Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Perbedaan Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan, Mana yang Menguntungkan?

#tip kartu kredit #tip KTA

Perbedaan Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) ternyata tidak terlalu luas. Keduanya sama-sama bisa memberikan kucuran dana yang Anda butuhkan. Namun jangan sembarangan loh dalam pemilihannya! Mengingat manfaat dari Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan malah bisa tidak menguntungkan jika Anda salah menggunakannya.

Bagi Anda yang masih bingung harus memilih Kartu Kredit atau Kredit Tanpa Agunan, sebaiknya mengenal lebih jauh dulu pengertian dan manfaatnya yuk.

Kartu Kredit

Kartu Kredit merupakan kartu yang dikeluarkan bank atau lembaga keuangan sejenis dan berfungsi sebagai alat pembayaran tanpa menggunakan uang tunai. Biaya yang dikeluarkan setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan kartu kredit ini akan dicatat oleh bank sebagai hutang (kredit) dan harus dilunasi pada bulan berikutnya.

Seperti yang telah banyak orang ketahui, kartu kredit memiliki banyak manfaat, berikut di antaranya:

  • Cukup satu kali apply untuk mendapatkan kartu kredit.
  • Sebagai alat pembayaran, baik di Mall, rumah sakit, bahkan untuk menarik uang tunai di mesin ATM. Anda juga bisa membayar berbagai tagihan-tagihan keperluan rumah tangga menggunakan kartu kredit ini, mulai dari listrik hingga PDAM.
  • Kartu kredit juga bisa dijadikan sebagai cadangan keuangan loh! Misalnya saat berbelanja dan uang tunai yang dibawa tidak cukup, maka Anda bisa menutupi kekurangan transaksi dengan kartu kredit.
  • Manfaatkan promo, serta Point Rewards dan Cash Back pada kartu kredit yang Anda miliki karena bisa memberikan keuntungan. Misalnya makan di suatu restaurant bisa mendapatkan potongan hingga 30% jika menggunakan kartu kredit A. Manfaatkan promo tersebut untuk berhemat dalam kehidupan Anda menggunakan fasilitas kartu kredit ini.

Memiliki kartu kredit memang terlihat menyenangkan dan memudahkan kehidupan Anda. Namun ada beberapa hal yang penting Anda ketahui sebelum memutuskan memiliki kartu kredit, yaitu:

  • Perhatikan limit kartu kredit. Idealnya limit ini adalah 5x gaji si pemegang kartu kredit. Misalnya, gaji sebulan Anda adalah 5 jutam maka5 x 5 juta = Rp 25 juta.
  • Perhatikan juga jumlah kartu kredit. Idealnya satu orang cukup memiliki satu atau dua kartu kredit. Mengingat adanya biaya tahunan yang wajib Anda bayar di setiap satu kartu kreditnya. Semakin banyak kartu kredit yang Anda miliki maka semakin besar juga iuran wajib tahunan yang harus Anda bayar.
  • Pastikan untuk membayar cicilan dengan tepat waktu. Jika Anda membayar cicilan melebihi waktu pembayaran atau jatuh tempo maka akan dikenakan bunga yang dibungakan. Agar tidak mengalami bunga yang dibungakan ini, maka Anda harus membayar tagihan sebelum jatuh tempo dan usahakan membayar penuh ragihan pokoknya.
  • Sebaiknya hindari mengambil atau menarik uang dari ATM menggunakan kartu kredit atau biasa disebut cash advance. Ketika Anda melakukan cash advance maka akan dikenakan biaya penarikan rata-rata sebesar 4% dari dana yang ditarik.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan atau KTA merupakan salah satu produk Bank yang bisa memberikan kemudahan orang dalam hal peminjaman dana berupa uang. Khusus untuk KTA atau biasa disebut dengan nama Personal Loan (PL), Anda dapat meminjam sejumlah dana atau uang dari bank tanpa harus memberikan jaminan atau agunan. Misalnya seperti sertifikat rumah, BPKB, SK, dan lainnya.

Plafond kredit yang diberikan oleh bank untuk KTA ini berkisar antara 10 sampai 250juta dengan bunga variatif sekitar 1,55% – 2,2% flat per bulannya. Biasanya KTA ini dikhususkan untuk karyawan dan wiraswasta usia 21 sampai 60 tahun.

Mengingat dengan KTA, Anda bisa meminjam ke bank tanpa memberikan agunan alias jaminan maka jangan heran jika bunganya tinggi. Pada umumya KTA ini digunakan untuk membiayai hal-hal yang bersifat produktif, seperti renovasi rumah, pernikahan, atau sebagai tambahan modal usaha.

Hal lainnya yang membedakan KTA dengan kartu kredit adalah adanya masa pinjaman atau tenor. Jika pada kartu kredit, tenor baru muncul ketika Anda pakai untuk membeli barang tertentu misalnya baru saja membeli televisi dengan cara mencicil.

Pada KTA, saat pinjaman di ACC maka Anda pun harus melunasi tenor dalam masa yang telah ditentukan dan disepakati. Setelah Anda melunasi KTA dan membutuhkan “suntikan dana” melalui KTA, maka Anda harus apply lagi. Proses apply KTA ini akan memakan waktu dua minggu hingga satu bulan, bahkan bisa ditolak juga pengajuannya.

Kartu Kredit vs KTA, Pilih yang Mana Ya?

Masih bingung harus memilih kartu kredit atau KTA? Keduanya memiliki keuntungan masing-masing disesuaikan dengan kondisi Anda. Berikut cara memilih antara kartu kredit atau KTA :

Anda bisa gunakan kartu kredit jika:

  • Membutuhkan waktu cepat dan mendadak
  • Jumlah yang dibutuhkan tidak melebihi limit kartu kredit
  • Anda yakin bisa melunasi semua tagihan tanpa menunggak ke tagihan-tagihan selanjutnya. Hal ini untuk menhindari bunga yang berbunga.

Gunakan KTA jika Anda mengalami kondisi sebagai berikut:

  • Membutuhkan uang dalam jumlah lebih besar dari limit kartu kredit pada umumya
  • Membutuhkan uang tidak dalam waktu terdesak atau bisa menunggu dalam waktu 1-2 minggu
  • Anda mau membayar pinjaman tersebut dalam waktu yang panjang, misalnya satu hingga lima tahun.

Jadi mana yang akan Anda pilih? Semoga informasi perbedaan kartu kredit dan kartu kredit tanpa anggunan ini bisa membantu mengatasi permasalahan Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang perbedaan kartu kredit dan kartu kredit tanpa anggunan (KTA), semoga bermanfaat.

Artikel Populer

bank, fraud, hutang kartu kredit, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit untuk anak, kerugian tarik tunai, keuntungan kartu kredit, keuntungan tarik tunai, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, KTA untuk modal usaha, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, peraturan perundangan, tagihan kartu kredit, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip KPR, tip kredit, tip KTA, travel, usaha,

Bagikan Ke Teman Anda


 

 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.