Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Pentingnya Perencanan Keuangan untuk Kehidupan Masa Depan

#masa depan #perencanaan #tip keuangan

Membahas mengenai keuangan memang seolah tidak ada habisnya, karena keuangan sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya adalah mempelajari bagaimana merencanakan dan mengelola keuangan agar tetap berada dalam kondisi stabil sehingga dapat mencapai kehidupan yang sejahtera. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai perencanaaan keuangan dan bagaimana cara merencanakannya.

Apa Itu Perencanaan Keuangan?

Secara sederhana, perencanaan keuangan adalah seni sekaligus prinsip yang perlu dilakukan untuk mengelola keuangan agar dapat lebih efektif dan efisien. Perencanaan keuangan ini penting untuk diterapkan baik untuk keuangan individu maupun keluarga supaya dapat mencapai kehidupan yang sejahtera. Tentu saja pengertian sejahtera disini menyesuaikan dengan standar keuangan dimana semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik, bahkan bisa lebih.

Hal yang perlu dikelola dalam kegiatan perencanaan keuangan adalah penghasilan yang didapat, baik penghasilan rutin maupun temporal. Pengelolaan penghasilan ini yang kemudian akan disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki oleh individu maupun keluarga. Kebutuhan sendiri secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu kebutuhan saat ini dan kebutuhan masa depan.

Kebutuhan saat ini adalah semua kebutuhan yang muncul pada masa sekarang dan biasanya bersifat sebagai kebutuhan rutin. Misalnya saja kebutuhan makan rumah tangga, listrik, pulsa telepon, paket internet, dan lain sebagainya. Dari jangka waktunya, kebtuhan saat ini muncul dalam kurun waktu kurang dari 12 bulan atau satu tahun.

Sedangkan kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang direncanakan akan dikeluarkan di masa depan, seperti biaya pernikahan, pendidikan anak, dana pension, dan lain sebagainya. Dan dari jangka waktunya, kebutuhan masa depan merupakan kebutuhan yang muncul dalam kurun waktu lebih dari satu tahun.

Mengapa Keuangan Perlu Direncanakan?

Perencanaan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar tujuan finansial dapat terpenuhi secara efektif dan efisien. Jika kita hanya menggunakan uang yang dimiliki setiap ada penghasilan yang masuk, maka besar kemungkinan cepat atau lambat kondisi keuangan kita akan memburuk. Kalau sudah begitu, kehidupan sejahtera yang didambakan pun hanya akan menjadi mimpi belaka.

Selain itu, perencanaan keuangan perlu dilakukan karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Saat ini mungkin kita memiliki penghasilan rutin yang diterima setiap bulannya, tapi bisa saja terjadi hal buruk yang tidak pernah kita kira sebelumnya seperti pemberhentian kerja, kecelakaan, dan lain sebagainnya. Dengan adanya perencanaan keuangan akan sangat membantu kita untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan meskipun saat tertimpa hal buruk.

Langkah Dasar Perencanaan Keuangan

Setelah memahami apa itu perencanaan keuangan dan mengapa perlu diterapkan, selanjutnya kita akan membahas langkah apa saja yang harus dilakukan di dalamnya. Proses perencanaan keuangan sebenarnya tidaklah rumit selama kita menjalani tahapannya dengan teratur, rutin, dan konsisten. Berikut adalah langkah-langkah dasar yang perlu dilakukan dalam melakukan proses perencanaan keuangan:

1. Memahami Kondisi Keuangan

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam proses perencanaan keuangan adalah memahami bagaimana kondisi keuangan Anda atau keluarga. Pertama datalah semua kekayaan atau asset yang dimiliki, mulai dari uang tunai, uang di rekening, rumah, perhiasan, dan harta berharga lainnya. Namun perlu diingat bahwa tidak semua barang di rumah dapat dikategorikan sebagai asset, hanya barang berharga yang memiliki potensi nilai jual tinggi di masa depan.

Selanjutnya Anda juga perlu mendata hutang yang dimiliki, baik yang berupa pinjaman maupun cicilan terhadap harta benda seperti cicilan kendaraan dan rumah. Besaran hutang ini yang kemudian akan menunjukkan berapa asset yang sebenarnya dimiliki, dengan mengurangi dari total kekayaan yang telah didata sebelumnya.

Jika total kekayaan yang sudah dikurangi hutang masih berjumlah lebih besar dibanding hutang itu sendiri, maka kondisi keuangan Anda bisa terbilang cukup baik. Dan sebaliknya, jika total kekayaan lebih kecil dari hutang atau minus, berarti kondisi keuangan Anda kurang baik. Dengan begitu, Anda perlu merencanakan keuangan yang lebih baik lagi untuk mengatasinya.

2. Mendata Target Kebutuhan

Langkah selanjutnya dalam perencanaan keuangan adalah mendata target kebutuhan, baik kebutuhan saat ini maupun kebutuhan masa depan. Jika Anda memiliki hutang yang harus dibayar, maka membayar hutang pun termasuk ke dalam kebutuhan keuangan Anda. Lalu buatlah target berapa lama kebutuhan tersebut harus dipenuhi, misalnya dalam jangka waktu sekian bulan atau sekian tahun.

Selain itu, Anda juga perlu memiliki tabungan emergency untuk mengatasi keadaan darurat yang tidak terprediksi sebelumnya. Dengan adanya tabungan ini, Anda tetap dapat setidaknya memenuhi kebutuhan rutin yang harus dipenuhi untuk pribadi maupun keluarga. Karena itu penting untuk memasukkan tabungan emergency ke dalam salah satu pos kebutuhan yang harus dipenuhi secara rutin.

3. Membuat Skala Prioritas

Begitu target kebutuhan telah terdata dengan baik, selanjutnya Anda perlu mengurutkan mana yang lebih dahulu harus dipenuhi dari segi prioritas. Dalam hal ini sangat penting untuk membedakan mana yang benar-benar kebutuhan dan mana yang hanya sekadar keinginan. Tentu sah-sah saja memenuhi keinginan Anda dan keluarga, namun jangan sampai pemenuhan keinginan lebih didahulukan dibanding kebutuhan.

Misalnya dalam data kebutuhan yang sudah dibuat terdapat beberapa daftar seperti tabungan pendidikan anak, cicilan rumah, dan membeli tas baru. Jika diurutkan dari segi prioritas maka sebaiknya yang didahulukan adalah membayar cicilan rumah. Baru kemudian membayar tabungan pendidikan anak, selanjutnya dapat membeli tas baru.

Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya perencanaan keuangan dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menjalankan perencanaan keuangan. Semua hal diatas akan sia-sia jika tidak diterapkan dengan segera dan dimulai sekarang juga. Mungkin pada awalnya akan sulit untuk memulai perencanaan keuangan dengan baik, tapi jika dirutinkan pasti akan menjadi terbiasa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang pentingnya perencanan keuangan untuk kehidupan masa depan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Menyiapkan Pendidikan Anak
Pengertian Zakat Tabungan dan Perhitungannya
Belajar Cara Mengatur Uang Ala Orang China
Apakah Keuangan Kamu Sehat? Berikut Cara Mengukurnya
Tips Keuangan Ibu Rumah Tangga
Ini Pentingnya Personal Finance! Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi
10 Tip Keuangan Keluarga Muda
Ini Dia 7 Kebiasaan Agar Bisnis Anda Sukses
Sehatkah Keuangan Anda? Ukur dengan 8 Cara Berikut Ini
Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pernikahan Agar Kantong Tidak Jebol


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.