang yang mengumpulkannya. Buah yang berserakan ini dibiarkan tumbuh menjadi pohon munggur liar baru.

Padahal kalau kita rajin mengumpulkannya, 1 kg biji trembesi liar bisa dijual Rp 50.000,-. Apalagi kalau rajin menyortir-nya, memilih biji-biji yang kualitas unggul, 1 kg bisa dijual di atas Rp 100.000,-.

Pohon Johar (wikipedia.org)

2. Mencari Biji Pohon Johar (Juar)

Sama seperti pohon munggur, pohon johar banyak tumbuh liar di desa. Sekali berbuah, pohon johar bisa mengeluarkan ribuan biji.

Pohon johar ditanam biasanya untuk diambil kayunya. Kayu johar termasuk tanaman keras sehingga kadang disebut jati wesi.

Selain diambil kayunya, pohon johar juga dijadikan tanaman peneduh jalan, tanaman sela penahan angin di perkebunan-perkebunan.

Daun johar juga digunakan sebagai obat herbal. Walaupun diperlukan penelitian lebih lanjut, ada hubungan positif antara minum air rebusan daun johar dengan berkurangnya kerusakan hati.

Kalau kita rajin mengumpulkan biji johar, 1 kg biji johar liar bisa dijual Rp 200.000,-. Apalagi bila telah disortir berdasar kualitasnya, kita bisa jual 1 kg biji johar seharga Rp 400.000,- sampai Rp 500.000,-.

Untuk daun johar kita bisa jual seharga RP 50.000,- per kgnya.

Sirsak (wikipedia.org)

3. Mencari Daun Sirsak

Pohon sirsak memang jarang tumbuh liar. Biasanya pohon ini ditanam oleh penduduk desa untuk diambil buahnya.

Selain buahnya, daun sirsak juga berharga. Daun-daun kering pohon sirsak biasanya berserakan begitu saja di bawah pohon. Tidak banyak orang tahu bahwa daun sirsak bisa digunakan untuk obat herbal untuk menekan pertumbuhan sel-sel kanker.

Nah kalau kita jeli, kita bisa mengambil daun-daun kering itu dan menjualnya. Daun-daun kering tersebut bisa kita jual seharga Rp 20.000,- sampai Rp 50.000,- per 1 kg-nya.

Harga daun bisa mencapai Rp 100.000,- per kg-nya bila daunnya berkualitas tinggi, misal daunnya lebar, di ambil dari pohon langsung, dll.

Kelor / Moringa

4. Menanam Pohon Kelor

Pohon kelor banyak dijumpai di desa-desa. Menanamnya juga gampang bisa dari biji atau dari stek pohon.

Pohon kelor ada yang tumbuh liar, tetapi tidak banyak. Sehingga mencari pohon kelor yang liar mungkin lumayan susah. Jadi menanam pohon kelor adalah solusinya.

Pohon kelor adalah superfood yang banyak gizi, biasanya diambil daunnya untuk disayur. Selain untuk sayur, daunnya juga dijadikan obat herbal.

Harga daun kelor kering bisa mencapai RP 50.000,- per kg. Biji pohon kelor 1 bijinya bisa dijual 300-500 perak.

Pohon Jati

5. Mencari Biji Pohon Jati

Pohon jati banyak tumbuh di desa. Pohon jati jarang tumbuh liar di desa, kebanyakan ditanam untuk diambil kayunya.

Setiap tahun, biasanya pada musim kemarau pohon jati akan merontokkan daunnya, dan berbuah. Setelah berbuah, buahnya akan berjatuhan di sekitarnya.

Buah pohon jati ini biasanya dibiarkan saja di tanah. Sebagian besar buah pohon jati akan mati karena kering, dan sebagian lagi yang beruntung akan tumbuh menjadi tanaman baru.

Padahal kalau kita jeli, kita bisa mengumpulkan biji-biji tersebut dan dijual ke tempat-tempat pembibitan pohon jati.

Biji pohon jati kualitas biasa saja mungkin bisa anda jual seharga Rp 50.000,- per kg. Untuk kualitas unggul bisa dijual di atas Rp 100.000,- per kg.

Buah Pinus

6. Mencari Buah Pinus / Cemara (Bunga Pinus)

Pohon pinus banyak ditemui di dataran tinggi. Selain digunakan untuk diambil kayunya, pohon pinus dijadikan penghijauan di lereng-lereng dataran tinggi.

Buah pinus ini biasanya tersebar di tanah, dan tidak ada manfaatnya. Nah bila kita jeli, ternyata bunga pinus ini bisa dijual.

Penggunaan buah pinus biasanya digunakan untuk pembibitan pohon pinus baru. Namun ada pula pembeli yang menggunakan buah pinus untuk hiasan-hiasan di rumah.

Bila kita rajin mengumpulkan buah pinus ini, kita bisa menjualnya 500-1000 perak per buah keringnya. Nah lumayan kan kalau bisa mengumpulkan banyak buah pinus.

Pohon Kapuk

7. Mencari Biji Pohon Kapuk Randu

Kapuk randu tumbuh liar di desa. Jaman dulu mungkin pohon kapuk randu ditanam oleh penduduk untuk diambil kapuknya sebagai bahan kasur. Namun jaman sekarang sudah jarang kasur dengan isian kapuk randu.

Karena sudah jarang dimanfaatkan, pohon ini banyak tumbuh liar di desa. Namun bila kita jeli ada peluang dari biji dan daunnya.

Daun pohon kapuk randu ada yang menggunakannya sebagai obat herbal. Daun kapuk randu segar bisa dijual 100-200 perak per helainya.

Sedang bijinya biasanya digunakan untuk pembibitan pohon-pohon baru. Pohon-pohon baru ini nantinya akan digunakan untuk penghijauan di kota. Sekilo biji pohon kapuk randu bisa laku Rp 100.000,-.

Pohon Ketapang

8. Mencari Daun & Buah Ketapang

Pohon ketapang biasanya banyak tumbuh liar di desa. Biasanya kalau berbuah bisa ratusan buah satu pohonnya.

Buahnya biasanya dipakai untuk pembibitan tanaman peneduh di kota. Buahnya kalau bisa dihargai 100-200 perak per bijinya.

Daunnya biasanya banyak berserakan di tanah. Jarang ada orang desa yang memanfaatkannya. Ternyata daun ketapang bisa digunakan untuk obat herbal ikan di akuarium, khususnya ikan cupang.

Daun ketapang kering alami bisa dijual 100-200 perak per lembarnya. Bila dikeringkan dari daun yang hijau, per lembarnya bisa mencapai 500 perak.

Daun ketapang kering alami yang jatuh dari pohon biasanya gampang pecah dan rusak. Sedang daun ketapang yang dikeringkan secara diangin-anginkan tidak gampang pecah.

Benalu (wikimedia.org)

9. Mencari Daun Benalu

Sekilas tanaman benalu ini tidak ada manfaatnya. Kita hanya tahu pohon benalu hanya numpang makan di pohon induknya.

Ternyata daun benalu bisa dijadikan teh herbal yang banyak manfaatnya. Namun hanya pohon benalu yang tumbuh di pohon buah-buahan yang banyak dicari, misal benalu jeruk, benalu pohon mangga, benalu pohon jambu, dll.

Daun benalu fresh, bisa dijual Rp 50.000,- sampai Rp 100.000,- per kilonya.

Tapak Dara

10. Menanam Pohon Tapak Dara

Pohon tapak dara (vinca rosea) biasanya dijadikan tanaman hias. Bunganya yang warna-warni bisa mempercantik rumah.

Menurut penelitian, daun tapak dara dapat menekan pertumbuhan sel-sel kanker. Di dalam daun tapak dara terdapat zat aktif yang dapat membunuh sel kanker.

Untuk sekarang, tidak banyak yang tahu manfaat daun tapak dara. Untuk saat ini daun tapak kering dihargai Rp 50.000,- per kg.

Namun bila daun tapak dara ini meledak di pasaran, harganya bisa lebih dari itu.

11. Menanam Tanaman Pembunuh Sel Kanker Lainnya

Selain tanaman telapak dara, terdapat tanaman lainnya yang mampu melawan sel kanker. Tanaman tersebut antara lain:

  • Taxol (Taxus sp)
  • Lempuyang Wangi (Zingiber zerumbet)
  • Temu Kunci (Boesenbergia pandurata)
  • Melinjo/Tangkil (Gnetum gnemon)
  • Daun Sirsak (Annona muricata)
  • Bawang Tiwai (Eleuthrine americana)
  • Keladi Tikus
  • biji dari buah Anggur
Pohon Taxol
Lempuyang Wangi (wikipedia.org)
Temu Kunci (wikimedia.org)
Melinjo (wikimedia.org)
Bawang Sabrang / Bawang Dayak / Bawang Tiwai (wikipedia.org)
Keladi TIkus (Le Hai @flickr.com)

Nah mulai sekarang tanamlah tanaman di atas. Belum banyak yang tahu bahwa tanaman di atas mampu menghasilkan zat aktif untuk melawan sel kanker.

Mungkin sekarang masih murah, tetapi suatu saat tanaman tersebut, harganya akan naik bila banyak orang yang tahu.

==

Nah itu dia beberapa cara mendapatkan pendapatan tambahan di desa. Terus bagaimana menjual barang-barang di atas?

Gampang. Tinggal buka toko di tokopedia atau bukalapak, bila ada pesanan tinggal cari barangnya di kebon.

Tentunya harga-harga di atas hanyalah perkiraan saja. Untuk pastinya anda bisa survey harga di toko-toko online.

Jangan lupa promosikan toko kamu di social media seperti facebook atau twitter biar banyak orang tahu.

===

* Referensi tanaman obat pelawan kanker:

https://www.itb.ac.id/news/read/56823/home/guru-besar-itb-rekomendasikan-10-tanaman-obat-pelawan-sel-kanker



Bagaimana Menghasilkan Uang Tambahan saat Traveling/Liburan
Mencari Uang Tambahan bagi Penulis Freelance
Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Tambahan?
Hindari Pemborosan Berikut Ini Ketika Mempersiapkan Pensiun
Apa Itu Wealth Management di Bank?
10 Negara dengan Inflasi Tertinggi di Dunia
Apa itu Money Supply?
Apa itu Devisa?
Bagaimana Modus Rekrutmen Perusahaan Palsu?
Kesalahan yang Sering Dilakukan di Bandara


Bagikan Ke Teman Anda