Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Orang Kaya Lebih Hemat Daripada Orang Miskin

Rich

Mungkin anda heran dengan judul di atas. Apa benar orang kaya lebih hemat daripada orang miskin ?

Memang judul di atas terlalu tendensius, namun pada kenyataannya menjadi kaya mempunyai keuntungan tersendiri.

Berikut adalah beberapa keuntungan orang kaya, yang dapat menghemat pengeluaran.

Menabung di Bank

Ketika menabung di bank kita akan kena biaya bulanan sekitar 10-15 ribu rupiah per bulan untuk administasi tabungan dan atm.

Tahukah anda bahwa ada beberapa bank yang menggratiskan biaya bulanan, bila jumlah uangnya rata-rata 20-30 juta rupiah.

Uang orang miskin lama kelamaan habis karena dipotong biaya admin. Sedang uang orang kaya, tidak berkurang, bahkan bertambah karena bunga.

Beberapa bank mempunyai program poin berhadiah. Poin diperoleh dari jumlah transaksi bulanan dan saldo bulanan nasabah. Poin bisa ditukar dengan hadiah tertentu.

Orang kaya bisa mengumpulkan poin hadiah yang banyak karena biasanya mereka sering transaksi dengan nilai nominal besar. Poin ini bisa ditukar dengan voucher belanja, yang tentu saja mengemat pengeluaran mereka.

Pakaian

Ada harga ada rupa, begitu banyak orang bilang. Barang harga murah, biasanya kualitas kurang bagus.

Orang miskin biasanya membeli barang yang murah dan kualitas rendah. Barang dengan kualitas rendah biasanya cepat rusak. Kalau sudah rusak, mau tak mau harus ganti yang baru.

Sebaliknya, orang kaya cenderung membeli barang yang kualitas tinggi, walau harga yang perlu dibayar lebih mahal. Karena kualitas tinggi, maka barang tersebut tahan lama.

Misal baju kualitas tinggi seharga 500ribu rupiah. Baju tersebut awet, tidak cepat buluk, dan tahan sampai 5 tahun.

Sedang baju kualitas biasa, harganya cuma 70rb. Namun cepat bulukan, gampang robek,  dan tidak tahan sampai setahun.

Mungkin dari nilai nominal baju kualitas tinggi lebih mahal. Namun bahan baju berkualitas tinggi, membuat pemakainya lebih prestise dan percaya diri.

Diskon

Supermarket biasanya sering memberi program diskon. Diskon bervariasi dari 10% sampai 70%. Barang yang di-diskonpun bermacam-macam, mulai dari minyak goreng, sampai televisi.

Pada saat diskon orang kaya memiliki kemampuan untuk membeli lebih. Orang kaya memiliki kesempatan besar untuk menghemat banyak, dengan membeli banyak. Sedang orang miskin kemampuannya membeli terbatas, sehingga barang yg dibeli lebih sedikit.

Misal ada diskon minyak goreng dari harga 25rb menjadi 20rb. Orang kaya mampu membeli 10 bungkus sehingga bisa hemat 50rb. Sedang orang miskin misal hanya mampu membeli 2 bungkus, sehingga penghematannya cuma 10rb.

Barang Gratis

Peluang orang kaya mendapatkan suatu barang secara gratis lebih besar daripada orang miskin. Banyak pihak dengan sukarela memberi hadiah kepada orang kaya.

Seperti telah disinggung diatas, orang kaya dapat mengumpulkan poin atas transaksi di bank atau transaksi kartu kreditnya. Poin kemudian dapat ditukar dengan barang gratis tertentu.

Kemudian untuk orang yang sering bepergian dengan pesawat, akan mendapatkan poin mileage, atas jarak yang telah ditempuhnya. Poin ini nantinya bisa ditukar dengan tiket tujuan lain. Semakin banyak poin, berarti semakin banyak tiket gratis yang didapat.

Selain itu, hampir setiap tahun bank membuat undian berhadiah. Mulai dari hadiah sepeda, sampai hadiah mobil. Karena besarnya nominal uang yang disimpan, orang kaya mendapatkan lebih banyak kupon undian. Lebih banyak kupon undian berarti lebih berpeluang mendapatkan hadiah undian bank.

Artikel Populer

bank, fraud, hutang kartu kredit, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit untuk anak, kerugian tarik tunai, keuntungan kartu kredit, keuntungan tarik tunai, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, KTA untuk modal usaha, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, peraturan perundangan, tagihan kartu kredit, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip KPR, tip kredit, tip KTA, travel, usaha,

Bagikan Ke Teman Anda


 

 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.