Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Perbedaan Managemen Bisnis vs Administrasi Bisnis

Istilah managemen bisnis dan administrasi bisnis memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun, terkadang dua istilah ini bisa jadi membingungkan. Pasalnya, tidak semua orang mengerti tentang perbedaan kedua istilah ini sehingga penggunaannya pun bisa salah.

Apalagi untuk kamu yang ingin untuk mendapatkan pendidikan tinggi di bidang bisnis. Kamu mungkin akan bingung mengenai apa perbedaan antara managemen bisnis dengan administrasi bisnis. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya, simak uraian lengkapnya berikut.

Pengertian Managemen Bisnis

Managemen bisnis merupakan suatu konsep yang mempelajari mengenai manajemen, kepemimpinan, manajemen sumber daya manusia, dan operasional personel.

Siswa yang mengambil jurusan manajemen bisnis akan lebih fokus pada mempelajari sisi analisis, perencanaan, dan operasi bisnis. Secara istilah, manajemen sendiri memiliki arti suatu proses untuk mengatur dan mengawasi sesuatu atau orang.

Di program studi manajemen bisnis, biasanya siswa akan belajar mengenai dasar-dasar pemasaran, ekonomi, keuangan, hukum dan etika.

Namun, biasanya mereka akan mengambil juga mata kuliah yang lebih spesifik seperti perencanaan bisnis atau manajemen sumber daya manusia. Lulusan dari jurusan administrasi bisnis akan siap untuk masuk ke posisi manajemen entry level.

Pengertian Administrasi Bisnis

Administrasi bisnis merupakan suatu konsep yang mempelajari mengenai segala proses yang berhubungan dengan menjalankan suatu bisnis yang sukses. Secara istilah, administrasi sendiri memiliki arti suatu proses atau aktivitas menjalankan sebuah bisnis.

Sama seperti pada jurusan managemen bisnis, siswa jurusan administrasi bisnis juga akan mempelajari ilmu-ilmu dasar seperti pemasaran, hukum bisnis dan etika, manajemen, ekonomi, dan akuntansi.

Selain itu, mereka juga bisa mempelajari ilmu perencanaan bisnis, penelitian bisnis dan teori, kewirausahaan, dan lain-lain. Namun, biasanya mereka bisa mengambil bidang keilmuan yang lebih spesifik sesuai dengan ketertarikan masing-masing. Misalnya bisa mengambil mengenai manajemen, sumber daya manusia, atau kewirausahaan.

Perbedaan Managemen Bisnis dengan Administrasi Bisnis

Berikut adalah beberapa perbedaan antara managemen bisnis dengan administrasi bisnis:

  1. Ruang lingkup ilmu yang dipelajari

Secara umum, perbedaan utama antara jurusan managemen bisnis dengan administrasi bisnis bisa dilihat dari ruang lingkup ilmu yang dipelajari. Singkatnya, administrator bisnis merupakan spesialis, sedangkan manager bisnis merupakan generalis.

Hal ini berarti bahwa dalam jurusan administrasi bisnis akan mempelajari bidang keahlian yang cukup spesifik sesuai dengan ketertarikan masing-masing siswa. Sedangkan pada jurusan managemen bisnis akan mempelajari ilmu umum mengenai proses menjalankan bisnis.

Siswa yang mengambil jurusan administrasi bisnis bisa mengambil mata kuliah tertentu sesuai dengan spesialisasinya yang telah dipilih. Sedangkan siswa yang mengambil jurusan managemen bisnis akan mengambil lebih banyak mata kuliah dengan jangkauan ilmu yang luas secara general.

  1. Perbedaan lulusannya di dunia kerja

Di dunia kerja, perbedaan antara lulusan jurusan managemen bisnis dengan lulusan jurusan administrasi bisnis juga bisa terlihat.

Meskipun begitu, di lingkungan kantor dengan jumlah karyawan yang sedikir perbedaan ini memang terkadang sulit untuk dilihat. Di lingkungan kantor yang luas dengan jumlah karyawan yang banyak, perbedaan ini akan lebih mudah untuk dilihat.

Seorang administrator bisnis akan memiliki tugas di satu bidang yang spesifik saja. Misalnya ada yang bertanggung jawab atas administrasi akuntansi, administrasi IT, atau administrasi bangunan kantor.

Sedangkan manajer bisnis memiliki tanggung jawab di level yang lebih tinggi. Biasanya, mereka bertanggung jawab atas pengembangan bisnis, kerjasama dengan perusahaan lain, lini produk perusahaan, dan lain-lain.

  1. Perbedaan pada lulusan sarjananya

Jurusan bisnis memang jurusan yang cukup general. Seseorang yang mengambil jurusan bisnis, baik managemen bisnis maupun administrasi bisnis akan banyak mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan mengembangkan karirnya di berbagai bidang.

Lulusan administrasi bisnis memang tampak memiliki pilihan yang lebih spesifik. Namun, hal ini tidak membatasi mereka untuk bisa mengambil pekerjaan di bidang manajemen bisnis jika memang tertarik. Begitu pula sebaliknya.

Pengembangan karir selanjutnya tidak terlalu bergantung pada jurusan kuliah yang diambil. Pengembangan karir karyawan biasanya sangat ditentukan oleh performa, kontribusi,  dan pengalamannya selama bekerja di perusahaan.

  1. Perbedaan tugas managemen bisnis dengan administrasi bisnis

Saat sudah bekerja, biasanya orang yang mempelajari dan berpengalaman di bidang managemen bisnis dengan administrasi bisnis akan memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

Contoh dari karir yang bisa diambil oleh lulusan administrasi bisnis misalnya analis finansial, admin benefit, analis budget, atau manajer marketing. Sedangkan contoh karir yang bisa diambil oleh lulusan managemen bisnis misalnya analis manajemen, manajer sales, office manager, atau purchasing manager.

Dengan kata lain, seorang administrator bisnis memiliki tugas yang lebih spesifik sedangkan manajer bisnis memiliki tugas di level yang lebih tinggi dan luas.

  1. Perbedaan materi yang dipelajari

Saat berkuliah, siswa jurusan managemen bisnis dengan siswa jurusan administrasi bisnis akan memiliki perbedaan di sisi materi yang dipelajari selama berkuliah. Secara umum, keduanya akan mempelajari mengenai dasar-dasar di bidang etika, pemasaran, keuangan, ekonomi, hukum bisnis, dan sejenisnya. Hal ini karena keduanya harus mengerti mengenai cara berjalannya suatu bisnis, cara memasarkan suatu produk, dan cara mengatur keuangan.

Siswa jurusan managemen bisnis selanjutnya bisa mengambil mata kuliah lain-lainnya yang terkait untuk mendapatkan ilmunya secara umum. Sedangkan siswa jurusan administrasi bisnis dapat memilih bidang keilmuannya masing-masing sehingga akan mendapatkan mata kuliah terkait sesuai dengan pilihannya.

Dengan begini, kita sudah memiliki gambaran lengkap soal perbedaan managemen bisnis dan administrasi bisnis. Semoga tidak lagi bingung kalau mau melanjutkan pendidikan atau merekrut karyawan ya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang perbedaan managemen bisnis vs administrasi bisnis, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Opportunity Cost? Definisi Opportunity Cost
Perbedaan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) vs Surat Utang Negara (SUN)
Ide Bisnis Menjelang Natal
Apa Perbedaan Sukuk Bank Indonesia Vs Sukuk Ritel?
Perbedaan Tax Avoidance dengan Tax Evasion
5 Efek Booking Lewat AirBnB terhadap Bisnis Travel
Apa itu Price Discrimination (Diskriminasi Harga)
Perbedaan KPR dengan Akad Murabahah, Ijarah Muntahiyah Bittamlik (IMBT), Musyarakah Mutanaqishah (MMQ), dan Istishna
Cara Membuat Bisnis Anda Lebih Menonjol dari Pesaing
Apa Itu Spin Off dalam Perusahaan / Bisnis?


Bagikan Ke Teman Anda