Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Modus-modus Penipuan Kartu Kredit

#modus penipuan kartu kredit #tip kartu kredit

Kartu kredit diciptakan memang untuk memberikan banyak kemudahan pada setiap penggunanya. Dengan fasilitas pembiayaan yang ditawarkan, seolah bisa jadi sebuah solusi dalam mendapatkan dukungan finasial di saat yang tak terduga.

Sejalan dengan banyaknya fasilitas menarik yang ditawarkan, membuat banyak pengguna kartu kredit semakin tergiur dan mudah diiming–imingi. Sehingga tak jarang pula hal ini dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk mengelabui pengguna kartu kredit demi mencari keuntungan pribadi.

Berikut beberapa rangkuman modus–modus penipuan kartu kredit yang seringkali diterima oleh pengguna kartu kredit.

  • Penawaran Tipuan

Sepertinya tak akan ada orang yang akan mampu menolak kalau ada yang menawarkan diskon besar–besaran, termasuk diskon bagi pengguna kartu kredit yang memang bank penerbit juga terkadang memberikan promo tersebut.

Namun jangan dulu tergiur dengan iming – iming diskon besar yang mungkin tak masuk akal, karena bisa jadi ini awal dari penipuan. Penipuan kartu kredit yang berkedok pemberian kartu diskon ini cukup banyak dialami oleh para pengguna kartu kredit.

Modusnya sangat rapi, dengan memberitahukan pada calon korbannya melalui telepon bahwa ia mendapat keuntungan mendapat keanggotaan kartu diskon sebagai nasabah yang loyal.

Dan tak jarang penipu juga meyertakan informasi data–data pengguna tersebut dengan sangat akurat sehingga calon korban percaya dan memberikan data–data yang diminta tanpa curiga.

Penipuan yang dialami oleh pengguna kartu kredit ini sering diistilahkan sebagai Voice Phising, yang menggunakan sambungan telepon untuk melancarkan aksinya melakukan penipuan untuk membobol kartu kredit pengguna.

  • Email Tipuan

Tak hanya sekedar melalui sambungan telepon, pengguna kartu kredit juga sering mengalami penipuan yang dialamatkan ke alamat surat elektronik miliknya atau email.

Pengguna kartu kredit akan menerima sebuah email dengan tampilan yang menarik dan hampir sama persis dengan email yang sering diterima dari bank penerbit kartu kredit. Email tersebut pun juga berisi alamat lengkap beserta logo bank sehingga penerimanya yang tak jeli akan mudah tertipu.

Isinya sendiri biasanya memuat penawaran atau promo yang akan meminta penerima email untuk mengakses link yang ada didalamnya.

Dan setelah terhubung ke situs yang diarahkan dari link tersebut, pengguna katu kredit akan diminta melengkapi data pribadi misalnya nomor kartu, maupun pin yang digunakan.

Penipuan jenis ini sering diistilahkan sebagai Email Phising, yakni penipuan pada pemegang kartu kredit dalam bentuk email tipuan yang berisi link ke situs palsu yang mengatasnamakan pihak bank yang berangkutan. Hal ini bisa diantisipasi dengan mengabaikan setiap email yang mencurigakan.

Karena satu hal yang penting dan perlu diingat, bahwa dalam korespondensi perbankan sebuah email resmi dari pihak bank tidak akan berisi sebuah tautan atau pun link dalam bentuk apapun.

  • Situs Belanja Online

Kemudahan yang dimiliki kartu kredit dalam bertransaksi secara online, disamping memberikan manfaat pada penggunanya tapi juga memberikan celah adanya tindak penipuan.

Penipuan dalam belanja online biasanya menyasar pada situs belanja online yang tidak memiliki sistem keamanan yang memadai, sehingga hacker bisa dengan mudah menjebol pertahanan keamanan dan mencuri data konsumen yang melakukan pembelian di situs tersebut.

Terkadang penipun melalui situs belanja online ini tak cepat disadari, dan tiba–tiba limit kartu kredit telah habis digunakan untuk bertransaksi.

Salah satu pencegahannya, ialah jangan coba–coba dan mudah tergiur dengan promo atau apapun yang sekiranya tidak masuk akal, karena mungkin saja ini langkah awal terjadinya penipuan.

  • Pencurian Data Nasabah

Skimming atau pencurian data nasabah merupakan modus penipuan kartu kredit yang cukup sulit diantisipasi. Sebab hal ini bisa dilakukan ditempat – tempat yang tidak terduga misalnya di mesin ATM dan juga mesin EDC yang seringkali ditemui.

Sehingga, rasa curiga bahkan hampir tidak ada. Sebab penipuan jenis ini mencuri data nasabah dengan sangat terorganisir dan rapi. Barulah saat billing tagihan dikirimkan, pengguna baru menyadari bahwa telah terjadi transaksi mencurigakan pada kartu kreditnya.

Hal ini bisa di cegah dengan lebih selektif saat mempergunakan kartu kredit saat melakukan transaksi, karena pencurian data bisa dilakukan dimana saja tanpa bisa diketahui secara pasti.

Dan saat mengalami hal ini, pengguna kartu kredit bisa melayangkan surat sanggahan pada pihak bank terkait untuk menyanggah atas terjadinya ternsaksi tersebut.  Agar tagihan siluman tersebut tak perlu dibayarkan dan pengguna pun tak mengalami kerugian finansial.

  • Jasa Tipuan

Terkadang mengajukan kenaikan limit kartu kredit bukan perkara yang mudah dan memerlukan waktu yang lama, bisa satu bulan atau bahkan hingga berbulan–bulan tergantung dari kebijakan bank dan juga track record pengguna tersebut.

Dan hal ini juga menjadi sebuah celah bagi para penipu untuk melancarkan aksinya mengelabui pengguna kartu kredit dengan menawarkan jasa untuk bisa mempermulus pengajuan menaikan limit pada kartu kredit dengan meminta sejumlah uang.

Sejatinya pihak bank tidak pernah melakukan hal tersebut, karena memang yang menjadi faktor meluluskan permohonan baik menaikan limit maupun pengajuan kartu kredit bagi pengguna baru dilihat dari riwayat hutang yang dimiliki. Karenanya, jangan tertipu janji manis penjual jasa yang memberikan kemudahan apply maupun meniakan limit kartu kredit dalam waktu singkat melihat histori dari seseorang tersebut.

Banyak modus penipuan kartu kredit yang terjadi di tengh masyarakat ini, memang susah–susah gampang untuk dilacak. Namun bukan berarti sebagai pengguna harus pasrah dengan keadaan tersebut. Karena sebagai pengguna yang bijak, kita dituntut selektif dan teliti serta selalu mengandalkan logika bila sesuatu tindak mencurigakan menimpa kita.

Selalu waspada dan berhati–hati dalam bertansaksi dengan kartu kredit merupakan poin penting dalam menangkal modus penipuan kartu kredit yang semakin lihai dan licin melancarkasn aksinya.Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang modus-modus penipuan kartu kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Cicilan 0% Kartu Kredit?
Kartu Kredit Gaya Hidup atau Kebutuhan Hidup?
Kartu Debit vs Kartu Kredit, Kapan Sebaiknya Menggunakan
Apa itu Kartu Kredit Tambahan? 4 Hal Utama Mengenai Kartu Kredit Tambahan
Kartu Kredit di-Decline, Apa Sebabnya?
Orang Kaya Memakai Kartu Kredit? Kenapa Tidak Bayar Tunai?
Kartu Kredit Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga
Apa Untung Rugi Memakai Kartu Kredit? Ini Dia Penjelasannya!
Kartu Kredit Tanpa Bunga? Ya Kartu Kredit Bank Syariah
Tidak Dapat Membayar Tagihan Kartu Kredit?


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.