Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Program Sakuku BCA dan Persyaratan Penggunaannya

#BCA #sakuku

Selaras dengan perkembangan teknologi, sektor perbankan juga turut berinovasi menghasilkan teknologi dan sistem terbaik untuk mempermudah setiap transaksi. Hal ini didukung dengan perkembangan teknologi smartphone yang semakin lama memungkinkan setiap orang melakukan banyak hal dalam genggaman. Sistem perbankan konvensional yang mengharuskan nasabah Unggah Berkas menggunakan jasa teller biasanya hanya digunakan untuk transaksi dalam jumlah besar saja. Sedangkan untuk transaksi sehari-hari, masyarakat, terutama kamu muda, lebih memilih sistem yang lebih praktis yang bisa memungkinkan mereka bertransaksi kapan saja dan dimana saja.

Oleh karena itu, hampir semua bank menaruh perhatian lebih pada layanan online mereka untuk menghadirkan pengalaman belanja dan transaksi lainnya yang modern dan efisien. Salah satunya adalah Bank BCA yang menghadirkan layanan “Sakuku” sebagai salah satu program unggulan e-banking melalui smarphone. “Sakuku” adalah salah satu bentuk e-money atau uang elektronik yang dapat memungkinan nasabah melakukan transaksi perbankan, seperti transfer, isi pulsa, berbelanja hanya menggunakan aplikasi smartphone. Sasaran pasar untuk produk ini adalah generasi “Y” yang membutuhkan kemudahan dalam transaksi online dari pada sistem perbankan konvensional.

Walaupun sebelumnya Bank BCA sudah memiliki sistem transaksi online dengan e-banking dan mobile banking, namun hal ini dinilai belum bisa secara optimal memenuhi gaya hidup kaum muda masa kini. Dengan aplikasi “Sakuku”, Bank BCA mengunakan sistem “QR Code” yang bisa mengubah smartphone menjadi ATM berjalan dan memenuhi kebutuhan berbelanja baik secara online maupun fisik di merchant merchant yang telah bekerja sama dengan “Sakuku”

Fasilitas-fasilitas “Sakuku” BCA

Bank BCA telah meluncurkan dua jenis program, yaitu “Sakuku” dan “Sakuku plus”. Tentu saja program “Sakuku plus” memiliki lebih banyak fitur yang dapat dimanfaatkan daripada “Sakuku” reguler. Namun keduanya memungkinkan untuk digunakan sebagai alat pembayaran online, isi pulsa, bahkan mengecek mutasi belanja. Sedangkan untuk “Sakuku plus”, nasabah bisa menggunakan fitur transfer, split bill atau pisah nota dan tarik tunai.

Namun, untuk menu transfer dan pisah nota hanya dapat ditujukan kepada sesama pengguna aplikasi “Sakuku” saja. Jadi, apabila nasabah hendak melakukan transaksi pembayaran, namun misalnya lupa membawa kartu ATM atau tunai, bisa langsung menarik tunai atau melakukan pembayaran dengan memindai QR Code “Sakuku” pada smartphone, selama merchant yang dituju sudah bekerja sama dengan “Sakuku”

Fasilitas lain yang ditawarkan oleh “Sakuku” adalah penggunaannya sebagai sarana pembayaran online yang diakui. Tidak perlu lagi buru-buru harus mentransfer pembayaran melalui ATM atau e-banking, karena aplikasi “Sakuku” sudan terintergrasi dengan beberapa merchant online ternama di Indonesia, seperti BliBli.com, BHINEKA.com dan kaskus.co.id .

Dalam hal ini, “Sakuku” berfungsi seperti bitcoin atau Doku wallet yang memungkinkan pembayaran belanja dengan memotong saldo “Sakuku”. Namun, tidak berarti “Sakuku” ini terhubung langsung dengan saldo rekening BCA nasabah, karena sistem Top Up atau isi ulang masih digunakan untuk mengisi saldo “Sakuku”. Hal ini memudahkan nasabah untuk mengatur berapa jumlah uang yang hendak disimpan dalam aplikasi ini, sehingga meminimalisir resiko kejahatan siber. Cara mengisi ulang pun sangat mudah, yaitu bisa melalui ATM BCA atau klikBCA individu.

Cara menggunakan BCA “Sakuku”

Karena “Sakuku” berbentuk aplikasi, nasabah harus mengunduh aplikasinya terlabih dahulu melalui smartphone atau tablet phone. Untuk smarphone berbasis Android bisa mendapatkannya melalui Google Play Store, sedangkan untuk produk Apple bisa mendapatkannya melalui App Store. Setelah itu, nasabah diharuskan mengisi data diri dan menunggu verifikasi yang akan dikirimkan melalui sms di nomer telepon yang sudah didaftarkan. Pastikan nomer tersebut memiliki pulsa dan aktif, karena sms yang dikirimkan akan memotong pulsa secara otomatis. Setelah itu buat PIN dengan menggunakan 6 digit numerik. Apabila proses verifikasi telas selesai, nasabah bisa langsung Top Up dengan saldo maksimal Rp. 1.000.000 untuk “Sakuku” dan Rp. 10.000.000 untuk “Sakuku plus”.

Perlu diingat bahwa satu nomor telepon hanya valid untuk satu akun “Sakuku” saja, sehingga jika ada perubahan nomor telepon, nasabah harus menghapus aplikasi tersebut dan mengunduh serta melakukan registrasi ulang. Apabila terjadi kehilangan, nasabah juga dapat memblokir atau menutup akun “Sakuku” melalui layanan Halo BCA melalui 1500888. Saldo yang tertinggal akan tetap tersimpan selama nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar masih tetap aktif.

Setelah akun “Sakuku” aktif dan di Top Up, nasabah bisa langsung menggunakannya untuk pembayaran belanja secara online dan konvensional. Hanya saja, pastikan sinyal internet dalam keadaan baik, karena gangguan pada jaringan internet pada saat transaksi bisa menyebakan kegagalan transaksi. Khusus untuk fitur penarikan tunai, nasabah dapat melakukannya pada gerai ATM BCA di mana saja. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk penarikan tunai:

  1. Buka aplikasi “Sakuku” dan pilih menu “tarik tunai”
  2. Masukkan nominal penarikan tunai yang diinginkan
  3. Masukkan 6 digit kode PIN dan apabila transaksi berhasil, nasabah akan memperoleh kode Tarik Tunai yang berlaku hanya untuk 2 jam
  4. Kunjung ATM BCA terdekat dan pilih transaksi tanpa kartu
  5. Pilih menu “Sakuku” lalu masukkan nomor “Sakuku”
  6. Masukkan kode unik Tarik Tunai dan uang akan keluar dari ATM seperti penarikan pada umumnya.

Demikianlah seputar program “Sakuku” BCA dan cara penggunaannya. Dengan menggunakan program ini, transaksi berbelanja akan semakin mudah, aman, dan tentu saja membuat gaya hidup semakin modern dan efisien.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang program sakuku BCA dan persyaratan penggunaannya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.