Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Perbedaan Bunga KPR Fixed, Cap & Floating

#pengetahuan umum

home

Ketika melihat promo KPR sebuah bank, kadang kita temukan kata-kata fixed, cap, dan floating. Misal KPR dengan bunga fixed 10% selama 3 tahun. Atau KPR dengan bunga fixed & cap 5 tahun.

Pada awalnya sistem bunga KPR yang dipakai bank adalah bunga floating. Namun karena persaingan antar bank semakin ketat, dibuatlah sistem bunga fixed dan cap untuk menarik nasabah.

Bunga fixed & cap biasanya digunakan dalam promosi, agar produk KPR bank tersebut banyak dilirik oleh nasabah.

Nah apa bedanya jenis-jenis bunga tersebut?

Bunga Floating
Bunga floating atau suku bunga mengambang adalah suku bunga yang umum dipakai bank dalam memberikan pinjaman.

Bunga ini akan berfluktuasi atau berubah-ubah untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan suku bunga pasar dan kebijakan bank.

Biasanya suku bunga floating akan mengikuti BI rate. Bila BI rate naik maka suku bunga ikut naik.

Misal bunga KPR bank bulan kemarin 10%, dua bulan kemudian bisa berubah menjadi 9%, tergantung kebijakan bank dan situasi ekonomi saat itu.

Suku bunga floating seharusnya bisa dilihat di website tiap bank. Karena BI mewajibkan menampilkan suku bunga dasar kredit di website tiap bank.

Bunga Fixed
Suku bunga Fixed atau kadang disebut Fix, adalah suku bunga yang dipatok pada nilai tertentu, tidak berubah (sama) dalam jangka waktu tertentu.

Misal KPR dengan bunga fixed 10% selama 3 tahun pertama; maka suku bunga dalam 3 tahun pertama dipatok 10%, tidak akan berubah, tidak naik atau turun.

Setelah masa bunga fixed selesai, maka suku bunga yang berlaku adalah bunga floating.

Perhatikan bahwa bunga fixed (dipatok pada nilai tertentu) berbeda dengan bunga flat (bunga tetap). Bunga flat adalah cara perhitungan bunga, sedang bunga fixed adalah besaran suku bunga yang berlaku.

Bunga Cap
Suku bunga Cap atau kadang disebut Capped, sebenarnya adalah suku bunga floating, yang dibatasi maksimumnya pada nilai tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Misal KPR dengan bunga cap 10%, selama 2 tahun; maka dalam 2 tahun tersebut, suku bunga bisa naik turun, tetapi tidak melebihi 10%.

Fix & Cap
Suku bunga ini adalah gabungan antara Fixed dan Capped.

Misal KPR dengan bunga Fix 10% selama 3 tahun pertama, dan Cap 12% selama 2 tahun selanjutnya.

Maka dalam waktu 3 tahun pertama bunga KPR dipatok 10%, tidak naik, tidak turun.

Kemudian 2 tahun selanjutnya bunga KPR dibatasi 12%, bisa turun, bisa naik; tetapi naiknya tidak boleh melebihi 12%.

Kemudian setelah masa fix & cap selesai, bunga yang berlaku adalah bunga floating.

Simulasi Bunga

Untuk simulasi bunga floating dapat dilihat di Kalkulator Bunga Floating.

Untuk simulasi KPR fix & cap dapat dilihat di Kalkulator KPR Bunga Fix.

Artikel Populer

bank, fraud, hutang kartu kredit, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit untuk anak, kerugian tarik tunai, keuntungan kartu kredit, keuntungan tarik tunai, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, KTA untuk modal usaha, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, peraturan perundangan, tagihan kartu kredit, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip KPR, tip kredit, tip KTA, travel, usaha,

Bagikan Ke Teman Anda


 

 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.