Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengapa Asuransi Mobil Diwajibkan di Beberapa Negara?

#asuransi #asuransi mobil #negara

Asuransi masih belum menjadi instrumen finansial yang menarik bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Apapun bentuknya, bisnis asuransi tergolong lesu dan belum berhasil menarik nasabah dalam jumlah banyak sebagaimana bank atau pasar saham. Praktik ini berbeda dengan negara lain, dimana asuransi tidak hanya menyangkut hal yang sifatnya pribadi dan krusial seperti nyawa atau anggota tubuh tertentu. Di sejumlah negara, asuransi bahkan mencakup kendaraan bermotor – dalam hal ini adalah mobil – dan itu sifatnya wajib. Jika seorang warga negara – yang memiliki mobil – tidak tergabung dengan asuransi mobil, maka besar kemungkinan yang bersangkutan tidak hanya tersandung persoalan finansial, tapi juga persoalan hukum.

Mereka yang hidup di negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Singapura atau India tentu akrab dengan kewajiban serupa. Seperti halnya asuransi jiwa, pengeluaran untuk asuransi mobil juga membuat orang mengernyitkan dahi. Betapa tidak, akan ada masa Anda mempertanyakan kegunaan asuransi mobil itu sendiri. Sama seperti asuransi jiwa, kalau Anda tidak pernah melayangkan klaim atau baru punya mobil, asuransi mobil bisa membuat frustrasi dan stress karena gabungan antara kewajiban mengeluarkan uang (dalam jumlah banyak) dan tidak mendapatkan imbal balik dalam bentuk apapaun.

Tapi, Anda perlu menyadari bahwa asuransi mobil – sebagaimana asuransi jiwa – benar-benar memiliki kegunaan dan bukan merupakan bentuk penipuan. Percayalah, ada banyak keuntungan yang bisa dipetik dari bergabung dengan asuransi mobil. Bisa jadi, keuntungan itu sendiri belum pernah Anda sadari.

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah bahwa asuransi adalah sebentuk permainan peluang. Bisa jadi nantinya ada kondisi dimana mobil Anda benar-benar rusak dan kebetulan Anda tergabung dengan asuransi mobil tapi ternyata kerusakan tersebut tidak diganti oleh asuransi. Pada saat seperti inilah Anda merasa asuransi mobil tidak ada gunanya dan hanya merupakan praktik penipuan. Tapi, justru di saat inilah Anda merasakan manfaat langsung dari keberadaan asuransi mobil. Mengapa bisa begitu?

Ketika Anda mengalami kerusakan tapi bisa mengklaim, itu artinya PLPD Anda masih ada. Yang dimaksud dengan PLPD adalah Personal Liability and Property Damage. Ini merupakan salah satu bagian terpenting dari cakupan asuransi mobil. Hanya saja, PLPD tidak mencakup kerusakan fisik mobil Anda. Sebagai gantinya, PLPD memberi perlindungan bagi Anda untuk jenis kerugian yang lain seperti:

  • Luka, sakit dan cacat
  • Kerusakan properti
  • Pengeluaran untuk keperluan medis bagi Anda

PLPD asuransi mobil melindungi Anda dari tuntutan hukum. Jika Anda kebetulan merupakan pihak yang bersalah dalam kecelakaan, maka pihak yang terluka kemungkinan besar menuntut kompensasi dari Anda. Jika Anda tidak tergabung dengan asuransi mobil, maka Anda berkewajiban secara finansial untuk memenuhinya dan mau tak mau harus membayar semua kerusakan dengan uang Anda sendiri. Sebagian besar orang tidak sanggup mengasuransikan sendiri mobilnya, dan ini merupakan sebab mengapa sejumlah negara menjadikan pembelian PLPD sebagai minimum requirement yang harus dipenuhi oleh seorang pemilik mobil atau mereka yang telah memiliki ijin untuk mengendarai mobil.

Mengarungi tahun-tahun tanpa melayangkan klaim sedikitpun tentu membuat Anda bertanya-tanya tentang perlu tidaknya memiliki asuransi mobil. Tidak ada peristiwa berarti yang terjadi, tidak ada uang masuk pula, lalu kenapa harus terus membayar premi? Padahal, bagus, lho, kalau Anda tidak melayangkan klaim. Itu membuat biaya asuransi Anda lebih rendah dan kemungkinan kecil tidak repot nantinya jika harus melayangkan klaim. Satu hal yang penting lagi dari asuransi mobil adalah hal itu membuat pengendara tetap memiliki kekuatan hukum untuk menggunakan mobil, terutama bagi mereka yang hidup di negara tertentu – yang memandang kepemilikan asuransi mobil sama pentingnya dengan kepemilikan Surat Ijin Mengemudi alias SIM.

Fitur lain dari asuransi mobil adalah ia dapat membantu Anda melunasi ongkos reparasi mobil setelah kecelakaan. Tentu saja, ini tergantung pada cakupan asuransi yang Anda pilih. Ada dua jenis cakupan asuransi mobil yang perlu Anda ketahui, yang masing-masing memiliki aturan akan mana yang masuk dalam cakupan dan tidak.

  • Comprehensive coverage

Yang dicakup oleh comprehensive coverage adalah segala sesuatu yang terjadi bukan karena kecelakaan. Insiden seperti kebakaran, pencurian, vandalisme, dan kerusakan akibat banjir atau badai masuk dalam cakupan komprehensif. Biasanya, comprehensive coverage dibutuhkan saat memerlukan penderekan mobil. Satu hal lagi yang penting dari comprehensive coverage adalah ia diperlukan saat membeli collision coverage.

  • Collision coverage

Berbeda dengan comprehensive coverage, cakupan yang satu ini spesifik melindungi mobil Anda dari kecelakaan atau tabrakan. Yang dimaksud dengan kecelakaan ini mulai dari tabrakan dengan kendaraan bermotor lain, menabrak kotak pos tetangga, berbenturan dengan lampu penerang jalan, hukum atau berbagai benda mati lainnya. Anda biasanya dimintai ongkos sebelum mengambil mobil yang telah direparasi. Collision coverage seringkali berperan saat Anda menjadi pihak yang bersalah dalam suatu kecelakaan atau bahkan ketika Anda tidak tahu siapa yang merusak mobil Anda.

Asuransi mobil masih merupakan ‘benda asing’ bagi sebagian besar orang. Padahal, ia memiliki arti penting sebagaimana asuransi jiwa. Berbeda dengan asuransi jiwa, asuransi mobil bisa Anda ‘nikmati’ selama Anda masih hidup dan sama-sama melindungi hidup dan perikehidupan Anda. Persoalan seputar harus membayar premi meski belum ada klaim bukan hal yang memberatkan. Apapun jenis asuransi yang diikuti, Anda tetap harus membayar preminya bukan?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang asuransi mobil diwajibkan di beberapa negara, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.