Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Nasihat Keuangan untuk Anak Muda Zaman Now

Segala pilihan dan keputusan yang Anda ambil ketika usia muda akan mempengaruhi kehidupan dimasa mendatang. Sangat penting untuk mengambil keputusan secara rasional agar tidak salah dalam membuat pilihan. Termasuk pengambilan keputusan dalam masalah keuangan.

Kondisi keuangan Anda di masa mendatang akan dipengaruhi oleh pilihan yang Anda ambil pada saat ini. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengambilan keputusan dengan bijak. Berikut ini akan dipaparkan mengenai beberapa nasihat keuangan untuk anak muda.

1. Melakukan Investasi

Usia muda bukanlah waktu untuk sekedar menyimpan atau menghabiskan uang. Gunakan usia muda Anda untuk melakukan investasi di berbagai bidang. Tetap jadikan pendidikan dan kesehatan Anda sebagai prioritas. Gunakan uang Anda untuk mengambil sebuah kursus tambahan atau membangun keterampilan baru. Semua itu akan memberikan keuntungan bagi Anda di kemudian hari.

2. Belajar Membuat Anggaran

Mulailah untuk belajar membuat anggaran setiap bulannya. Anda dapat mendata keperluan apa saja yang dibutuhkan selama 1 bulan dan menghitung jumlah biaya yang harus dikeluarkan. Jika Anda telah membuat rincian anggaran yang diperlukan, maka berpegang teguhlah pada hal itu sehingga penataan uang dapat dilakukan dengan sebaik mungkin.

3. Melakukan Penghematan

Anda harus belajar untuk berhemat sejak dini. Gunakanlah uang yang Anda miliki dengan bijak. Jangan gunakan uang Anda untuk sekedar bersenang-senang atau melakukan hal yang tidak bermanfaat lainnya. Sebagai contoh jika ada seorang teman yang mengajak Anda pergi berbelanja atau melakukan perjalanan, namun saat itu Anda tidak memiliki uang, maka tidak ada salahnya untuk menolak ajakan tersebut. Seorang teman yang baik pasti akan memahami kondisi yang sedang Anda hadapi. Akan tetapi jika mereka tidak bisa memahami dan menerima kondisi Anda, maka tidak ada salahnya mencari teman yang baru.

4. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Sekilas kartu kredit akan memberikan banyak kemudahan untuk Anda karena tidak perlu menyiapkan uang tunai ketika akan membeli sesuatu. Namun sebetulnya kartu kredit justru bisa membuat Anda menjadi bangkrut. Oleh karena itu, menjauhlah dari kartu kredit ! Apabila Anda tidak bisa melunasi semuanya ketika menerima tagihan, maka gunakanlah kartu kredit dengan bijak.

5. Mulailah untuk Menabung

Tidak dipungkiri lagi bahwa menabung akan memberikan banyak manfaat bagi Anda di kemudian hari. Anda dapat merasakan manfaat dari menabung jika melakukannya secara rutin dan konsisten. Menabung adalah kegiatan menyimpan sebagian uang yang Anda miliki pada suatu tempat. Hal tersebut bertujuan untuk membiasakan pola hidup hemat yang harus diterapkan sejak usia muda. Manfaat dari menabung dapat Anda rasakan pada masa kini dan masa yang akan datang.

6. Selektif dalam Membeli Barang

Belanjakanlah uang Anda dengan bijak dan jangan membeli barang yang tidak bermanfaat. Belajarlah untuk selektif dalam memilih berbagai barang yang akan Anda belanjakan. Jangan membeli barang yang hanya terlihat menarik tanpa memiliki nilai manfaat. Oleh karena itu, perlu pertimbangan yang matang ketika Anda hendak membeli suatu barang.

7. Jangan Meminjam Uang Kepada Lintah Darat

Pada awalnya seorang lintah darat akan terlihat tulus membantu Anda. Namun kenyataannya mereka akan membuat Anda bangkrut. Seorang lintah darat akan meminjamkan uang dengan menggunakan sistem bunga. Apabila Anda telat melakukan pembayaran pinjaman kepada mereka, maka jumlah bunga akan terus bertambah. Bunga merupakan biaya diluar pinjaman yang harus dibayarkan jika terjadi keterlambatan dalam pengembalian pinjaman. Oleh karena itu, hindarilah melakukan peminjaman uang kepada lintah darat sekalipun saat itu Anda benar-benar sedang butuh.

8. Jangan Mudah Terpengaruh Teman

Tidak semua teman akan mengajak Anda kepada kebaikan. Ada teman yang hanya ingin menjatuhkan sehingga mengajak kepada hal-hal negatif yang akan merugikan diri Anda. Tetap teguh pada pendirian dan apa yang diyakini merupakan kunci agar tidak terjerumus ke dalam hal negatif yang dapat mendatangkan kerugian baik pada masa kini ataupun masa yang akan datang. Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih teman dan jangan berteman dengan mereka yang mengajarkan kepada hal negatif serta hidup boros.

9. Jangan Memaksakan Diri untuk Membeli Suatu Barang Diluar Kemampuan

Jangan tergiur dengan teman Anda yang memiliki barang-barang bermerk dan mewah jika merasa tidak mampu untuk memilikinya. Memaksakan diri untuk membeli suatu barang mewah dan akhirnya harus membayar dengan cara menyicilnya merupakan pilihan yang tidak bijak. Akan lebih baik jika Anda bersabar untuk mengumpulkan uang dan setelah mencukupi barulah membeli barang mewah yang diinginkan.

Demikianlah pemaparan mengenai beberapa nasihat keuangan untuk anak muda. Semua nasihat yang telah dipaparkan sebelumnya akan sangat bermanfaat untuk Anda. Manfaat tersebut dapat Anda rasakan secara langsung pada masa kini ataupun pada masa yang akan datang. Oleh sebab itu, berhati-hatilah ketika mengambil sebuah keputusan di usia muda karena hal tersebut akan mempengaruhi kehidupan Anda dimasa depan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang nasihat keuangan untuk anak muda zaman now, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Mengatur Keuangan Saat Dimensia Datang
Pengaturan Keuangan yang Perlu Diperhatikan Pada Usia 30
Ini Dia Alasan-alasan Mengapa Anda Tidak Kunjung Menjadi Milyuner
Apa itu Pinjam.co.id?
Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pernikahan Agar Kantong Tidak Jebol
Bagaimana Anak Muda Harusnya Menginvestasikan Uangnya?
Ini Pentingnya Personal Finance! Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi
Apa Itu Deposito?
10 Tips Keuangan bagi Pelajar yang Baru Lulus Sekolah
6 Tip Mempersiapkan Krisis Ekonomi yang Dapat Dicoba


Bagikan Ke Teman Anda