Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengejutkan: Hanya 38% orang Amerika Punya Tabungan di atas $1,000

celenganSungguh mengagetkan, ternyata 62% orang Amerika hanya mempunyai tabungan di bawah 1000 dollar. Amerika yang kita pikir negara adidaya, sebagian besar penduduknya mempunyai tabungan tidak sampai 13 juta rupiah.

Angka ini diperoleh dari survey yang dilakukan oleh gobankrate.com. Dalam survey dengan responden 5000 orang tersebut, bahkan diperoleh sekitar 21% dari respondennya malah tidak punya tabungan sama sekali.

Walaupun mungkin mereka mempunyai investasi di tempat lain, namun mempunyai tabungan yang liquid adalah kunci dari kesehatan finansial. Kita tidak tahu kapan butuh uang yang mendesak. Tabungan yang liquid dapat menyelamatkan kehidupan seseorang.

Kecilnya tabungan membuat kesehatan finansial sangat rentan. Sebagian besar bisa bangkrut karena tidak punya cadangan uang untuk hal-hal yang mendesak. Mereka tidak siap bila tiba-tiba di PHK atau ada anggota keluarga yang sakit.

Bagaimana dengan Indonesia?

Di Indonesia jumlah pemilik rekening bank malah lebih mengkhawatirkan. Berdasar survey BPS tahun 2010, hanya sekitar 25% orang Indonesia yang punya rekening bank. Artinya 3/4 penduduk Indonesia tidak punya tabungan di bank.

Entah karena tidak punya uang atau jauh dari bank yang menjadikan banyak orang Indonesia tidak mempunyai rekening bank. Mungkin uang-uang tersebut disimpan dalam bentuk emas, atau di bawah bantal.

Tentu saja keadaaan ini memprihatinkan. Kepemilikan rekening bank menjadi indikator meleknya keuangan masyarakat. Masih sedikitnya orang Indonesia yang punya rekening bank menunjukkan literasi keuangannya masih rendah.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, investasi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, modus penipuan, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.