Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Punya Gaji Tinggi, Bagaimana Tetap Rendah Hati?

Dari sekian banyak teman anda, pasti ada salah seorang yang punya penghasilan lebih dibanding yang lainya atau bahkan orang tuanya. Nah pada artikel kali ini, kita akan bahas soal bagaimana tetap rendah hati sekalipun anda punya gaji yang tinggi. Tentu karena hidup ini tidak hanya masalah hitung-hitungan gaji semata. Melainkan ada banyak hal lain yang jauh lebih berharga.

Misalnya, Anda baru saja mendapatkan angka penjualan terbaik di bulan ini. Pendapatan kali ini bahkan lebih baik dari bulan kemarin, yang juga lebih baik dari bulan sebelumnya. Pada situasi sepeti ini, seseorang akan mudah sekali merasa dirinya berada di atas dan menjadi seseorang yang paling baik dilingkungan kerjanya. Anda bisa saja berubah bertindak sebagai jagoan. Merasa dirinya paling berkuasa dan melupakan teman lama yang biasanya saling membantu.

Tetap Rendah Hati Bergaji Tinggi

Namun, apakah anda menginginkan hal sepeti itu? Tentu saja tidak. Berikut ini adalah tips supaya anda tetap rendah hati walaupun memiliki gaji yang tinggi dan menjadi seorang yang sukses.

1. Tingkatkan Kecerdasan Emosional

Kunci kerendahan hati dalam sebuah kesuksesan adalah kecerdasan emosional. Ini semua tentang pengetahuan diri, dan bagaimana hal-hal yang Anda katakan dan lakukan dapat memengaruhi orang lain. Jauh di dalam hati, Anda pasti tahu cara yang benar untuk bertindak sebagai seseorang yang sukses.

Namun, anda harus tetap tahu tentang bagaimana orang lain melihat anda sebagai seseorang yang sukses. Oleh karena itu, anda harus tahu perbedaan antara percaya diri dan menyombongkan diri. Pikirkan tentang apa yang akan anda katakan, untuk memastikan bahwa anda tidak melewati batas.

3. Jangan Sombong

Jangan terlalu membanggakan diri dihadapan orang lain. Kesuksesan anda adalah hal yang tidak perlu diumbar. Terlebih jika anda menceritakan kesuksesan atau gaji yang tinggi kepada orang lain secara berlebihan. Orang lain akan tahu anda sukses tanpa harus anda katakan, melainkan dari kebijaksanaan anda. Besikap sombong tidak akan membuat anda semakin sukses, justru hal itu akan membuat anda dijauhi teman-teman anda.

3. Jangan Menggunakan Mobil Yang Bagus untuk Bekerja

Kendarai mobil yang paling ekonomis dan aman sehingga ketika anda akhirnya bertemu rekan kerja anda, mereka akan berpikir anda hemat atau sederhana. Gunakan transportasi umum seperti bus dan kereta api. Denan begitu anda akan terlihat sederhana walau pada kenyataanya anda adalah seorang miliarder.

4. Selalu Katakan itu Palsu

Baik itu arloji Panerai anda, tas Birkin, setelan Armani, atau sepatu Loubotin, selalu beri tahu orang yang bertanya bahwa itu palsu. Tahan dorongan untuk menyombongkan hal-hal berbau materi yang anda miliki. Anda sudah menjadi individu yang mapan.

Anda dapat memberi tahu mereka bahwa anda mendapatkannya di pasar tradisional atau di pasar loak di luar negeri. Kualitas barang yang anda beli adalah untuk kesenangan anda sendiri. Pura-puralah untuk tidak tahu merek atau berapa harganya. Katakan saja anda menyukai tampilannya.

5. Jangan Lupakan Teman-temanmu

Ketika anda menjadi seseorang yang sukses dan memiliki gaji yang tinggi, maka semua orang pasti ingin menjadi teman Anda. Bahkan orang yang tidak pernah anda ajak bicara sebelumnya tiba-tiba mulai tertarik pada anda. Mereka mungkin lebih menarik, lebih keren, dan lebih tinggi jabatannya di perusahaan daripada orang-orang yang biasa bergaul dengan anda.

Hal ini tentu sangat menarik untuk anda dekati. Memilih untuk mengabaikan teman lama anda dan bergabung dengan grup baru yang keren. Jangan pernah lupakan teman-teman lama anda yang selalu ada sebelum anda menjadi seseorang yang sukses. Anda tidak akan pernah tahu kapan anda akan membutuhkan mereka. So, jangan pilih-pilih kawan.

6. Perlakukan Semua Orang dengan Baik

Ingatlah saat pertama kali anda masih memulai pekerjaan anda dari nol, sebelum menjadi seseorang yang sukses. Pasti anda selalu bersikap baik dengan siapapun yang anda temui. Lanjutkan sepeti itu, perlakukan semua orang dengan sama. Hanya karena anda sudah menjadi orang sukses, itu tidak berarti anda tidak berbicara dengan orang-orang yang ada dibawah anda.

7. Bersyukur

Bersyukur adalah salah satu cara terbaik untuk menjadi seseorang yang rendah hati. Nikmati semua yang anda dapatkan dengan senyuman dan syukur. Pada saat yang sama, sadarilah bahwa semua yang anda dapatkan tidak akan kekal. Perusahaan bisa bangkrut, pedagang bisa rugi, dan sebuah kerjasama bisa putus.

Barangkali hal-hal semacam itu bisa dihindari, namun sebuah takdir tidak aka nada yang bisa menghindari. Untuk itu, bersyukur adalah kunci dalam menerima apapun dengan ikhlas.

8. Jangan Libatkan Uang dalam Pertemanan

Ketika anda memutuskan untuk tidak melibatkan uang dalam sebuah pertemanan, maka anda akan jauh lebih rendah hati tentang keuangan. Mereka tidak akan memandang seberapa besar pendapatan anda, melainkan memandang anda tentang bagaimana anda memperlakukan seseorang ataupun berperilaku di depan orang-orang.

Jika sudah seperti ini, jangan pernah membicarakan tentang karir atau keuangan di depan orang-orang. Dengan begitu, anda kan rendah hati tanpa adanya perbincangan mengenai karir dan keuangan, karena memang tidak relevan.

9. Jangan Terlalu Hiraukan Pendapat Orang Lain

Jika anda punya uang lebih dan anda menginginkan rumah, mobil, liburan, dan lainnya. Pastikan anda tidak terlalu memikirkan pikiran-pikiran orang lain terhadap anda. Hal ini justru akan menghambat anda dalam menikmati kehidupan.

Jadi cobalah untuk tidak memamerkan kekayaan anda tetapi juga jangan biarkan orang lain menjauhkan anda dari hal-hal yang anda perlu nikmati dalam hidup. Tidak peduli apa yang anda lakukan, akan ada beberapa orang yang cemburu. Jadi, jadilah diri sendiri dan tetap rendah hati.

10. Sesuaikan gaya hidup anda

Jika Anda ingin terus bergaul dengan orang-orang yang berpenghasilan jauh lebih rendah, Anda perlu ingat bahwa sebaiknya tidak mengajak mereka ke restoran mahal atau resor bintang 5. Pergilah ke tempat-tempat yang pernah anda datangi sebelumnya bersama mereka atau biarkan mereka menyarankan tempat itu untuk anda.

Orang yang rendah hati cenderung lebih bahagia. Mereka memiliki hati nurani yang bersih, tidur lebih nyenyak di malam hari, tidak khawatir tentang omongan orang, dan lebih bepikir positif.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang punya gaji tinggi dan tetap rendah hati, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Langkah untuk Menjadi Kaya
Cara Mengatur Keuangan Saat Dimensia Datang
Apa Itu Wealth Management?
Daftar Kata-kata Bijak Tentang Keuangan
Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Naik Gaji
Cegah Belanja Impulsif dengan Cara Ini!
Mau Bebas Finansial? 6 Tip Keuangan Ini Membuat Kamu Bebas Finansial
Dasar-Dasar Keuangan Pribadi (Personal Finance)
Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Tambahan?
Tip Mengelola Uang Agar Cepat Kaya


Bagikan Ke Teman Anda