Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Perbedaan SMS Banking dan Internet Banking

#Internet Banking #SMS Banking

Kemajuan Teknologi semakin hari semakin membantu penggunanya untuk memudahkan berbagai transaksi termasuk perbankan. Saat ini sudah awam bagi nasabah untuk bisa memilih layanan mobile perbankan seperti SMS Banking maupun Internet Banking. Lalu apa beda antara keduanya? Mana yang lebih memudahkan? SMS Banking atau Internet Banking?

SMS Banking

SMS Banking adalah layanan perbankan yang dapat diakses dan dilakukan melalui jaringan SMS (Short Message Services) telefon selular anda. SMS Banking mengandalkan jaringan provider telefon seluler sehingga SMS Banking hampir dapat anda gunakan dimana saja dan kapan saja.

Dengan SMS Banking, anda dapat melakukan transaksi seperti pembayaran, informasi saldo, informasi debet dan kredit. Dengan cara ini anda akan terus terinformasi mengenai kondisi rekening tabungan anda 24 jam seminggu.

Manfaat SMS Banking (BNI)

  1. Anda dapat melihat 3 transaksi terakhir dari rekening anda dan tagihan Kartu Kredit BNI serta tagihan lainnya
  2. Dapat mengganti PIN secara fleksibel
  3. Dapat diakses hampir di semua jenis handphone berbasis Android, iOS, JAVA, Windows dan Blackberry
  4. Aplikasi SMS Banking juga dapat didownload melalui handphone Android, iOS pada play store dan App Store Windows
  5. Memiliki fitur-fitur yang memudahkan nasabah, yaitu :
    Fitur Autocomplete pada isi template SMS Banking
    – Melihat Daftar Rekening yang dimiliki
    – Dapat mengganti Rekening yang dijadikan sumber dana
    – Dapat melakukan pembelian pulsa, token listrik, Voucher Orange TV dan Paket Data XL
    – Top Up Tap Cash, UnikQu dan GoPay
    – Pembayaran listrik PLN, telpon Pasca Bayar, Kartu kredit, Asuransi BPJS Kesehatan, Prudential, BPJS Ketenagakerjaan, JIWASRAYA, AJB Bumi Putera dan Prudential
    – Dan fitur lainnya.

Keuntungan Menggunakan SMS Banking

  1. Dapat digunakan dimana saja dan mengandalkan jaringan telefon selular
  2. Dari segi keamanan SMS dianggap lebih aman karena jaringan tidak terhubung ke internet. Anda dapat menghapus SMS segera setelah transaksi selesai dilaksanakan

Kekurangan Menggunakan SMS Banking

  1. Anda akan dikenakan biaya SMS dari provider. Adapun biaya SMS banking dihitung per notifikasi dan biayanya rata-rata lebih mahal daripada biaya SMS pada umumnya.
  2. Anda harus mengingat tata cara mengirim melalui SMS Banking.
  3. Fasilitas transaksi mobile yang dimiliki cenderung terbatas.
  4. Nomor telefon yang dapat mengakses fasilitas ini harus ddaftarkan terlebih dahulu ke Bank dimana anda menabung.
  5. Jika anda mengganti nomor telefon maka harus didaftarkan lagi nomor yang baru.

Internet Banking

Internet Banking adalah layanan perbankan dimana nasabah dapat melakukan transaksi pembayaran, transfer dan transaksi lainnya secara mandiri melalui website milik bank yang dilengkapi dengan sistem keamanan. Hal ini diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Layanan ini tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, yang dapat terhubung dengan jaringan internet.

Manfaat Internet Banking (BNI)

  1. Dapat diakses melalui PC/Laptop dan Smartphone dengan masuk ke website BNI Internet Banking https://ibank.bni.co.id/ atau masuk melalui aplikasi BNI Experience di Handphone
  2. Dapat melakukan transaksi transfer dana dengan limit transakasi hingga Rp.1 Milyar dalam satu hari. Anda dapat melakukan multi transfer, transfer terjadwal dan transfer berulang.
  3. Dapat melakukan transfer antar bank baik secara kliring maupun online
  4. Dapat melakukan pembukaan rekening (Taplus, Deposito dan Tapenas), pemblokiran Kartu Debit BNI, pembaharuan setoran bulanan/jangka waktu Tapenas dan pencairan Deposito
  5. Terdapat link untuk transaksi favorit (Yang sering dilakukan, informasi kalender transaksi, nilai tukar valas, dan lain-lain.
  6. Memiliki 2 alat otorisasi transaksi finansial yaitu BNI e-secure dan BNI m-secure
  7. Menggunakan 3 otorisasi saat melakukan login ke BNI Internet Banking yaitu, USER ID, Password dan Captcha serta telah memiliki virtual keyboard untuk menghindari praktik keylogger.
  8. Transaksi yang anda lakukan dapat disimpan sebagai arsip dalam bentuk pdf

Keuntungan Menggunakan Internet Banking

  1. Dapat digunakan dimana saja dengan mengandalkan jaringan internet melalui provider seluler atau wifi.
  2. Dibandingkan dengan SMS Banking, Internet Banking dapat melakukan lebih banyak transaksi dan setiap transaksi dapat diarsip dalam bentuk dokumen pdf.
  3. Interface yang mudah dipahami dan mudah digunakan.
  4. Keamanan dalam melakukan transaksi terjamin aman karena menggunakan BNI e-secure dan BNI m-secure. Tanpa salah satu dari keduanya, transaksi tidak dapat dilanjutkan.

Kekurangan Menggunakan Internet Banking

  1. Tidak dapat digunakan jika tidak ada jaringan internet
  2. Disarankan tidak menggunakan komputer/laptop/PC Sharing (yang digunakan bersama dengan orang lain) karena username dan password rentan diketahui oleh orang lain.
  3. Transaksi rentan putus di tengah jalan jika jaringan internet buruk. Ada baiknya jika hal ini terjadi dan anda ragu apakah transaksi berhasil ataukah tidak, anda pastikan melalui BNI call center di 1500046

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang perbedaan SMS Banking dan Internet Banking, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.