Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengenal Flazz BCA dan Keunggulannya

#Flazz BCA #keunggulan

Dengan kemajuan sarana komunikasi dan internet, tentu saja semakin banyak pola hidup masyarakat yang dipermudah. Jika dahulu komunikasi hanya terbatas melalui surat dan telepon kabel, maka sekarang jarak dan waktu bukan lagi menjadi masalah dengan adanya internet dan smarphone. Begitu juga dengan sektor perbankan dan transaksi keuangan. Metode konvensional yang masih mengutamakan transaksi tunai sudah mulai ditinggalkan dan berganti dengan sarana lain yang lebih praktis dan aman. Bahkan di beberapa negara maju sudah marak menggunakan metode cashless atau transaksi non-tunai, sehingga pembayaran lebih sering menggunakan e-money, smartcard atau bahkan bisa melalui aplikasi di telepon genggam.

Indonesia sendiri juga sudah mulai menggalakan sistem cashless dalam transaksi jual beli sehari-hari. Terutama untuk semua tranksaksi pembelian barang atau penggunaan jasa yang berbasis online, rata-rata sudah memiliki satuan e-money tersendiri dengan sistem top up sehingga semua transaksi yang berlangsung lebih efisien sekaligus bisa dimonitor dengan mudah. Bank BCA sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia tentu saja memiliki produk e-money unggulannya sendiri dalam menghadapi tuntutan globalisasi, yaitu BCA Flazz. Produk ini diluncurkan sudah semenjak tahun 2009 lalu dan terus berbenah untuk memberikan kepuasan dan kemudahan berbelanja maksimal bagi penggunanya. Untuk lebih jelasnya, berikut seluk beluk BCA Flazz berikut perbedaannya dengan ATM BCA.

Pengertian BCA Flazz

Pada dasarnya BCA Flazz adalah kartu untuk berbelanja. Berbeda dengan ATM yang bisa digunakan untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening lain atau menarik tunai, semua transaksi dari kartu BCA Flazz berjalan searah dan murni online. Pembayaran menggunakan BCA Flazz sudah diterima di hampir semua merchant-merchant rsmi di Indonesia, contohnya Hypermart, Gramedia, Giant, Indomart, Alfamart dan lainnya. Bahkan toko-toko kecil yang menerima pembayaran dengan sistem debit biasanya juga bekerja sama dengan BCA Flazz. Namun sebaiknya, pastikan terlebih dahulu karena masih banyak juga merchant-merchant yang hanya mendukung pembayaran tunai konvensional dan debit ATM saja.

Sistem penggunaan Flazz BCA pun cukup sederhana, bisa dibilang sangat mirip dengan pengisian pulsa untuk kartu telepon prabayar. Pengguna cukup mengisi kartu BCA Flazz dengan sejumlah nominal sehingga kartu nantinya memiliki saldo persis dengan nominal yang telah diisi sebelumnya. Saldo ini kemudian akan terpotong sesuai dengan nominal pembelajaan di merchant-merchant yang bekerja sama dengan BCA Flazz. Untuk cara pengisiannya pun cukup mudah dan praktis. BCA Flazz dapat di-topup atau diisi ulang melalui ATM BCA dan juga langsung melalui merchant yang menyediakan layanan pembayaran via BCA Flazz. Sayangnya, pengisian BCA Flazz belum bisa dilakukan secara online, yaitu melalui e-banking atau mobile banking. Pengguna tetap harus mencari ATM BCA atau merchant BCA Flazz terdekat untuk melakukan pengisian ulang. Tetapi mengingat fasilitas ATM BCA sangat mudah ditemui, maka seharusnya hal ini tidaklah menjadi masalah.

Berikut langkah-langkah pengisian BCA Flazz:

1. Melalui mesin ATM BCA

  • Masukkan kartu paspor BCA ke mesin ATM beserta PIN dan tunggu hingga layar menunjukkan menu utama
  • Pilih menu Flazz lalu pilih menu Top Up
  • Masukkan nominal Top Up yang diinginkan, lalu pilih tombol “Benar”
  • Kartu paspor BCA akan otomatis keluar, ambil kartu lalu ganti dengan kart BCA Flazz dan pilih tombol “Benar”
  • Masukkan kembali PIN paspor BCA jika diminta
  • Cek saldo Flazz BCA, jika transaksi berhasil maka saldo akan bertambah
  • Pilih tombol “selesai” atau tekan tombol “cancel” dan ambil kartu BCA Flazz
  • Kartu BCA Flazz sudah siap digunakan untuk berbelanja.

2. Melalui mesing BCA Flazz pada merchant

  • Letakkan kartu Flazz BCA pada mesin Flazz untuk mengetahui saldo terakhir
  • Katakan jumlah nominal yang ingin di top up pada staff merchant
    Staff akan memproses top up melalui sistem komputer
  • Cek saldo jika transaksi sudah selesai diproses, apabila transaksi berhasil maka saldo akan bertambah
  • Ambil kartu Flazz dan bayar secara tunai atau debit pada merchant yang bersangkutan

Selain itu, tidak ada minimal pembelanjaan ataupun batas maksimum pembelanjaan dalam transaksi melalui BCA Flazz, selama saldo pada kartu masih mencukupi. Jadi sebenarnya, berbelanja menggunakan BCA Flazz hampir sama dengan berbelanja menggunakan dompet anda sendiri. Namun, prosesnya jauh lebih mudah dan aman, karena bisa meminimalisir kesalahan penghitungan dan juga kehilangan. Setidaknya, pengguna tidak perlu lagi repot-repot menukar uang dengan pecahan yang lebih kecil apabila merchat yang dituju tidak memiliki kembalian.

Hanya saja BCA Flazz bisa digunakan oleh siapa saja yang memiliki kartu tersebut, karena penggunaannya tidak memerlukan PIN atau tanda tangan pemilik sah. Jadi apabila kartu tersebut hilang, saldo yang ada di dalamnya bisa dengan mudah digunakan oleh pihak yang menemukannya. Berbeda dengan ATM yang terikat pada status kepemilikan rekening yang diakses. Oleh karena itu, harap berhati-hati dalam menyimpan kart BCA Flazz Anda dan disarankan tidak mengisi saldo terlalu banyak untuk meminimalisir kerugian. Kartu BCA Flazz juga tidak dapat diblokir seperti pada ATM. Oleh karenanya, begitu terjadi kehilangan maka pemilik otomatis akan kehilangan semua sisa saldo yang tertinggal di sana.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang Flazz BCA dan keunggulannya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.