Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Negara Penghasil Buah Kurma Terbesar

Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan paling berarti untuk industri Kurma. Identiknya Kurma sebagai menu berbuka dan sahur menjadikannya makanan ikonik di bulan suci ini. Seperti yang kita tahu, Kurma berasal dari negara bagian timur. Indonesia sendiri banyak mendatangkan kurma sebagai produk impor untuk memenuhi permintaan dalam negeri. Mulai dari kualitas terbaik hingga yang harganya relatif murah. Muncul pertanyaan, negara mana sih yang menjadi penghasil kurma terbesar di dunia? Apakah Arab? Mari kita simak berikut ini.

  1. Mesir

Berdasarkan data tahun 2017, Mesir mampu menghasilkan 1.5 juta ton kurma setiap tahunnya dan menjadi negara penghasil kurma terbesar di dunia mengalahkan Iran dan Algeria yang berada di urutan nomor 2 dan 3. Pohon kurma membutuhkan wilayah seperti tanah lempung berpasir yang cukup dalam dan kering. Kualitas tanah juga sebaiknya berada di pH 8 – 11. Tanah juga tidak asal kering, namun harus mampu menahan kelembaban.Selain itu, tanah juga harus bebas dari kalsium karbonat. Seperti yang kita tahu, kualitas tanah seperti ini sangat cocok dengan kondisi tanah dan iklim di Mesir. Mesir memiliki 15 juta pohon kurma yang tersebar di seluruh penjuru wilayahnya.

Banyaknya kurma yang dihasilkan ternyata tidak lantas membuat negara Mesir mengekspor buah ini habis-habisan keluar negara. Tercatat dari tahun ke tahunnya, Mesir hanya mengekspor sekitar 3% dari total kurma yang dihasilkan. Hal ini tentu karena permintaan di dalam negara Mesir sendiri juga banyak dan harus dipenuhi. Angka ekspor ini terus menerus berkurang sejak tahun 1993. Mesir memang sengaja mengurangi ekspor kurmanya bahkan hingga 100% dari tahun 1993 tersebut.

Negara Mesir mengekspor 53% dari 3% kapasitas ekspornya ke Maroko, kemudian disusul 24% nya ke Indonesia dan Malaysia sekitar 15%. Nilai ekspor ini mencapai $41.8 juta.

  1. Iran

Menyusul Mesir dengan penghasilan 1.5 juta ton kurma setiap tahunnya, Iran mampu menghasilkan sekitar 1.1 juta ton kurma. Angka ini terus naik dari tahun ke tahun. Namun, ekspor kurma dari negara Iran ternyata lebih besar dibandingkan Mesir, meskipun masih terbilang kecil untuk total ekspor dunia. Iran mengekspor sekitar 7.7% dari total kurma yang dihasilkan ke berbagai negara. Paling banyak negara yang mengimpor kurma dari Iran adalah negara-negara di Asia. Negara pengimpor kurma dari Iran paling besar adalah India sebesar 16% dan Malaysia sekitar 11%. Rusia juga ternyata mengimpor kurma dari Iran sebesar 9.9%.

  1. Algeria

Algeria merupakan negara yang terletak di Afrika Utara. Luas wilayahnya diperkirakan mencapai 2 juta km2. Algeria menjadi negara terbesar yang berada di urutan 10 di seluruh dunia dan terbesar nomor 1 di wilayah Arab. Banyak pohon-pohon kurma Algeria tumbuh di pegunungan-pegunungan menyusul dengan berbagai jenis flora lainnya. Mereka tumbuh di wilayah-wilayah yang cenderung punya iklim dan cuaca yang lebih hangat. Algeria mampu menghasilkan 1 juta ton kurma setiap tahunnya.

  1. Saudi Arabia

Negara Arab memiliki iklim yang tidak jauh berbeda dari negara-negara sebelumnya. Tipikal wilayah dengan gurun pasir dan cuaca panas yang menjadi tempat yang cocok dan subur bagi pohon kurma untuk tumbuh dan berkembang. Arab mampu menghasilkan sekitar 900 ribu ton kurma setiap tahunnya. Dengan dukungan wilayahnya yang subur dan benar-benar cocok untuk jenis pohon kurma, hampir sekitar 380 hektar tanahnya didedikasikan untuk industri pohon kurma dan berbagai industri buah-buahan lainnya.

Arab mengekspor sekitar 8.8% dari total produksi kurmanya ke negara- negara di berbagai belahan dunia. Ekspor kurma tersebut memiliki nilai yang mencapai $94.3 juta. Negara pengimpor kurma dari Saudi Arabia didominasi oleh negara Jordan sekitar 19% dan Yemen sekitar 17% serta Kuwait sebesar 15%

  1. Iraq

Irak menjadi negara penghasil kurma terbesar kelima di seluruh dunia. Banyak yang mempercayai bahwa pohon kurma pada awalnya berasal dari negara Iraq. Wilayah Iraq yang didominasi dengan hamparan padang pasir membuatnya menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan pohon kurma.

Irak mampu menghasilkan sekitar 600 ribu ton kurma setiap tahunnya. Sekitar 7.3% hasil kurma di ekspor ke negara-negara luar. Pernah suatu kali Iraq mampu menghasilkan 1 juta ton kurma dan memiliki 30 juta pohon kurma. Itu berlangsung pada tahun 1980 an sebelum adanya perang dengan negara Iran. Bahkan produksi kurma pernah benar-benar turun hingga di angka 400 ribu ton. Namun perlahan-lahan produksi kurma Iraq membaik karena pemerintah memberikan investasi kembali.

Pada tahun 2014, Iraq mampu menghasilkan kurma senilai $77.5 juta dimana 79% nya diekspor ke India. Hanya sekitar 8.5% diekspor ke Mesir dan 3.7% lagi ke Maroko.

  1. Pakistan

Berbeda tipis dengan jumlah kurma yang dihasilkan oleh Iraq, Pakistan mampu menghasilkan sekitar 500 ribu ton kurma setiap tahunnya. Sebagai salah satu negara yang juga didominasi oleh padang pasir, pakistan memiliki cukup banyak pohon kurma untuk memenuhi kebutuhan lokal dan juga ekspor ke negara luar.

Pohon-pohon kurma banyak mendominasi wilayah pegunungan di bagian utara negara Pakistan. Tidak hanya kurma, berbagai jenis flora lainnya juga tumbuh subur di negara ini. Bahkan di beberapa wilayah, pohon kurma menjadi pohon yang paling sering dan biasa ditemukan karena begitu banyak jumlahnya.

  1. UAE (Uni Arab Emirat)

Uni Emirat Arab merupakan negara yang terletak di wilayah tenggara Arab. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 83,600 km2. Dengan hamparan padang pasir dan wilayah-wilayah kering, pohon-pohon kurma tumbuh subur dan menjadi salah satu flora paling dominan di Uni Emirat Arab. Uni Emirat Arab mampu menghasilkan sekitar 400 ribu ton kurma setiap tahunnya.

  1. Sudan

Setiap tahunnya, Sudan mampu menghasilkan sekitar 400 ribu ton kurma. Jumlah ini hanya berbeda tipis dengan jumlah produksi kurma yang dihasilkan oleh Uni Emirat Arab.

Sudan berada di daerah timur laut Afrika. Wilayah bagian utaranya dibatasi oleh Mesir. Luas wilayah Sudan mencapai 1.8 juta km2.

Sudan memiliki beberapa permasalahan dalam bidang lingkungan seperti deforestasi dan erosi tanah.Curah hujan untuk beberapa wilayah sudan meningkat namun beberapa wilayah tetap masih bisa mempertahankan kondisi tanah dan lingkungan yang cocok bagi pertumbuhan kurma.

  1. Oman

Oman mampu menghasilkan sekitar 360 ribu ton kurma setiap tahunnya. Oman merupakan salah satu negara Arab yang berada di bagian tenggara Arab peninsula. Hamparan padang pasir yang seringkali ditemui di wilayah Arab dapat juga kita temukan di Oman. Oleh karenanya, kurma juga dapat tumbuh dengan subur di negara ini.

  1. Tunisia

Tunisia berada di urutan ke 10 negara penghasil kurma terbesar di dunia. Setiap tahunnya negara ini dapat menghasilkan sekitar 260 ribu ton kurma.

Itu dia daftar negara penghasil buah kurma terbesar di dunia. Jadi sudah tahu ya, selama ini kurma-kurma yang datang di Indonesia berasal dari negara-negara mana saja.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang negara penghasil buah kurma terbesar, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



15 Negara Penghasil Ikan Terbesar di Dunia 
Daftar Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia
15 Negara HIV/AIDS Terbesar
10 Negara dengan Cadangan Emas Terbesar di Dunia
10 Perusahaan Terbesar di China
Negara Pengguna Rokok Terbesar di Dunia
10 Negara dengan Upah Minimum Terbesar
10 Negara dengan Jumlah Pengangguran Besar
10 Negara dengan Inflasi Terbesar di Dunia
15 Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia


Bagikan Ke Teman Anda