Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Perbedaan antara PT dengan CV

#CV #PT

Usaha baik skala kecil, menengah, maupun besar memiliki peranan penting dalam mendorong tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara. Di Indonesia, jumlah pelaku usaha semakin banyak dari tahun ke tahun baik yang berbadan hukum maupun tidak. Dari usaha yang telah berbadan hukum, sebagian besar didominasi oleh bentuk Perseroan Terbatas (PT) dan Commanditaire Vennootschaap (CV) atau yang dikenal dengan istilah Perseroan Komanditer, meski ada pula yang berbentuk Firma, Usaha Dagang (UD), dan lainnya.

Apa itu PT dan CV? PT merupakan suatu bentuk badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan modal yang terdiri dari saham-saham atau surat-surat berharga, di mana pertanggungjawaban aset kekayaan sebatas pada lingkup perusahaan, tidak mencakup aset kekayaan pribadi.

Sementara CV adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh satu atau beberapa orang dengan sistem kemitraan, yang mana ada yang berperan sebagai mitra aktif dan ada pula yang bertindak sebagai mitra pasif (komanditer) yang bertanggung jawab penuh atas segala sesuatu yang terjadi dalam usaha. Sebenarnya CV bukanlah suatu badan hukum karena hingga saat ini belum ada perangkat perundang-undangan yang mengaturnya.

Mengapa bentuk badan hukum PT dan CV seolah menjadi primadona di kalangan para pelaku industri? Pada prinsipnya suatu usaha pasti memiliki visi dan misi bisa bertahan dan berkembang dalam jangka panjang. Usaha yang berkembang tentunya diiringi dengan penghasilan laba yang menggiurkan.

Nah, pentingnya usaha berbadan hukum agar terlindung secara hukum dari segala macam gangguan. Selain itu, usaha berbadan hukum juga akan lebih kredibel, sehingga berpotensi untuk menjalin kerja sama dengan banyak pihak dalam kaitannya dengan ekspansi usaha.

Lantas, mana yang lebih baik, PT atau CV? Sebenarnya tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk diantara keduanya, karena pendirian perusahaan tergantung pada jenis, skala, dan tujuan usaha yang akan digeluti. Jika Anda kesulitan dan ragu dalam memilih salah satu dari keduanya, akan lebih baik apabila Anda terlebih dulu mengetahui perbedaannya.

1. Dasar Hukum Didirikannya Perusahaan

Sebagai badan hukum, pendirian PT memiliki dasar atau payung hukum yang jelas, yakni Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseoran Terbatas. Jadi, siapa pun yang berniat untuk mendirikan PT harus memenuhi syarat dan mematuhi ketentuan sebagaimana telah diatur dalam undang-undang tersebut.

Berbeda dengan PT, CV bukanlah sebagai badan hukum sehingga pendiriannya tidak terikat dan berlandaskan asas-asas hukum yang berlaku. Jenis persekutuan ini umumnya dipilih bagi mereka yang memiliki usaha dalam lingkup dan skala UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

2. Bentuk Perusahaan

Adanya dasar hukum yang dijadikan sebagai landasan, PT merupakan organisasi bisnis yang jelas dan sah secara hukum. Keuntungannya, tentu perusahaan akan dilindungi secara hukum. Selain itu, PT juga dipandang memiliki kredibilitas tinggi sehingga berpeluang untuk menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain terkait dengan pengembangan perusahaan.

Di balik keuntungan, ada pula kelemahan, perusahaan harus mengelola secara transparan dan membuat laporan atas segala kegiatan yang dilakukan. Tak hanya itu, perusahaan berbentuk PT juga tidak memiliki kebebasan untuk berkreasi, karena operasionalnya harus mengacu pada aturan yang telah ditentukan.

Lain halnya dengan CV yang tidak memiliki badan hukum resmi, namun bukan berarti persekutuan ini tidak sah. Hanya saja, jika terjadi suatu permasalahan dalam perusahaan, maka tidak ada keterlibatan pemerintah untuk membantu penyelesaian masalah tersebut, tetapi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengurus perusahaan. Meski demikian, perusahaan berbentuk CV memiliki kebebasan untuk berinovasi karena tidak ada aturan yang membatasi pergerakannya.

3. Besaran Modal Perusahaan

Bicara tentang modal, ada perbedaan yang cukup signifikan antara PT dengan CV. Ketentuan jumlah minimum modal pada PT harus sesuai dengan dasar hukumnya, yakni sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah). Dari modal minimum tersebut harus disetorkan kepada pendiri perusahaan sebesar 25% sebagai tanda kepemilikan saham di perusahaan tersebut.

Karena tak ada dasar hukumnya, maka besaran modal minimum dan modal disetor pada CV tidak ada ketentuannya. Penyetoran modal dicatat tersendiri oleh pendiri perusahaan. Sebagai bukti kepemilikan perusahaan, para pendiri baik yang aktif maupun pasif membuat sebuah perjanjian yang disepakati bersama.

4. Syarat Pendiri Perusahaan

Siapa yang bisa mendirikan PT dan CV? Dalam ketentuannya, PT didirikan oleh minimum 2 orang WNI (Warga Negara Indonesia). Namun, badan hukum ini memungkinkan orang asing bertindak sebagai investor yang menanamkan modal di perusahaan tersebut.

Sementara CV merupakan perusahaan murni pribumi, karena tidak boleh ada keterlibatan orang asing dalam pendiriannya. Hal ini menjadi nilai tambah tersendiri karena bentuk perusahaan ini berpotensi mengembangkan ekonomi kerakyatan dengan membuka lapangan pekerjaan bagi pribumi.

5. Ketentuan Nama Perusahaan

Nama perusahaan penting sebagai identitas agar dikenal masyarakat luas. Urusan pemberian nama antara PT dengan CV pun berbeda. Nama perusahaan berbentuk PT dilindungi hukum, sehingga tidak boleh ada nama perusahaan yang sama. Nama perusahaan diawali dengan PT, misal PT. Anugerah Makmur.

Meski nama perusahaan berbentuk CV juga diawali dengan CV, misalnya CV. Sejahtera, namun hak pemberian nama perusahaan tidak dilindungi hukum. Artinya, perusahaan CV bisa saja memiliki nama yang sama. Kesamaan nama perusahaan ini memiliki risiko tersendiri, seperti kesalahan pengiriman barang atau dokumen penting. Selain itu, jika perusahaan yang satu sedang mengalami masalah, bisa jadi berdampak pada penurunan tingkat kepercayaan konsumen terhadap kinerja perusahaan lainnya yang kebetulan bernama sama.

6. Jenis Kegiatan Usaha

Ditinjau dari jenis kegiatan usahanya, PT memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan CV. Dalam peraturan yang berlaku, jenis kegiatan usaha yang bisa dilakukan oleh PT antara lain:

  • Non fasilitas meliputi perdagangan, pembangunan, pertambangan, perindustrian, pertanian, percetakan, perbengkelan, dan pengangkutan barang
  • Fasilitas PMA (Penanaman Modal Asing)
  • Fasilitas PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri)
  • Persero BUMN, jenis kegiatan ini khusus bagi perusahaan yang dikuasai oleh pemerintah
  • Lembaga keuangan non perbankan
  • Kegiatan usaha khusus seperti media (pers), pariwisata, perfilman, radio, ekspedisi muatan kapal, pelayaran, dan lainnya.

Sebagian besar ragam kegiatan usaha telah diatur dengan perundang-undangan, hal ini mengakibatkan ruang gerak perusahaan berbentuk CV semakin sempit. Sederhananya, CV melakukan kegiatan usaha yang tidak diatur dalam undang-undang. Oleh sebab itu, jenis kegiatan usaha yang bisa dilakukan terbatas, seperti perdagangan, percetakan, pertanian, perkebunan, perbengkelan, dan jasa.

Dari perbedaan antara PT dengan CV tersebut, mana yang lebih sesuai dengan bisnis yang akan Anda jalankan?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang perbedaan antara PT dengan CV, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, investasi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, modus penipuan, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.