Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di NTU (Nanyang Technological University) Singapura

Singapura adalah negara yang menjadi pusat keuangan Asia. Singapura memiliki luas daratan berukuran kecil dengan jumlah penduduk yang sedikit, sehingga pemerintah lebih mudah dalam mengatur negara. Sebagai informasi, luas negara Singapura hanya sekitar 721 km2 saja dengan jumlah penduduk 5,6 juta jiwa. Oleh karena luas daerahnya yang kecil, Singapura hanya memiliki satu bandara internasional, yang mana bandara tersebut menjadi bandara terbaik di dunia.

Berbeda dengan negara-negara lain di Asia Tenggara yang masih tergolong negara berkembang, Singapura sudah menjadi negara yang maju. Singapura menawarkan pendidikan berkualitas dengan menghadirkan universitas-universitas ternama di dunia. Singapura selalu menjaga standard pendidikan dan mengutamakan penelitian.

Pada tahun 2015, negara ini mendapat peringkat ke-7 dalam INSEAD Global Innovation Index. Pada tahun 2015-2016 mendapat peringkat kedua ke-2¬† dalam World Economic Forum’s Global Competitiveness Report . Selain itu, pada tahun 2016 Singapura juga mendapatkan peringkat ke-6 sebagai Top Cities for Student yang dilakukan oleh lembaga QS. Pemeringkatan ini mempertimbangkan berbagai faktor seperti seperti universitas, biaya hidup, standar hidup, dan peluang kerja.

Bahkan, berdasarkan QS World Rangkings edisi 2019, dua universitas dari Singapura masuk dalam daftar 15 universitas terbaik di dunia. Universitas tersebut adalah National University of Singapore (NUS) yang berada di peringkat ke-11 dan Nanyang Technological University (NTU) yang berada di peringkat ke-12.

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas mengenai biaya pendidikan dan biaya hidup kuliah di Nanyang Technological University.

Nanyang Technological University

NTU adalah universitas yang terletak di Jurong, sebelah barat daya Singapura. NTU merupakan universitas riset dengan populasi sekitar 33.000 mahasiswa dan 10.000 anggota staff. Sesuai dengan namanya, universitas ini lebih menitikberatkan pada teknologi. Oleh karena itulah, kebanyakan dari peminat NTU berlatarbelakang engineering atau teknik.

NTU memiliki delapan kampus dan sekolah, yaitu College of Engineering, Lee Kong Chian School of Medicine, Nanyang Business School, College of Science, dan College of Humanities, Arts and Social Sciences. Jadi, meskipun berfokus pada teknologi, universitas ini juga memiliki sekolah dengan ranah ilmu sosial.

Ada berbagai alasan mengapa pelajar dari dalam negeri memilih untuk melanjutkan pendidikan di NTU Singapura ini. Pertama, karena NTU berada di Singapura, yang mana negara ini sudah tergolong negara maju yang memiliki infrakstruktur yang canggih dan standard hidup yang tinggi. Singapura merupakan negara multikultural yang menjadi salah satu tempat teraman untuk tinggal dan salah satu negara paling ramah siswa. Siswa dapat menikmati fasilitas modern seperti kesehatan, rekreasi dan hiburan, transportasi, dan fasilitas sipil. Dan yang terpenting, jarak Indonesia dan Singapura sangat dekat. Kedua, tentu karena NTU merupakan universitas berskala internasioal yang tidak diragukan lagi bagaimana kualitasnya. Dan terakhir, di NTU mahasiswa bisa belajar lebih dalam mengenai perkembangan teknologi di masa depan. Bukan lagi teknologi yang berkembang saat ini, tetapi juga teknologi yang akan berkembang di kemudian hari

Nah, setelah mengetahui betapa kerennya Nanyang Technological University, motivasimu untuk sekolah di sana tentu semakin kuat ya. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya untuk hidup di sana. Berikut ini akan kami jabarkan perkiraan biaya pendidikan dan biaya hidup di NTU.

Biaya Pendidikan

Untuk biaya pendidikan di Nanyang Technological University bervariasi, tergantung program yang kamu ambil dan jurusan yang kamu pilih. Antara pelajar asli Singapura dan pelajar internasional juga memiliki perbedaan harga. Untuk lebih lengkapnya, simak data berikut ini.

Biaya Pendidikan Tahunan untuk Full time program (program penuh) tahun 2019

1. Semua Program (kecuali untuk program di list nomor 2 sampai 4)

    • Pelajar yang berlatar sebagai warga negara Singapura dan mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 8,035 SGD/tahun atau setara dengan 83,748,805 rupiah/tahun.
    • Pelajar yang berlatar sebagai warga tetap Singapura dan mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 11,205 SGD/tahun atau setara dengan 116,789,715 rupiah/tahun.
    • Pelajar internasional yang mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 17,100 SGD/tahun atau setara dengan 178,233,300 rupiah/tahun.
    • Pelajar yang tidak mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 31,460 SGD/tahun atau setara dengan 327,907,580 rupiah/tahun.

2. Medicine Programme

    • Pelajar yang berlatar sebagai warga negara Singapura dan mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 33,200 SGD/tahun atau setara dengan 346,043,600 rupiah/tahun.
    • Pelajar yang berlatar sebagai warga tetap Singapura dan mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 46,500 SGD/tahun atau setara dengan 484,669,500 rupiah/tahun.
    • Pelajar internasional yang mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 70,500 SGD/tahun atau setara dengan 734,821,500 rupiah/tahun.

3. Renaissance Engineering Programme

    • Pelajar yang berlatar sebagai warga negara Singapura dan mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 17,500 SGD/tahun atau setara dengan 182,402,500 rupiah/tahun.
    • Pelajar yang berlatar sebagai warga tetap Singapura dan mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 24,500 SGD/tahun atau setara dengan 255,363,500 rupiah/tahun.
    • Pelajar internasional yang mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 37,250 SGD/tahun atau setara dengan 389,299,050 rupiah/tahun.

4. Accountancy, Business, Accountancy & Business (Double Degree), Business & Computing (Double Degree), Business & Computer Engineering (Double Degree)

    • Pelajar yang berlatar sebagai warga negara Singapura dan mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 9,250 SGD/tahun atau setara dengan 96,412,750 rupiah/tahun.
    • Pelajar yang berlatar sebagai warga tetap Singapura dan mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 12,950 SGD/tahun atau setara dengan 134,977,850 rupiah/tahun.
    • Pelajar Internasional yang mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 19,700 SGD/tahun atau setara dengan 205,333,100 rupiah/tahun.
    • Pelajar yang tidak mengambil program subsidi, biaya pendidikan senilai 36,280 SGD/tahun atau setara dengan 378,146,440 rupiah/tahun.

Summer Programme

Selain program penuh, kamu juga dapat mendaftar summer programme pada tahun 2019 ini. Berikut ini adalah rincian biayanya.

1. Mahasiswa Pertukaran Pelajar

Untuk mahasiswa pertukaran pelajar yang berasal dari universitas mitra kampus, biaya pendidikan dibebaskan. Namun, mahasiswa akan tetap diminta biaya registrasi senilai 150 SGD dan biaya administrasi senilai 900 SGD. Jadi, total biaya adalah 1,050 SGD atau setara dengan 11,071,938 rupiah. Mahasiswa pertukaran pelajar juga akan dibebaskan dari biaya baik mengambil 1 kursus maupun 2 kursus.

2. Mahasiswa yang Membayar dari Universitas Mitra

Mahasiswa dari universitas mitra diminta membayar biaya pendidikan, registrasi, dan administrasi dengan total biaya senilai 2,160 SGD atau setara dengan 22,776,560 rupiah/kursus. Apabila mahasiswa mengambil dua kursus, maka biaya akan menjadi 3,270 SGD atau setara dengan 34,481,181 rupiah.

3. Mahasiswa yang Bukan dari Universitas Mitra

Mahasiswa yang bukan dari universitas mitra diminta membayar biaya pendidikan, registrasi, dan administrasi dengan total biaya senilai 3,900 SGD atau setara dengan 41,124,344 rupiah/kursus. Apabila mahasiswa mengambil dua kursus, maka biaya akan menjadi 6,750 SGD atau setara dengan 71,176,750 rupiah.

Biaya Hidup

Berikut ini adalah perkiraan biaya hidup sebagai mahasiswa di Nanyang Technological Universitu

1. Tempat Tinggal

NTU sendiri menyediakan on-campus housing atau tempat tinggal di dalam kampus yang bisa disewa oleh mahasiswa. Apabila mahasiswa sukses dalam pendaftaran yang dilakukan secara online, maka mahasiswa dapat tinggal di salah satu dari 24 gedung yang dimiliki NTU. Gedung-gedung ini memiliki kapasitas 10,400 mahasiswa sarjana. Hunian yang dimiliki NTU bervariasi, ada yang single room, double room, ruangan ber-AC, dan berbagai kriteria lainnya. Kamu bisa memilih sesuai dengan seleramu. Namun, harga hunian juga bervariasi, kisaran 375-590 SDG atau setara dengan 119,264-187,643 rupiah/ bulan.

Sedangkan apabila kamu memilih tinggal di luar kampus, biayanya bisa jauh lebih mahal. Harga hunian di Singapura bervariasi, bergantung pada tipe hunian. Selain itu, semakin dekat dengan kota, maka harganya akan semakin mahal. Harga hunian berkisar antara 500-1,200 SGD atau setara dengan 5,254,725-12,611,340 rupiah/bulan. Melihat harga ini, kita bisa simpulkan bahwa biaya tempat tinggal di dalam kampus jauh lebih murah.

2. Makanan

Untuk biaya makan juga bergantung pada standardmu. Tapi apabila kamu ingin hemat, dengan mengalokasikan uang makan 10 SGD/hari sebenarnya sudah cukup kok. Atau, untuk jaga-jaga alokasikan 5 SGD/makan. Berdasarkan pengalaman mahasiswa-mahasiswa di NTU, mereka cukup hanya dengan 300 SGD/bulan untuk makan. Hanya saja, mahasiswa tersebut bukan orang yang suka makan di restoran atau hedon di luar.

3. Kebutuhan Pribadi

Kebutuhan pribadi ini meliputi sabun, shampo, tissue toilet, deodorant, kosmetik, dan kebutuhan harian lainnya. Kamu dapat alokasikan dana sebenar 200-400 SGD/bulan untuk kebutuhan pribadi.

4. Transportasi

Apabila kamu memilih tinggal di dalam kampus, tentu biaya transportasi bukan menjadi masalah. Kamu mungkin hanya membutuhkannya apabila ingin ke kota atau tempat-tempat tertentu. Kalau kamu jarang menggunakan transportasi umum, mungkin dengan menyiapkan 50 SGD/bulan sudah cukup. Namun, kalau kamu tinggal di luar dan sering menggunakan transportasi umum, berikut ini perkiraan perkiraan tarif transportasi :

    • Taxi : 12 SGD/8km
    • Tarif bulanan transportasi umum : 93 SGD/bulan
    • 1 liter bensin (untuk yang bermobil) : 2,2 SGD/liter

5. Tagihan telepon

Untuk yang tinggal di dalam kampus, kamu mungkin tidak terlalu membutuhkannya, sebab seluruh area kampus NTU telah diberikan akses Wifi. Dan kalau kamu sering keluar area kampus dan membutuhkan akses internet, mungkin 50 SGD sudah cukup.

Untuk kamu yang tinggal di luar area kampus, maka sebaiknya alokasikan biaya untuk tagihan telepon sebesar 150 SGD.

6. Hiburan

Nah, untuk hiburan rate harganya mungkin akan sangat bervariasi, tergantung seberapa sering kamu pergi ke luar. Kalau kamu bukan tipe anak yang suka jalan, biaya hiburan dapat kamu pangkas. Namun, apabila kamu sesekali ingin ke luar dan menikmati hiburan, berikut ini biaya beberapa hiburan yang dapat kamu nikmati.

    • 2 tiket ke bioskop : 24 SGD
    • 2 tiket ke teater : 160 SGD
    • Dinner biasa (untuk 2 orang) : 54 SGD
    • Dinner di restoran Italia(untuk 2 orang) : 130 SGD
    • Minuman cocktail : 23 SGD
    • Anggota gym : 164 SGD/bulan

7. Pakaian

Berikut ini adalah rata-rata harga beberapa jenis pakaian di Singapura. Dengan harga-harga ini, kamu dapat memperkirakan harga pakaian secara keseluruhan di Singapura.

    • Jeans : 97 SGD
    • Dress : 58 SGD
    • Sepatu branded : 134 SGD
    • Sepatu kulit untuk pria : 162 SGD

Nah, mungkin sekian dulu artikel mengenai perkiraan biaya kuliah dan biaya hidup di NTU Singapura. Semoga artikel ini dapat membantu memperkirakan biaya yang teman-teman butuhkan untuk sekolah di Singapura.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang perkiraan biaya kuliah dan biaya hidup di NTU (Nanyang Technological University) Singapura, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Menghemat Biaya Perkawinan/Pernikahan
Berapakah Biaya Hidup di Singapura?
Alasan Mengapa Singapura Sukses
Singapura Mahal? Ini Dia Biaya Hidup di Singapura
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Malaysia
Anda Menabung di Bank? Ini Dia Ragam Biaya dan Potongan di Bank!
Beberapa Biaya yang Tidak Perlu & Bisa Kita Hindari
6 Jenis Biaya yang Semestinya Bisa Dihindari
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jerman
Apa itu Biaya Overhead? Cara Menghitung Biaya Overhad?


Bagikan Ke Teman Anda