Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Penyebab Kegagalan Transaksi di Mesin EDC (Electronic Data Captured)

#EDC #Electronic Data Captured

Anda sudah berada tepat di depan kasir untuk membayar pakaian yang hendak anda beli. Anda berniat membayarnya dengan Kartu Kredit dan menyerahkan kartu tersebut kepada petugas kasir. Kasir memproses pembayaran anda dengan memasukkan kartu anda kedalam sebuah mesin persegi panjang bernama EDC (Electronic Data Captured) yang dapat mengenali data di chip kartu kredit untuk memproses pembayaran atas pembelian yang anda lakukan di toko tersebut.

Tetapi karena sesuatu hal, mesin EDC tidak bisa memproses pembayaran anda. Kasir pun mencoba kembali menggesek kartu anda ke mesin EDC, namun kartu kredit anda terus menerus mengalami penolakan.
Andapun bingung. Apa yang sebenarnya terjadi?

Anda tak perlu panik, karena yang harus anda lakukan adalah melihat ke layar EDC untuk melihat keterangan yang tertera. Keterangan tersebut akan menunjukkan mengapa EDC menolak transaksi anda. Beberapa penyebab yang umum yaitu :

1. Salah PIN

Anda baru ingat bahwa anda sudah mengganti pin seminggu yang lalu. Gawatnya, anda benar-benar sudah lupa sama sekali dengan pin anda yang baru. Jangan ambil resiko dengan mencoba berbagai kombinasi pin yang nantinya malah akan menyebabkan kartu anda terkunci. Keluarkan saja SIM atau KTP anda, tunjukkan pada pihak kasir bahwa nama yang tertera di SIM dan KTP anda sama dengan nama di Kartu Kredit anda, lalu minta kasir untuk memilih option pembayaran tidak menggunakan pin. Setelah transaksi selesai, anda harus menandatangani kertas print out dari mesin EDC tersebut. Problem Solved.

2. Chip/Magnetic Stripe Kartu Bermasalah

Error Chip akan terjadi karena dua hal. Pertama, karena chip/Magnetic Stripe kartu kredit anda rusak karena kartu tidak anda simpan dengan baik. Kedua, kasir menggunakan kartu kredit anda di mesin EDC kartu kredit Bank yang lain. Misalnya jika anda memiliki kartu kredit di BNI dan kasir menggeseknya di EDC BRI, maka Error Chip dapat terjadi.

Untuk mengantisipasinya, mintalah kepada kasir untuk mengganti mesin EDC dengan Bank Penerbit kartu kredit anda. Jika transaksi anda masih gagal, segera hubungi Bank Penerbit Kartu Kredit anda untuk minta dikirimkan kartu yang baru.

3. Penggunaan Melebihi Limit

Jika anda sudah menggunakan kartu kredit anda melebihi limit, maka mesin EDC juga akan menolak transaksi dan memberikan keterangan di layar dengan Call Your Bank. Hal ini bisa menjadi peringatan bagi anda bahwa penggunaan kartu kredit anda sudah di luar batas yang ditentukan. Sebaiknya anda beralih ke kartu debit agar proses transaksi tetap berjalan.

4. Transaksi Maksimal Dalam Satu Hari

Adalah jumlah batas transaksi maksimal yang dapat anda gunakan dalam satu hari pada satu merchant/toko yang sama. Saat ini sebagian besar bank sudah menetapkan Max Day Transaction untuk menjaga merchant tempat dimana EDC Bank dipasang tidak melakukan kecurangan, semisal memperdagangkan uang tunai ataupun money laundry.

5. Masa Berlaku Kartu

Ketika anda merasa tidak ada yang salah dengan transaksi yang anda lakukan, misalnya limit anda masih memadai, anda menggunakan kartu kredit secara wajar, anda sudah menyimpannya dengan benar namun transaksi anda masih mengalami penolakan, maka periksalah tanggal valid kartu tersebut bisa digunakan.

Banyak dari kita lupa bahwa kartu kredit memiliki masa berlaku. Jika masa berlaku tersebut sudah lewat, maka transaksi anda akan ditolak oleh mesin EDC manapun. Meskipun pada umumnya pihak Bank akan mengantisipasi untuk mengirimkan kartu baru ketika tenggat waktu kartu hampir berakhir, namun ketika hal ini tidak terjadi, anda sebagai nasabah harus proaktif untuk melapor dan meminta kartu baru.

6. Kegagalan Transaksi Online

Kartu Kredit juga dapat anda gunakan untuk membayar transaksi online. Namun jika kembali mengalami kegagalan, dapat disebabkan hal-hal sebagai berikut :

  • Anda salah menginput data, baik nama anda, nomor kartu kredit anda, maupun jenis kartu kredit yang anda miliki (misalnya jenis kartu anda adalah Visa, tapi anda malah mengeklik Master Card)
  • Anda salah menginput Nomor CVV. Nomor CVV adalah tiga digit nomor yang terletak pada bagian belakang kartu. Jika anda melihat ada tiga nomor terpisah disebelah kanan kartu, maka itulah nomor CVV kartu anda. Salah menginput nomor CVV, maka transaksi online anda tidak dapat diproses.
  • Kartu anda kadaluarsa.
  • Salah input kode otorisasi. Kode otorisasi adalah kode yang dikirimkan sistem, melalui nomor ponsel anda yang terdaftar di Bank. Salah menginput kode ini, maka transaksi tidak dapat diteruskan.
  • Jaringan internet yang jelek. Beberapa transaksi gagal karena anda menggunakan jaringan internet yang tidak memadai.

Bagaimanapun juga dalam menggunakan kartu kredit, anda sebagai nasabah harus ekstra hati-hati. Apabila anda menemukan kegagalan transaksi baik menggunakan mesin EDC maupun dalam transaksi online, ada baiknya anda periksa kembali via call center Bank penerbit Kartu Kredit anda. Pastikan bahwa transaksi tersebut benar-benar gagal dan bukan transaksi yang menggantung (di sistem Bank dana anda sudah terpakai, namun di merchant transaksi gagal), agar anda tidak dirugikan. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait

Demikianlah artikel tentang penyebab kegagalan transaksi di mesin EDC (Electronic Data Captured), semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, bank, bisnis, deposito, fraud, hidup, investasi, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.