Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Menjalani Hidup Sesuai Kemampuan Finansial Kita

Untuk menjalani hidup sesuai dengan “kemampuan” kita, kadangkala kita harus menghemat pengeluaran atau minimal menyamakan antara pengeluaran dan penghasilan yang kita peroleh tiap bulannya.

Bagi sebagian orang, hal tersebut tidaklah semudah mengucapkannya. Tagihan kartu kredit, pinjaman pribadi, cicilan rumah, belum lagi dana darurat yang harus Anda keluarkan tiap bulannya. Hal itulah yang kerap memicu besaran pengeluaran yang tidak seimbang dengan pendapatan.

Lambat laun, jika permasalahan tersebut tidak teratasi, maka tabungan dan akses kredit yang Anda miliki akan lenyap.

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah bencana keuangan tersebut? Berikut ini adalah sejumlah perubahan penting yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki manajemen keuangan Anda.

1. Ketahui Berapa Banyak Penghasilan yang Anda Dapatkan

Jika Anda ingin menjalani hidup sesuai dengan kemampuan finansial Anda, maka ini saatnya untuk mengenal diri Anda sendiri. Berapa gaji Anda per bulan dan berapa pendapatan bersihnya. Ini penting untuk mengetahui seberapa besar uang yang sebenarnya perlu disisihkan untuk membayar cicilan kredit.

2. Buatlah Daftar Anggaran

Setelah Anda mengetahui berapa banyak pendapatan dan pengeluaran dalam satu bulan, maka Anda bisa fokus untuk memilah dan mengurangi pengeluaran agar sesuai dengan penghasilan Anda. Buat daftar anggaran kecil sebagai pagar pembatas untuk menjaga pengeluaran Anda tetap pada jalur yang benar.

Saat membuat daftar bulanan tersebut, buatlah pilihan keuangan dalam kategori kebutuhan, keinginan, pembayaran tagihan, dan tabungan.

Tidak masalah untuk mengubah anggaran belanja di tengah bulan, karena beberapa peristiwa tidak terduga akan membutuhkan sedikit improvisasi. Dengan syarat, asalkan perubahan yang dilakukan tidak terlalu kontras dengan daftar anggaran awal.

3. Tingkatkan Penghasilan Anda

Jika penghasilan Anda minim dan Anda telah mencoba berbagai cara untuk berhemat, namun pengeluaran Anda tetap lebih besar dari penghasilan, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mencari tambahan penghasilan di luar pekerjaan tetap Anda saat ini.

Atau lepaskan saja pekerjaan Anda yang berpenghasilan kecil tersebut untuk berpindah pada pekerjaan dengan penghasilan lebih besar, namun perhatikan pula potongan pajak yang harus Anda bayarkan.

Kuncinya adalah melakukan apa yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang yang cukup guna membayar segala keperluan hidup Anda, termasuk pula jaminan kesehatan Anda dan keluarga.

4. Berhenti Mengandalkan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit tidak akan pernah sejalan dengan prinsip “hidup sesuai kemampuan Anda”. Saat membuat daftar anggaran, maka letakkan pembayaran cicilan kartu kredit pada prioritas pertama.

Kartu kredit tidak bisa diandalkan karena pihak perusahaan kartu kredit dapat menurunkan batas kredit atau menutup kartu kredit Anda secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan sebelumnya.

5. Jangan Terpancing Gaya Hidup Orang Lain

Tolaklah dorongan untuk memiliki barang-barang atau properti yang dimiliki orang di sekitar Anda, atau bahkan public figure yang Anda kenal di layar televisi. Anda mungkin dapat mengajukan pinjaman untuk memiliki kekayaan palsu tersebut, namun hal itu tidak akan bertahan lama karena Anda tetap harus membayar tagihan yang semakin membengkak.

6. Menyisihkan Penghasilan Alih-alih Mengambil Kredit Baru

Banyak orang yang merasa lebih baik untuk mengambil kredit baru guna membeli beberapa properti seperti televisi atau smartphone. Namun tidakkan pernah terpikir untuk menabung secara perlahan demi membeli barang impian dari pada mengambil kredit baru?

Cara sederhana namun efektif untuk menyisihkan penghasilan adalah dengan mengalihkan uang secepatnya begitu Anda menerima gaji agar Anda tidak tergoda untuk menggunakannya lebih dulu.

Anda memang harus sedikit “kejam” pada diri sendiri. Jika tidak mampu menyisihkan uang untuk menabung, maka itu tandanya Anda tidak mampu membeli barang tersebut.

7. Siapkan Dana Darurat

Mempunyai tabungan yang Anda buat secara khusus untuk dana darurat akan mencegah Anda untuk beralih ke pinjaman  atau kartu kredit dengan bunga tinggi. Mulailah dengan menyisihkan sedikit dari pengeluaran Anda, tidak terasa dana itu akan terkumpul. Jika tidak ada keadaan darurat yang membutuhkan dana tersebut, maka Anda dapat menggunakannya untuk melunasi tagihan utang yang lain.

8. Tetap Jalankan Rutinitas Pembayaran Kredit Meski Utang Telah Lunas

Ini cukup unik, namun ketika seluruh tagihan kredit Anda telah lunas, tidak ada salahnya untuk terus melakukan pembayaran yang sama dengan yang biasa Anda lakukan setiap harinya, tetapi arahkan dana tersebut ke rekening pribadi milik Anda.

Biarkan menumpuk, sampai saat Anda menginginkan sesuatu atau liburan, Anda tidak perlu mengajukan pinjaman lagi.

9. Beli Properti Sesuai dengan Kebutuhan

Rumah atau tempat tinggal memang kebutuhan pokok bagi setiap orang. Namun untuk memenuhi kebutuhan itu, tidak harus membuat hidup kita sengsara oleh cicilannya yang terlalu tinggi. Pilihlah lokasi rumah, dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Suatu saat jika dana memungkinkan, Anda bisa memperluas atau membangun rumah yang lebih besar untuk dihuni bersama dengan keluarga.

Demikian pula dengan kendaraan atau mobil. Memiliki mobil keluaran terbaru tidak akan meningkatkan nilainya jika semua itu didapatkan dari kredit yang membuat kepala Anda pusing setiap bulannya.

Lebih baik membeli mobil bekas yang masih memiliki garansi dan jarak tempuh rendah, bukankah yang terpenting adalah funsinya tetap bagus sebagai alat transportasi?

10. Alihkan Utang ke Pinjaman Berbunga Rendah

Jika Anda memiliki banyak utang dengan bunga tinggi, maka pertimbangkanlah untuk menutupnya dengan cara mengambil pembiayaan kembali dalam jumlah yang sesuai namun dengan bunga yang jauh lebih rendah dan waktu pembayaran yang diperpanjang.

Dengan demikian Anda bisa memangkas banyak pengeluaran yang selama ini Anda “donasikan” untuk membayar bunga kredit yang terlampau tinggi itu.

Untuk menjalani hidup sesuai kemampuan finansial kita, memang diperlukan fokus dan kerja keras dalam  mengelola keuangan. Ikat pinggang Anda kuat-kuat karena semua ini memanglah tidak mudah. Namun bebas dari jeratan utang akan membuat hidup kita jauh lebih nyaman.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang menjalani hidup sesuai kemampuan finansial kita, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



UangTeman.com Tawarkan Pinjaman Uang Online
Ide Resolusi Finansial Tahun 2019
Manfaat Menyimpan Uang dalam Bentuk Deposito
Cegah Belanja Impulsif dengan Cara Ini!
Cara Menabung yang Benar dan Mudah untuk Masa Depan
Bagaimana Cara Menjadi Milyuner?
7 Akibat Penundaan pada Kondisi Keuangan Kita
Apa itu Tabungan Jenius? Review Tabungan Jenius
Menetapkan Tujuan agar Sukses Finansial
Ajarkanlah Tip Keuangan Ini pada Anak Anda!


Bagikan Ke Teman Anda