Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Pilih Kredit Rumah atau Kredit Mobil?

#kredit mobil #kredit rumah

Kebutuhan rumah dan mobil sama-sama krusial dalam kehidupan di zaman serba modern ini. Namun untuk memiliki keduanya di waktu yang bersamaan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika kondisi finansial hanya bisa mencukupi untuk membeli salah satunya saja. Hal ini tentu akan membuat kepala pusing, karena bingung harus memprioritaskan yang mana dulu.

Rumah tentu menjadi kebutuhan pokok yang wajib untuk dipenuhi, karena sebagai manusia kita pasti membutuhkan tempat untuk berlindung dan beristirahat dengan nyaman. Di lain sisi memiliki mobil juga tak kalah penting dari sebuah rumah, karena transportasi umum bisa dibilang masih minim fasilitas. Kita tentu membutuhkan alat transportasi yang nyaman dan bisa memudahkan kita dalam menjangkau tenpat kerja.

Meski bisa membeli mobil atau rumah dengan sistem kredit atau cicilan, tetap saja memberatkan jika harus memilih keduanya sekaligus. Salah memilih bisa-bisa membuat kondisi finansial semakin memburuk, dan pada akhirnya akan membuat Anda kewalahan dalam mengatur perputaran keuangan yang didapat. Nah, daripada bingung dan pusing menentukan pilihan yang tepat, sebaiknya pertimbangkan dahulu dengan memperhatikan beberapa aspek berikut ini.

Membeli Rumah Dahulu

Pilihan untuk mendahulukan membeli rumah tepat untuk Anda yang sudah menikah, apalagi jika sudah memiliki anak. Daripada setiap tahunnya harus mengeluarkan uang membayar uang kontrakan rumah, lebih baik uang tersebut dijadikan sebagai cicilan untuk membeli rumah dengan sistem KPR. Anda hanya perlu mengumpulkan tabungan untuk dijadikan sebagai DP, atau meminjam dari keluarga agar tidak membutuhkan waktu lama dalam mengumpulkan uang muka.

Membeli rumah juga bisa dikatakan memberi keuntungan bagi Anda, karena nilai jual rumah selalu meningkat setiap tahunnya dan sangat mudah untuk dijual kembali. Selain itu, Anda dapat memberikan nilai tambah terhadap rumah sebagai investasi jangka panjang. Bila tidak ditempati, rumah tersebut dapat disewakan agar bisa memberikan pemasukan tambahan bagi keuangan Anda.

Namun perlu diperhatikan, rumah membutuhkan perawatan dan renovasi setiap tahunnya. Misalnya saja Anda perlu memperhatikan bila terjadi kebocoran atap rumah atau cat dinding yang mulai kusam. Semuanya membutuhkan biaya tambahan agar rumah tetap memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Belum lagi cicilan KPR, iuran sosial dan pajak yang harus dibayarkan terhadap rumah yang dimiliki, ini tentu menjadi pertimbangan yang harus diperhitungkan bila Anda ingin membeli rumah.

Membeli Mobil Dahulu

Prioritas membeli mobil bisa menjadi pilihan bagi Anda yang masih single dan fokus pada pengembangan karir. Pikirkan saja jika Anda memiliki pekerjaan dan jadwal pertemuan dengan klien yang membutuhkan ketepatan waktu, akan sangat repot bila Anda harus baik transportasi umum. Jika punya mobil pribadi tentu Anda bisa mengatur waktu agar lebih efisien, dan tentu saja mobil yang Anda miliki bisa memacu Anda untuk bekerja dengan lebih giat.

Untuk urusan DP, mobil memang lebih murah ketimbang rumah. Inilah alasan banyak orang lebih memilih membeli mobil terlebih dahulu baru memikirkan untuk membeli rumah. Namun Anda akan menghadapi masalah keuangan yang cukup serius jika sudah berkeluarga dan belum memiliki rumah tetapi memutuskan untuk membeli mobil. Tidak mungkin Anda akan tinggal di rumah orang tua selamanya bukan?

Memiliki mobil juga bisa memberikan pemasukan tambahan jika Anda mau memberi nilai tambah terhadap mobil tersebut. Saat ini sudah banyak pemilik mobil pribadi yang merentalkan mobilnya baik secara offline maupun online, dan ini bisa memberikan pemasukan pada keuangan Anda. Ditambah lagi, mobil dapat meningkatkan status sosial Anda di mata masyarakat. Selain membuat Anda tambah gaya, naik mobil tidak akan membuat Anda mudah berkeringat dan terlihat lusuh seperti saat menaiki kendaraan umum.

Sayangnya mobil tidak seperti rumah yang nilainya semakin tinggi seiring berjalannya waktu. Mobil akan mengalami penyusutan nilai setidaknya sekitar 5-10 persen setiap tahunnya. Itu artinya, saat Anda selesai melunasi cicilan mobil, maka nilai mobil tersebut juga sudah menurun sekian persen, dan hal tersebut akan menurunkan harga jual mobil yang Anda miliki. Selain cicilan kredit mobil yang harus dibayarkan setiap bulan, Anda juga harus memikirkan biaya tambahan seperti service mobil dan biaya reparasi bila terjadi kerusakan.

Kesimpulan

Rumah dam mobil sama-sama aset yang berharga dan penting untuk dimiliki. Jika Anda masih bingung mau memprioritaskan yang mana, ada baiknya Anda sesuaikan dengan kondisi Anda sekarang. Seperti misalnya, apakah Anda masih ingin sendiri dalam waktu yang lama, berencana menikah atau sudah menikah dan memiliki anak. Selain itu, pilih yang memang paling sesuai dengan kebutuhan pada saat itu.

Kalau anda ingin bekerluarga, kredit rumah adalah pilihan terbaik. Keluarga tentunya ingin tinggal di rumah, bukan di jalan. Lupakan kredit mobil dan mulailah mencari rumah idaman keluarga anda.

Pikirkan juga mengenai cicilan kredit yang harus dibayar setiap bulannya. Pengaturan cash flow pribadi harus lebih terencana agar Anda tidak kewalahan dalam mencicil angsuran kredit baik rumah ataupun mobil, di samping memenuhi kebutuhan harian Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kredit rumah dan kredit mobil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

 

Artikel Populer

bank, deposito, fraud, hutang kartu kredit, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.