Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Pengaturan Keuangan yang Perlu Diperhatikan Pada Usia 30

Usia 30 adalah masa dimana kita memasuki fase lebih dewasa dibanding saat 20-an yang tentunya juga lebih stabil dalam berbagai aspek, termasuk aspek keuangan. Memang tidak berarti di usia 30 kita harus memenuhi semua yang diinginkan, namun setidaknya perlu melakukan hal-hal dasar untuk menjadi fondasi keuangan bertahun-tahun selanjutnya. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengatur keuangan di usia 30.

1. Pengaturan Budget Sesuai dengan Kebutuhan

Pengaturan budget adalah hal mendasar yang perlu dilakukan oleh semua orang, meskipun memang kita tahu hal itu cukup memusingkan juga. Namun akan menjadi hal yang menguntungkan jika Anda dapat merekap kemana saja perginya uang yang Anda dapatkan dengan susah payah. Dari rekap tersebut, Anda bisa membuat perencanaan mengenai pengeluaran yang akan dilakukan dengan mengelompokkan kepada pos-pos atau kategori tertentu.

Dengan adanya perencanaan mendetail mengenai budget dari berbagai kategori tersebut, Anda dapat lebih mengontrol pengeluaran yang dilakukan. Anda bisa memulainya dengan teori sederhana ini: 50% dari pendapatan untuk biaya kehidupan sehari-hari, 20% untuk membayar hutang dan menabung, lalu 30% untuk hal lain-lain di dua hal sebelumnya. Anda dapat mengkondisikan teori ini dengan keadaan dan lebih merincikan detailnya supaya mudah untuk diaplikasikan.

2. Memiliki Dana Simpanan untuk Kejadian Tak Terduga

Di usia 30, kita akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dimana bukan saja mengurusi diri sendiri namun juga orang lain seperti keluarga, istri, dan anak. Karena itu sangatlah penting bagi kita untuk memiliki dana simpanan sebagai antisipasi dari kejadian tak terduga seperti sakit, kecelakaan, musibah, dan lain sebagainya. Terlebih lagi, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan sehingga akan lebih aman kalau memiliki pegangan keuangan yang memadai.

Idealnya, dana simpanan untuk kejadian tak terduga atau emergency cases memiliki jumlah yang dapat menanggung biaya hidup selama 6 bulan. Mungkin terasa berat di awal mengumpulkan dana ini, terlebih lagi Anda juga pasti memiliki berbagai kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Namun melakukan pengorbanan sedikit demi sedikit ini tidak akan mengecewakan Anda, karena pada akhirnya Anda juga yang akan tertolong saat kejadian tak terduga datang.

3. Investasi 10% Pendapatan untuk Tabungan Pensiun

Saat ini mungkin kita merasa kalau kita bisa bekerja sebanyak dan selama apapun, namun tak bisa dihindari bahwa segala sesuatu ada batas waktunya. Walaupun saat ini Anda memiliki pekerjaan yang bagus dan kondisi tubuh prima, tapi suatu saat Anda akan berhenti bekerja pada usia lanjut. Sayangnya meskipun pekerjaan berhenti, kebutuhan hidup tidak lantas berhenti juga.

Karena itu, Anda perlu mempersiapkan tabungan untuk masa tua yang lebih nyaman dan bahagia nanti. Sebaiknya Anda menginvestasikan 10% dari pendapatan untuk tabungan masa pensiun mulai saat ini, meski sebenarnya besaran presentase atau jumlahnya kembali lagi pada keputusan Anda. Tidak harus memulai dengan jumlah yang besar, yang penting adalah terus melakukannya secara teratur dan berkepanjangan.

4. Melunasi Hutang

Hal lain yang perlu diperhatikan dan tentunya dilakukan pada usia 30 adalah melunasi hutang dan pinjaman yang kita ambil, seperti cicilan rumah, kendaraan, atau lainnya. Di usia 30 memang tanggungan kita lebih besar dan mungkin akan menyulitkan untuk membayar hutang. Namun bagaimanapun juga hidup tanpa hutang lebih membahagiakan, bukan hanya untuk Anda namun juga bagi keluarga. Karena jika terjadi sesuatu pada Anda yang menyebabkan tidak bisa membayar hutang, akhirnya keluarga lah yang terkena dampaknya harus melunasi.

Untuk melunasi hutang dan pinjaman, Anda perlu mengaturnya dalam pengalokasian budget pengeluaran yang telah dibahas pada poin pertama. Sebaiknya bayarlah hutang yang memiliki bunga tinggi terlebih dahulu, karena hutang jenis ini akan semakin membengkak jumlahnya seiring berjalannya waktu. Ingatkan juga diri Anda untuk tidak melakukan pengeluaran yang tidak perlu seperti terlalu sering berbelanja dan makan di tempat bergengsi, karena uang yang Anda keluarkan tersebut bisa untuk membayar hutang yang dimiliki.

5. Menabung untuk Momen Skala Besar

Di usia 30, mulai bermunculan hal dan kejadian dengan skala besar yang membutuhkan dana besar juga. Misalnya saja rumah untuk tempat tinggal, mobil, perluasan usaha, pernikahan anak, dan lain sebagainya. Karenanya, kita perlu mulai menabung dari sekarang untuk mempersiapkan pendanaan hal dan kejadian besar tersebut. Akan sulit jika kita membiayai langsung seluruh dana yang dibutuhkan saat kejadian berlangsung, bisa-bisa ujungnya kita harus mengambil pinjaman yang berarti ujungnya hutang lagi.

Dengan menabung sedikit demi sedikit, beban yang ditanggung akan terasa lebih ringan dan pengeluaran pun lebih terencana. Anda juga bisa membuat rencana menabung dengan menyesuaikan perkiraan kejadian tersebut akan terjadi, misalnya sepuluh tahun lagi anak Anda akan masuk kuliah. Lalu kalkulasikanlah perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan selama kuliah tersebut dan membaginya dengan sepuluh tahun, jadi Anda perlu menabung sekian rupiah per-tahun. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan jumlah yang dibutuhkan pada saat anak Anda memasuki bangku kuliah nanti.

Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan Anda di usia 30. Pengaturan keuangan memang memerlukan pembiasaan dan tentunya kedisiplinan supaya dapat memetik hasil yang manis di kemudian hari. Mulailah dengan langkah kecil dahulu agar tidak memberatkan dan bisa menjadi kebiasaan yang diterapkan selamanya sepanjang hidup Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang pengaturan keuangan di usia 30, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Keuangan Kacau Karena Menunda-nunda?
Ingin Menjadi Kaya Seperti Milyuner? Intip Rahasia Berikut Ini!
7 Alasan Mengapa Menunda Tidak Baik bagi Keuangan
Tips Mengelola Anggaran Keluarga Secara Umum
10 Tips Keuangan bagi Pelajar yang Baru Lulus Sekolah
Perencanaan Keuangan untuk yang Baru Saja Menikah
Belajar Sistem Penganggaran Metode Amplop
Mengapa Kita Harus Membawa Uang Tunai?
6 Tip Mempersiapkan Krisis Ekonomi yang Dapat Dicoba
Cara Mempersiapkan Dana Darurat dengan Baik dan Benar


Bagikan Ke Teman Anda