Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Australia

Berbicara mengenai kuliah di luar negeri, Australia merupakan salah satu negara yang sering dipertimbangkan oleh para pelajar. Mengapa? Tentu saja karena kualitas pendidikannya yang bisa bersaing dengan negara-negara besar seperti Amerika dan Inggris. Bahkan, Australia masuk dalam lima besar negara favorit bagi pelajar internasional.

Menurut data yang diambil pada tahun 2017, Australia memiliki pelajar internasional sebanyak 624,000. Ada berbagai faktor mengapa banyak pelajar internasional bermimpi untuk melanjutkan sekolah di negara kangguru tersebut.

Mengapa Australia Sangat Populer bagi Pelajar Internasional?

Pertama, tentu saja karena reputasinya. Pengusaha-pengusaha dari seluruh dunia telah mengakui bahwa Australia memiliki standard pendidikan yang tinggi, sehingga lulusan dari negara ini banyak dicari. Menurut data QS World rankings pada tahun 2015, lima universitas di Australia masuk dalam lima puluh besar universitas terbaik di dunia. Lima universitas tersebut adalah Australian National University, University of Melbourne, University of Sidney, University of New South Wales, dan University of Queensland.

Australia juga menawarkan lingkungan yang ramah bagi pelajar, disertai dengan sarana dan prasarana belajar yang memadai sehingga dapat mendukung aktivitas belajar. Di Australia, kamu tidak perlu khawatir mengenai bahasa, selama kamu menguasai bahasa Inggris, kamu aman untuk belajar di sana. Hanya saja, mungkin kamu perlu membiasakan diri dengan aksen penduduk asli Australia yang lebih kental. Total penduduk Australia saat ini sekitar 24 juta jiwa, sepersepuluh kali dari total penduduk Indonesia yang sudah melampaui 250 juta jiwa.

Meskipun menjadi salah satu negara dengan standard hidup paling tinggi di dunia, tetapi apabila dibandingkan Amerika Serikat atau Inggris, biaya hidup di Australia masih cenderung lebih rendah. Faktor lain yang menjadikan Australia sebagai negara primadona bagi pelajar internasional adalah karena masyarakatnya yang terkenal ramah dan terbuka dengan warga asing. Meskipun sebagai tuan rumah, mereka tidak sombong. Justru mereka akan heran apabila ada orang yang begitu narsis dan suka pamer.

Kebanyakan dari pelajar Indonesia tentu menginginkan kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Dan saat ini ada banyak sekali beasiswa dari dalam negeri yang menawarkan bantuan biaya pendidikan bahkan biaya hidup di sana. Namun, beasiswa tersebut terbatas, sehingga tidak semua siswa yang ingin kuliah di luar negeri bisa mendapatkannya. Dan cara lain adalah dengan biaya pribadi. Maka dari itu, di sini kami akan membagikan perkiraan biaya pendidikan dan biaya hidup di Australia. Simak terus ya.

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan akan bervariasi, tergantung dari universitas dan jurusan yang kamu pilih. Australia sendiri memiliki 40 universitas negeri, dua universitas internasional, dan satu universitas swasta. Universitas di Australia menawarkan berbagai jenis bidang studi, mulai dari teknik, bisnis, hingga sejarah dan kesenian.

Rata-rata Biaya Pendidikan Program Sarjana dan Pascasarjana

Biaya pendidikan juga tergantung program yang kamu ambil, apabila kamu mengambil program sarjana, rata-rata biaya pendidikan per tahun berkisar antara 15,000 – 33,000 AUD. Satu dollar Australia (AUD) setara dengan 9,971.5 rupiah. Jadi kisaran biaya untuk program sarjana adalah 149,572,500 –  329,059,500 rupiah/tahun.

Sedangkan untuk program pascasarjana, seperti program master dan doktor, kisaran biaya pendidikan berada di rentang 14,000 – 37,000 AUD/tahun atau setara dengan 139,601,000 – 368,945,500 rupiah/tahun.

1. Universitas dengan Biaya Pendidikan Paling Terjangkau

Apabila kamu merasa biaya rata-rata pendidikan  di Australia masih tinggi, kamu dapat memilih universitas-universitas yang mematok biaya pendidikan yang lebih rendah. Nah, berikut ini adalah daftar universitas di Australia yang memiliki biaya pendidikan paling terjangkau.

    • IPAG Business School dengan rata-rata biaya pendidikan 149,572,500 rupiah/tahun
    • University of New England dengan rata-rata biaya pendidikan 179,487,000 rupiah/tahun
    • University of Wollongong dengan rata-rata biaya pendidikan 159,544,000 rupiah/tahun
    • Victoria University dengan rata-rata biaya pendidikan 219,373,000 rupiah/tahun

2. Biaya Pendidikan di Universitas Terbaik di Australia

Apabila budget kamu mencukupi dan memiliki kemampuan akademis yang memenuhi, maka sebaiknya kamu coba mendaftar di universitas terbaik di Australia. Dan berikut ini adalah rata-rata biaya pendidikan di beberapa universitas terbaik di Australia.

    • Autralian National University dengan rata-rata biaya pendidikan 368,945,500 rupiah/tahun
    • University of Sidney dengan rata-rata biaya pendidikan 368,945,500 rupiah/tahun
    • University of Queensland dengan rata-rata biaya pendidikan 319,088,000 rupiah/tahun

3. Biaya Layanan dan Fasilitas

Beberapa universitas di Australia mengenakan biaya layanan dan fasilitas yang bersifat non-akademik. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu memeriksa biaya ini. Perkiraan biaya fasilitas dan layanan dikenakan sebesar 2,971,507 rupiah.

4. Beasiswa di Australia

Australia juga membuka kesempatan bagi pelajar internasional untuk mendapatkan beasiswa. Beasiswa ini dapat berasal dari pemerintah, lembaga pendidikan, maupun organisasi. Biasanya beasiswa mencakup pelatihan kejuruan, pertukaran pelajar, atau bantuan riset untuk mahasiswa pascasarjana.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh beasiswa yang tersedia untuk pelajar internasional:

    • Australia Awards

Beasiswa ini berasal dari pemerintah Australia yang mencakup biaya pendidikan, biaya perjalanan, sampai kebutuhan bulanan pelajar.

    • APEC Women in Research Fellowship Program

Beasiswa ini diberikan kepada peneliti perempuan yang berasal negara berkembang APEC untuk melakukan penelitian yang bekerja sama dengan universitas atau lembaga penelitian Australia.

    • Endeavour Postgraduate Awards

Program ini khusus untuk kamu yang akan mendaftar program master atau doktor. Bisa dikatakan bahwa beasiswa ini menanggung sepenuhnya biaya pendidikan maupun biaya hidup di sana. Apabila diterima, kamu akan dibebaskan dari biaya kuliah, diberi tunjangan perjalanan, tunjangan bulanan, dan asuransi kesehatan.

Biaya Hidup di Australia

Selain mempertimbangkan biaya pendidikan, kamu juga harus mempertimbangkan biaya hidup di sana, seperti tempat tinggal, makan, transportasi, dan lain sebagainya. Nah, untuk memberikanmu gambaran, berikut ini adalah rata-rata biaya hidup di Australia.

Rata-rata Biaya Hidup di Autralia

Rata-rata pelajar internasional mengeluarkan biaya hidup sebesar 1500-2500 AUD/bulan atau setara dengan 14,957,250- 24,928,750 rupiah/bulan. Harga ini bervariasi, tergantung daerah tempat kamu tinggal, gaya hidup. Nah, berikut ini adalah perkiraan biaya hidup di beberapa kota yang populer bagi pelajar.

  • Sidney: mulai 1900 AUD/bulan
  • Adelaide: mulai 1300 AUD/bulan
  • Brisbane: mulai 1400 AUD/bulan
  • Melbourne: mulai 1500 AUD/bulan
  • Canberra: mulai 1400 AUD/bulan

1. Biaya Tempat Tinggal di Autralia

Meskipun kebanyakan universitas di Australia menyediakan asrama untuk mahasiswa, akan tetapi kuotanya sangat terbatas. Sehingga, mayoritas mahasiswa tinggal menyewa homestay, guesthouse, dan jenis tempat tinggal lainnya. Berikut ini perkiraan biayanya.

    • Homestay: berkisar antara 440-1080 AUD/bulan
    • Guesthouse: berkisar antara 320-540 AUD/bulan
    • Sewa bersama: berkisar antara 85-215 AUD/minggu
    • Sekolah asrama: berkisar antara 11000-22000 AUD/tahun
    • Sewa apartemen: sekitar 1700 AUD/bulan

Antar daerah satu dengan lainnya memiliki harga berbeda. Misalnya saja, apabila kamu menyewa apartemen di Sidney yang notabene-nya adalah kota termahal, harga sewa apartemen yang dipatok bisa mencapai 2200 AUD/bulan. Sedangkan apabila kamu menyewa apartemen di Canberra, kamu bisa mendapatkan apartemen dengan harga 1400-1700 AUD/bulan.

2. Makanan

Akan lebih hemat apabila kamu dapat memasak sendiri daripada membeli makanan jadi di luar. Kamu bisa membeli bahan-bahan makanan di supermarket dengan mengeluarkan biaya 100-200 AUD/minggu. Namun, apabila kamu memilih membeli di luar, rata-rata biaya pengeluaran per sekali makanan di restoran murah adalah 18 AUD.

3. Kebutuhan Pribadi

Selain makanan dan tempat tinggal, pertimbangan utama lainnya adalah biaya kebutuhan pribadi yang ada di sana. Dan berikut ini adalah perkiraan harga berbagai kebutuhan harian di Australia.

    • Shampo (400 ml): 7 AUD
    • 4 gulung tissue toilet: 3.10 AUD
    • Pasta gigi: 3.68 AUD
    • 1 kotak antibiotik: 19 AUD

4. Transportasi

Beberapa universitas di Australia menyediakan transportasi untuk membantu mahasiswa menuju area-area yang sulit dijangkau. Dan kamu sebagai pelajar internasional juga bisa menikmati transportasi ini secara gratis. Syaratnya, kamu harus  terdaftar dalam program ACTION terlebih dahulu.

Selain transportasi yang disediakan universitas, kamu juga bisa memilih menggunakan transportasi umum. Perkiraan biaya yang akan kamu keluarkan apabila mengandalkan transportasi umum adalah 10-50 AUD/minggu.

5. Biaya Hiburan

Berikut ini adalah beberepa pilihan hiburan yang dapat kamu nikmati beserta perkiraan harganya :

    • Makan malam biasa (untuk 2 orang): 52 AUD
    • 2 tiket nonton di bioskop: 39 AUD
    • 2 tiket ke teater: 261 AUD
    • Membership gym: 74 AUD/bulan
    • Minuman cocktail: 19 AUD

6. Pakaian

Harga-harga pakaian yang akan dicantumkan di sini mungkin tidak lengkap. Tapi setidaknya, kamu dapat memperkirakan harga pakaian secara keseluruhan dari data ini.

    • Sepasang jeans: 105 AUD
    • Dress musim panas: 72 AUD
    • Sepasang sepatu sport branded: 153 AUD
    • Sepasang sepatu kulit pria: 175 AUD

7. Pengeluaran Lain

Selain pengeluaran pokok di atas, kamu juga harus mempertimbangkan pengeluaran lain yang berhubungan dengan kebutuhan harianmu, misalnya saja berikut ini :

    • Gas dan Listrik: perkiraan biaya 35-140 AUD/minggu
    • Telepon dan internet: perkiraan biaya 20-55 AUD/minggu
    • Kebutuhan apabila menggunakan mobil: perkiraan biaya 150-260 AUD/bulan

8. Pekerjaan Sampingan Selama Masa Belajar

Meskipun memiliki biaya hidup yang tinggi, kabar baiknya kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan di sini melalui kerja sampingan. Pelajar internasional yang telah memiliki visa pelajar akan secara otomatis diberi izin untuk bekerja paruh waktu hingga 40 jam/dua minggu. Dan meskipun kamu berasal dari negara lain, kamu tidak perlu khawatir bekerja di sana karena pelajar yang bekerja di Australia  dilindungi secara hukum.

Biasanya pelajar internasional di Australia bekerja paruh waktu di bidang ritel, perhotelan, dan administrasi. Namun, sebelum bekerja, pelajar internasional harus mendapatkan Tax File Number (TFN) atau nomor pajak dari kantor pajak di Australia. Kamu perlu mengisikan biodata secara lengkap yang meliputi nama, tanggal lahir, alamat saat ini, dan keterangan lainnya.

Nah, mungkin sekian dulu artikel mengenai perkiraan biaya pendidikan dan biaya hidup kuliah di Australia. Semoga dari deskripsi ini, teman-teman dapat mempertimbangkan biaya sekolah di Australia.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang perkiraan biaya kuliah dan biaya hidup di Australia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Biaya Tambahan yang Bisa Anda Hemat
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di NTU (Nanyang Technological University) Singapura
Tip Menghemat Biaya Perkawinan/Pernikahan
Singapura Mahal? Ini Dia Biaya Hidup di Singapura
Ingin Punya Uang Lebih? 8 Biaya Ini Wajib Dihindari
Inilah Limit Serta Biaya Beberapa Bank di Indonesia
Apa itu Variable Cost? Definisi Variable Cost
Berapakah Biaya Hidup di Kota Besar Seperti Jakarta?
7 Tip Menghemat Biaya Tiket Pesawat
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jerman


Bagikan Ke Teman Anda