Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Nasehat Bijak tentang Keuangan dari Orang Tua

“Apa rahasia Anda sehingga bisa mencapai kesuksesan dan kaya raya?”. Anda mungkin tak asing dengan pertanyaan tersebut. Pertanyaan yang umumnya diajukan kepada orang-orang sukses nan kaya. Banyak yang ingin mengetahui rahasia kesuksesan seseorang yang menjadikannya memiliki kekuatan secara finansial dan kuasa atas orang-orang tertentu. Sukses dalam balutan materi yang mewah meski pada awalnya hidup pas-pasan dan berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi lemah.

Menjadi sukses dan kaya tentu tak datang dengan sendirinya, tetapi diiringi dengan doa dan juga usaha. Orang-orang yang berhasil sukses dan menjadi kaya umumnya menapaki jalan terjal yang tak mudah dilalui, tetapi mereka berproses hingga mereguk manisnya kesuksesan. Proses tak pernah mengkhianati hasil. Kerja keras yang dilakukan terbayar dengan kesuksesan dan kekayaan.

Tak sedikit orang sukses yang berbagi tips bahkan memberikan nasihat-nasihat bermanfaat bagi mereka yang ingin meraih kesuksesan yang sama. Berikut beberapa nasihat bijak dari orang-orang kaya tentang menghasilkan banyak uang yang harus Anda dengarkan.

  • Simpan uang dalam bentuk tabungan dan investasi

Kebanyakan orang menyimpan uangnya dalam bentuk tabungan. Mereka meyakini bahwa dengan menabung uang sedikit demi sedikit akan menjadi bukit yang artinya menjadi banyak dan kaya. Benar tetapi tak sepenuhnya tepat. Rumus rahasia para jutawan tidaklah demikian.

Menyisihkan sebagian uang untuk ditabung sah-sah saja, bahkan bisa digunakan di saat kondisi darurat, karena bisa ditarik kapan saja. Tentukan besaran uang yang akan ditabung setiap bulannya. Jangan menabung dari sisa anggaran, tetapi anggarkan untuk tabungan. Jika terdapat kelebihan setelah dianggarkan untuk tabungan dan pengeluaran rutin, maka investasikan uang tersebut.

Meski menabung penting, namun hal itu bukan merupakan cara yang tepat untuk menjadi kaya. Uang yang disimpan dalam bentuk tabungan tidak akan berkembang maksimal, karena mengendap dan hanya menghasilkan bunga yang besarannya tergantung pada nominal tabungan.

Lain halnya dengan investasi. Investasi berarti menanamkan modal, di mana uang tersebut diputar untuk melakukan suatu usaha yang mampu memberikan manfaat atau keuntungan. Sebab itulah, dengan investasi, uang Anda akan berkembang lebih cepat. Banyak jenis investasi yang bisa dipilih, seperti bergabung menjadi investor dalam bisnis startup, kuliner, digital printing, surat-surat berharga, emas, dan lain sebagainya.

  • Hindari utang karena merupakan perbudakan

Utang merupakan salah satu bagian dari keuangan yang tak bisa dihilangkan tetapi bisa dihindari. Berutang bukanlah perbuatan yang melanggar hukum, namun efeknya bisa menyeret Anda berurusan dengan hukum, jika tidak bisa membayarnya. Oleh sebab itu, hindarilah utang.

Jika memang situasi dan kondisi memaksa Anda untuk berutang, maka ukurlah kemampuan Anda untuk mengembalikannya. Sebab, ketika Anda berutang kepada orang lain, maka disadari atau tidak bahkan diakui atau tidak Anda telah menjadi budaknya. Anda akan bekerja lebih keras bahkan mungkin dengan durasi waktu lebih lama untuk memperoleh pendapatan lebih agar bisa memenuhi kebutuhan dan membayar utang. Apalagi jika pihak yang memberikan utang adalah lembaga keuangan yang memiliki ‘kekuatan mengikat’ agar pembayaran utang bisa dilakukan tepat waktu.

Bijaklah dalam memanfaatkan utang jika Anda tak bisa menghindarinya. Jangan gunakan utang untuk keperluan yang sifatnya konsumtif, tetapi produktif sehingga bisa menghasilkan suatu manfaat atau keuntungan yang bisa digunakan untuk mengembalikan utang tersebut.

  • Kendalikan pengeluaran

Kebutuhan memang harus dipenuhi, tetapi kadar pemenuhannya tentu tak perlu berlebihan. Inilah yang sering kali sulit untuk dikendalikan. Tak sedikit orang yang gemar membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan dengan alasan ingin mengoleksinya. Sebut produk-produk fashion seperti baju, sepatu, tas, aksesoris, parfum, serta produk-produk mainan seperti boneka, robot, dan lain sebagainya. Koleksi barang-barang tersebut merupakan hobi yang untuk memenuhinya juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bahkan biaya untuk hobi ini bisa memakan sebagian besar anggaran.

Berhemat merupakan cara terbaik untuk mengendalikan pengeluaran. Tak perlu makan di restoran mewah setiap hari, memasak makanan sendiri di rumah lebih hemat dan menyenangkan. Kebutuhan sandang bisa dipenuhi tanpa harus membeli baju branded yang harganya menguras isi kantong, yang penting berkualitas cukup baik dan nyaman dikenakan. Dengan menerapkan pola hidup hemat, pengeluaran Anda pun bisa lebih mudah dikendalikan.

  • Jaga dan pelihara aset yang dimiliki

Apapun dan berapapun aset yang Anda miliki, jaga dan peliharalah dengan baik. Hal tersebut dapat menghindarkan dari kerusakan dan kehilangan. Artinya, aset yang terjaga dan terpelihara dengan baik tentu akan lebih awet sehingga masa pemanfaatannya bisa lebih lama. Dampak positifnya, Anda bisa melakukan penghematan karena tak perlu mengeluarkan biaya servis untuk memperbaiki aset yang rusak, atau bahkan membeli aset yang baru karena hilang.

  • Terapkan pola hidup sehat

Kesuksesan dan segala kekayaan yang dimiliki tak akan dapat dinikmati apabila Anda sakit-sakitan. Sebab itulah, penting untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat. Konsumsi makanan yang bergizi, sempatkan berolahraga, istirahat yang cukup, dan rutin periksakan kesehatan Anda. Tubuh yang sehat akan menghasilkan jiwa yang sehat. Jika Anda sehat dan stamina kuat, maka Anda bisa melakukan aktivitas yang bermanfaat untuk menambah penghasilan.

  • Tingkatkan kemampuan dan keterampilan untuk menghasilkan uang

Kesuksesan tak bisa berjalan statis, tetapi harus selalu di-upgrade. Sebab itu, Anda harus terus belajar, perbanyak ilmu dan perluas wawasan. Jangan biarkan otak Anda terlena dengan zona nyaman, tetapi pacu terus untuk senantiasa berpikir kreatif dan menemukan ide baru. Didukung dengan peningkatan kemampuan dan keterampilan, maka Anda akan bisa terus berinovasi untuk menghasilkan uang yang lebih banyak.

Nasihat bijak dari para jutawan terkait dengan keuangan ini harus dibaca baik-baik dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh Anda yang ingin mencapai kesuksesan dan memiliki kesehatan serta kemandirian finansial.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang nasehat bijak tentang kuangan dari orang tua, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Mempersiapkan Dana Darurat dengan Baik dan Benar
Barang Mahal yang Layak Dibeli
10 Tip Bagi Kelas Menengah agar Tambah Sukses
Tip Mengatur Keuangan untuk Keluarga Muda
Apa itu Tabungan Rencana? Apa Manfaatnya?
Pengaturan Keuangan yang Perlu Diperhatikan Pada Usia 30
Cara Mengajari Anak Hidup Sederhana
Apakah Keuangan Anda Sudah Siap saat Keadaan Darurat?
Manfaat Menyimpan Uang dalam Bentuk Deposito
Cara Mengatasi Kemiskinan Diri Sendiri


Bagikan Ke Teman Anda