Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Persyaratan Umum Mengajukan KPR Secara Online

Betapa beruntungnya kamu hidup di era sekarang, era dimana hampir semua kegiatan bisa dilakukan dengan hanya mengakses gadget. Yup, itulah era digital, membantu kita mewujudkan semua keinginan kita tanpa harus buang energi untuk berpergian jauh. Misalnya ingin makan special tapi tempatnya jauh, macet, dan harus direpotkan dengan urusan mengantri, maka cukup dengan delivery order yang bisa diakses melalui situs online restaurant tersebut.

Bahkan untuk masalah keuangan sekalipun, yang dulu mewajibkan kamu harus datang ke kantor cabang bank terdekat. Padahal setiap orang pasti mempunyai kesibukan yang berbeda-beda setiap harinya. Cenderung penting, tidak dapat ditinggalkan, danĀ  terbatas dengan jam kerja. Hal ini sangat berbenturan dengan jam operasional bank yang relatif sama dengan jam sibuk.

Kini tak perlu lagi repot, hanya hitungan menit segala laporan dan aplikasi mengenai keuangan bisa diselesaikan tanpa harus meninggalkan tempat duduk. Tanpa terkecuali jika kamu ingin mempunyai rumah, cukup mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) secara online. Selain kamu bisa mengakses situs online bank pilihan, sekarang juga sudah ada e-commerce financial yang sangat membantu. Misalnya cermati.com, cekaja.com, aturduit.com, dan masih banyak lagi.

Situs-situs tersebut sangat membantu dalam persiapan mengurus aplikasi kamu, dimana dapat diakses selama 24 jam nonstop melalui gadget kamu berbekal jaringan internet. Sebelumnya akan diberikan preview mengenai bank-bank yang memiliki produk KPR. Kemudian kamu juga disuguhkan simulasi perhitungan atau kalkulator untuk mengetahui gambaran perhitungan harga cicilan dan bunga yang dibebankan. Beberapa hal itu sangat membantu kamu untuk melakukan perbandingan antar bank sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan pada bank mana.

Lalu bagaimana cara mengajukan KPR secara online? Dokumen apa saja yang harus dipersiapkan? Pada intinya mengajukan KPR online melalui situs resmi bank maupun e-commerce adalah sama. Kamu terlebih dahulu menyiapkan kelengkapan dokumen sebagai berikut:

KTP, perlu diketahui syarat umur yg disetujui adalah minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun (untuk karyawan) dan 65 tahun (untuk wiraswasta)

  • Kartu Keluarga
  • Surat Nikah
  • Foto diri pemohon (dan pasangan jika sudah menikah)
  • NPWP (dan/atau SPT (Surat Pajak Tahunan))
  • Slip gaji
  • Copy rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Lampiran Surat PBB (Pajak Bumi Bangunan)
  • Surat keterangan kerja (sebagai pendukung)

Scan dokumen diatas, kemudian simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke situs keuangan Bank atau e-commerce yang kamu kehendaki.
  2. Cari dan arahkan kursor pada pilihan Kredit Pemilikan rumah.
  3. Kamu akan diminta untuk memasukkan estimasi harga rumah idaman dan tenor yang dikehendaki, kemudian gaji dan lama kerja yang dimiliki.
  4. Sistem dalam website akan melakukan simulasi perhitungan biaya dan cicilan yang timbul berdasarkan data kamu. Khusus untuk e-commerce, akan melakukan pencarian produk dari beberapa bank danĀ  Akan menunjukkan seluruhnya untuk kamu pelajari dan pilih.
  5. Periksalah secara mendetail setiap produk bank yang ada, mulai dari besarnya cicilan, besarnya bunga yang dibebankan, dan persyaratan umumnya apakah memberatkan atau tidak.
  6. Masukkan data umum yang diminta, diantaranya jenis pekerjaan, lamanya bekerja, domisili, jenis properti apakah lama atau baru, kemudian berupa rumah atau apartemen atau ruko, dan lain-lain.
  7. Klik Ajukan Sekarang atau Hubungi Saya / Dapatkan Penawaran. dan unggah hasil scan dokumen persyaratan seperti KTP, NPWP dll.

Proses diatas merupakan rangkuman langkah-langkah yang ada ketika mengajukan aplikasi online, untuk urutannya bisa berubah menurut system masing-masing.

Setelah proses aplikasi berhasil, dalam hitungan hari kamu akan dihubungi langsung oleh pihak e-commerce maupun bank untuk pencocokan data kembali. Kemudian bank akan mengirimkan perwakilan orang untuk mengambil copy data untuk lampiran resmi. Dan kamu juga diwajibkan untuk menandatangani kembali formulir resmi yang pengisian datanya sudah diwakili oleh bank ketika melakukan pencocokan data.

Dengan begitu, proses aplikasi KPR online kamu dinyatakan sudah berhasil. Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menunggu, karena bank perlu waktu untuk melakukan bermacam survei seperti lokasi dan harga pasar. Siapkan diri untuk wawancara dan pastikan kamu menjawab pertanyaan secara benar persis seperti aplikasi yang diajukan. Jika pengajuan KPR kamu berhasil, selanjutnya akan dilakukan akad kredit. Siapkan uang mukanya dan pastikan untuk tidak mengalami keterlambatan dalam mencicil. Dan akhirnya, rumah idaman telah berhasil dimiliki.

Cukup mudah bukan? Tanpa harus meninggalkan meja kerja dan menempuh jarak jauh untuk menuju cabang bank, belum lagi proses pengisian data secara manual yang relatif lama. Kamu sudah berhasil mengajukan KPR dalam hitungan hari melalui aplikasi online. Setelah itu kamu cukup menunggu untuk dihubungi langsung oleh pihak analis bank terkait

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang persyaratan umum mengajukan KPR secara online, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Pertimbangan Bank ketika Akan Memproses KPR
KPR vs Kredit Langsung ke Developer? Apa Untung Ruginya?
Proses Pengajuan KPR dari Awal sampai Disetujui
Bisakah Jual Rumah KPR Sebelum Lunas?
Prosedur KPR Rumah Baru Vs Rumah Bekas, Apa Bedanya?
Apa itu Loan to Value (LTV) KPR?
Mengapa Appraisal KPR Rumah Rendah?
Hal-hal Apa Saja yang Menyebabkan KPR ditolak?
KPR BCA, Salah Satu KPR Terbaik yang Patut Dipertimbangkan
Sebaiknya Beli Rumah KPR atau Tunai?


Bagikan Ke Teman Anda