Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Nasehat Keuangan untuk Orang yang Belum Mandiri

Memiliki hidup dengan kondisi keuangan yang mapan dan tidak bergantung pada orang tua itu berarti Anda sudah bisa di katakan memiliki kehidupan finansial yang mandiri.

Coba Anda bayangkan jika Anda masih bergantung hidup pada orang tua hingga Anda dewasa atau mungkin hingga saat ini bukankah itu menjadi beban tersendiri bagi Anda?

Belum lagi jika Anda sudah menikah dan masih bergantung pada orang tua tentu itu tidak akan baik bagi kondisi rumah tangga Anda karena bisa membuat pertengkaran antara Anda dengan pasangan.

Beberapa nasehat keuangan berikut ini akan membantu Anda menjadi mandiri.

1. Cari tahu kemampuan Anda dalam bidang keuangan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan kondisi keuangan yang mandiri adalah mulai mencari tahu tentang kemampuan seperti apa yang Anda miliki jika berhadapan dengan bidang keuangan.

Apakah Anda lebih cocok sebagai investor atau sebagai developer. Karena setiap orang memiliki kelebihannya sendiri-sendiri dalam mengatur keuangan mereka atau mungkin dalam menentukan untuk apa uang yang akan mereka miliki.

Atau jika tidak memungkinkan menjadi dua profesi di atas Anda bisa mencoba mencari pekerjaan yang tidak membutuhkan modal terlebih dahulu. Sembari bekerja Anda juga menabung sehingga ketika uang Anda sudah cukup untuk modal Anda tinggal membuka sebuah usaha agar Anda tidak terus menerus menjadi seorang karyawan tetapi bisa menjadi bos.

2. Mengatur pengeluaran

Anda harus mulai untuk mengatur pengeluaran Anda setiap harinya. Mulailah untuk membedakan mana kebutuhan pokok dan mana yang hanya menjadi keinginan Anda. Mulai membatasi setiap keinginan Anda untuk membeli sesuatu akan menjadi langkah yang lebih baik dalam mengatur keuangan Anda.

 Jika sebelumnya Anda masih belum bisa membedakan antara kebutuhan pokok yang benar-benar Anda butuhkan dengan kebutuhan pelengkap yang seharusnya tidak Anda beli maka mulai saat ini Anda harus bisa membedakannya. Anda juga bisa membuat daftar kebutuhan pokok yang harus Anda beli untuk menghindari pemborosan.

3. Berfikir Realistis

Memiliki pemikiran yang realistis tentang pengeluaran yang pokok dan yang tambahan. Pengeluaran pokok yang di maksud di sini adalah kebutuhan yang pasti Anda perlukan setiap bulannya dan tidak bisa di gantikan waktu pembeliannya. Anda harus berikir realistis bahwa keinginan untuk membeli barang tambahan hanyalah akan membuang uang Anda oleh karena itu Anda harus bisa menghindarinya.

4. Pengetahuan tentang keuangan

Mulailah mempelajari tentang siklus keuangan dan cara mengatur keuangan yang baik. Anda bisa mulai mempelajarinya dari jenis-jenis investasi yang menguntungkan untuk di lakukan baik itu dalam jangka waktu yang pendek maupun jangka waktu yang panjang. Belajarlah menghitung berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan jumlah modal yang akan Anda keluarkan.

5. Tujuan finansial yang pasti

Tetap berada pada tujuan finansial Anda sebelumnya merupakan pilihan yang tepat dalam menghabiskan uang yang Anda miliki. Pastikan tujuan Anda tidak berubah dan Anda tidak mudah tergoda dengan keinginan yang muncul pada diri Anda.

6. Mulai belajar hidup mandiri tanpa orang tua

Langkah yang paling penting untuk bisa hidup mandiri baik dari segi keuangan maupun dari segi yang lain adalah mulai untuk hidup sendiri tanpa bantuan orang tua. Di awal kehidupan mungkin akan terasa susah karena Anda sudah terbiasa hidup dengan orang tua tetapi percayalah lama kelamaan Anda akan terbiasa.

Hidup mandiri di sini juga berarti setiap masalah yang datang ke dalam hidup Anda harus Anda selesaikan sendiri dan jangan sampai melibatkan orang tua. Apalagi untuk Anda yang sudah menikah usahakan jangan sampai menceritakan masalah finansial Anda kepada orang tua karena permasalahan rumah tangga Anda adalah hal yang sangat pribadi dan tidak boleh ada orang lain yang tahu.

Itu tadi beberapa nasihat untuk Anda yang belum mandiri dalam kondisi keuangan dan masih bergantung pada orang tua. Menjadi seseorang yang sudah mandiri dalam segi finansialnya adalah hal yang sangat membanggakan.

Karena selain Anda bisa menyenangkan diri Anda sendiri Anda juga bisa membahagiakan orang tua Anda dan orang di sekitar Anda menggunakan hasil jerih payah Anda sendiri.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang nasehat keuangan untuk orang yang belum mandiri, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Tip Pengaturan Keuangan di Umur 40an
Bagaimana Membuat Budget bila Penghasilan Tak Menentu
Pengertian Zakat Tabungan dan Perhitungannya
Cara Mengajari Anak Menabung
Mengapa Kamu Gagal Mengelola Uang?
Cara Mengatur Keuangan Saat Dimensia Datang
6 Rahasia Menyimpan Uang yang Perlu Anda Ketahui
Tip Finansial untuk Generasi Umur 25 Tahun
Pengaturan Keuangan yang Perlu Diperhatikan Pada Usia 30
Tempat untuk Topup E-money


Bagikan Ke Teman Anda