Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Perbedaan Kartu Kredit Visa, Mastercard, Amex, dan Discover Card

#tip kartu kredit

Perbedaan kartu kredit Visa, Mastercard, Amex, dan Discover Card ternyata belum banyak yang tau. Mungkin sebagian besar orang mengenal Visa, MasterCard, Amex, dan Discover Card ini hanya sebagai produk kartu kredit. Padahal faktanya ada yang bukan sebagai bentuk kartu kredit loh dan hanya “bertugas” sebagai penyedia pelayanan kartu kredit atau pihak ketiga.

Bagi Anda yang berencana membuat kartu kredit, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara kartu kredit Visa, MasterCard, Amex, dan Discover Card berikut ini:

Visa

Apakah Anda tau ternyata Visa bukanlah perusahaan penyedia atau penerbit kartu kredit? Visa juga tidak menyediakan jasa peminjaman uang, namun kartu kreditnya lah yang menyediakan jasa ini.

Visa merupakan sebuah jaringan atau pelayanan pembacayaran kartu kredit. Visa hanya memberikan jasa sistem komputer yang memungkinkan terjadinya proses transaksi dari kartu kredit. Oleh karena itu Anda bisa memiliki dua kartu Visa dari dua penerbit kartu kredit.

Visa lahir pertama kali pada tahun 1970 oleh Visa Internastional di California, Amerika Serikat. Anda bisa menggunakan semua kartu kredit berlogo Visa untuk bertransaksi di seluruh dunia. Asalkan toko tersebut memajang logo Visa.

Ketika Anda melakukan transaksi di luar negeri maka akan dikenakan biaya administrasi tambahan. Biasanya biaya tersebut sekitar 1-3% dari total transaksi.

Visa juga menjadi salah satu kartu kredit yang banyak digunakan di seluruh dunia loh! Alasannya mengapa Visa menjadi popular dan digunakan banyak orang karena Visa mampu menawarkan layanan perlindungan keamanan yang dinamakan Verified by Visa.

MasterCard

Sama halnya seperti Visa, MasterCard juga tidak menerbitkan kartu kredit. Visa dan MasterCard memperoses transaksi antara tempat pembelian dengan bank penerbit kartu kredit. Visa dan MasterCard juga tidak ada hubungannya dengan program hadiah yang diberikan bank penerbit kartu kredit, suku bunga, biaya keterlambatan bayar (jatuh tempo), dan hal lainnya.

Visa dan MasterCard merupakan sama-sama jaringan pembayaran yang menghubungkan terminal pembayaran merchant dengan departement kartu kredit di bank pilihan Anda. MasterCard Incorporated atau MasterCard Worldwide merupakan korporasi jasa keuangan multinasional Amerika yang kantor pusatnya ada di New York, Amerika Serikat.

Amex

American Express atau Amex menjadi satu-satunya Bank yang menerbitkan kartu kredit sekaligus memiliki jaringan pembayarannya sendiri. Namun sayangnya nama Amex di Indonesia, sekarang ini sudah tidak berjaya seperti dulu. Bahkan saat ini kartu Amex baik itu jenis charge card atau kartu kredit sudah diambil oleh oleh Bank Danamon untuk pasarnya di Indonesia sejak 2006.

Discover Card

Kartu ini menerima baik Visa dan MasterCard, dalam artian Anda bisa menemukan logo Visa dan MasterCard pada discover card ini. Kartu ini awalnya diperkenalkan oleh Sears pada 1985, dan pada 2007 menjadi perusahaan independen. Saat peluncurannya, kartu ini menawarkan promosi yang menggiurkan, yaitu limit kredit yang tinggi sampai tidak adanya iuaran tahunan.

Sebagian besar kartu kredit dengan merk Discover dikeluarkan oleh Discover Bank. Transaksinya pun diproses melalui jaringan pembayaran Discover Networks. Memasuki Februari 2006, perusahaan Discover mengumumkan jika mereka mulai menawarkan kartu Debit Discover untuk bank.

Discover Card kini menjadi merk kartu kredit terbesar ke-empat di Amerika, setelah Visa, MasterCard, dan Amex. Pemegang kartu kredit ini pun kini sudah mencapai lebih dari 44juta.

Mana yang lebih baik? Visa, MasterCard, Amex atau Discover Card?

Baik Visa dan MasterCard mengklaim dirinya sudah memiliki sekitar 20 juta anak cabang di lebih dari 150 negara. Memudahkan Anda untuk bertransaksi dan juga terjamin keamanannya. Jika MasterCard lebih banyak digunakan di Eropa dan Amerika. Maka Visa lebih popular digunakan di daerah Asia.

Berbeda dengan Visa dan MasterCard, bagi pemegang kartu Amex, Anda tidak akan seleluasa pengguna Visa dan MasterCard. Mengingat terbatasnya merchant yang menerima kartu kredit American Express atau Amex ini. Namun dalam sisi keamanan, Amex tidak kalah dengan Visa ataupun MasterCard. Amex sudah memiliki sistem perlindungan untuk nasabahnya yaitu American Express SafeKey.

Sedangkan untuk Discover Card sekarang ini mulai popular di Indonesia. Penggunaan Discover Card juga mulai meluas seperti Visa dan MasterCard. Kelebihan lainnya dari Discover Card ini adalah mereka menawarkan bonus cash back yang dikalkulasikan dari setiap transaksi yang dilakukan pemegang kartu.

Lalu mana yang lebih baik? Apakah Visa, MasterCard, Amex atau Discover Card? Semua tentu kembali lagi pada kebutuhan Anda dalam kehidupan sehari-hari. Jika limit kartu kredit dan waktu jatuh tempo sangat penting bagi Anda, tentu hal ini tergantung pada kebijakan masing-masing bank tempat kartu kredit Anda diajukan.

Semoga informasi perbedaan Visa, MasterCard, Amex, dan Discover Card ini bisa membantu Anda memilih kartu kredit yang tepat.

Artikel Terkait

Demikian artikel tentang perbedaan Visa, MasterCard, Amex, dan Discover Card, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, investasi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, modus penipuan, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.